Klok: Indonesia Punya Peluang Menang Lawan Korea 

Mari dukung bersama langkah timnas U23

Bandung, IDN Times - Tim nasional Indonesia U23 bakal bersua Korea Selatan dalam babak perempat final piala AFF. Indonesia saat ini masih memiliki jarak cukup jauh dalam peringkat dibandingkan Korea. Meski demikian, tim asuhan Shin Tae-Yong (STY) ini diprediksi mampu mengimbangi permainan Korea Selatan (Korsel).

Pemain Persib Marc Klok menuturkan, permainan timnas Indonesia di bawah STY berkembangan setiap waktunya. Bukan hanya di level senior, tapi juga junior para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan lebih mengerti skema bermain di atas lapangan.

"Kalau bermain sebelas lawan sebelas (lawan Korea), kami fokus untuk skill kami sendiri dan kami hanya fokus untuk memerhatikan mungkin gaya bermain berubah karena mungkin posisi sedikit berbeda," kata Klok, Senin (22/4/2024).

1. Indonesia mulai punya gaya main sendiri

Klok: Indonesia Punya Peluang Menang Lawan Korea Aksi pemain Timnas U-23 Rafael Struick saat berusaha melepaskan sepakan yang diadang pemain Yordania dalam laga Grup A Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Klok merasakan atmosfer yang baik ketika pertandingan ketika Indonesia melawan tim-tim besar baik di level senior maupun junior. Seiring berjalannya waktu cara bermain timnas sudah semakin baik dan punya gaya sendiri dengan berbagai adaptasi yang dilakukan.

Meski akan melawan Korea yang masuk dalam salah satu tim terbaik di Asia, hal yang harus difokuskan adalah fokus dan tetap mencari peluang untuk menciptakan gol dan mencuri kemenangan.

"Mereka main possession, mereka dapat peluang dan saya lihat style permainan Shin Tae-yong ada di permainan. Saya rasa ini pencapaian yang bagus untuk timnas dan juga untuk negara ini, karena ini generasi berikutnya dan ada sesuatu yang dimiliki Indonesia untuk 10-15 tahun ke depan," ungkap Klok.

2. Timnas sudah mampu mencuri perhatian dunia

Klok: Indonesia Punya Peluang Menang Lawan Korea Instagram Marselino Ferdinan

Menurutnya, saat ini Indonesia sedang masa emas karena mampu tampil memikat dalam berbagai ajang kompetisi di level Asia. Tim Garuda pun memperlihatkan bahwa saat ini Indonesia bukan lagi sekedar pemanis dalam sebuah kompetisi, tapi sudah mulai diperhitungkan.

"Saya rasa kini semua negara di Asia sudah lebih mewaspadai Indonesia dari sebelumnya. Saya rasa mereka bisa terus melanjutkan pencapaian untuk lolos ke semifinal dan final, atau bahkan untuk menjuarainya. Tapi untuk sekarang, saya sudah senang dengan hasilnya," kata Klok.

3. Ini jadwal pertandigan Indonesia vs Korea

Klok: Indonesia Punya Peluang Menang Lawan Korea Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan, usai cetak gol ke gawang Yordania (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Korea memastikan lolos sebagai juara grup B. Taeguk Warriors melakukannya setelah menang tipis 1-0 atas sang rival, Jepang di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Senin (22/4/2024) malam.

Sesuai bagan kompetisi di babak perempat final, Korea yang jadi juara grup B bersua dengan Timnas Indonesia U-23 sebagai runner up grup A. Ini akan jadi duel sulit berikutnya buat Tim Garuda Muda.

Bentrok Korea vs Indonesia akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (25/4). Duel di babak perempat final tersebut akan dimainkan pukul 20.30 WIB waktu setempat atau Jumat (26/4) pukul 00.30 dini hari WIB.

Baca Juga: Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23

Baca Juga: Kolaborasi Bikin Timnas Indonesia Tak Henti Cetak Sejarah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya