Bobotoh Kecewa Tak Bisa Lihat Langsung Launching Persib Bandung

Wartawan olahraga juga merasa dipersulit Persib

Bandung, IDN Times - Persib Bandung memperkenalkan para pemain baru dan jersey resmi untuk mengarungi Liga Indonesia 2020-2021. Perkenalan ini dilakukan secara tertutup di Gedung Convention Hall Hotel Haris, Jalan Peta, Selasa (25/2) malam.

Sebagai tim besar di Jawa Barat, pendukung Persib Bandung atau akrab disapa bobotoh sudah mengerumuni pintu masuk gedung. Sayang mereka tertahan oleh petugas keamanan dan tidak diperbolehkan masuk. Kegiatan yang dibuat eksklusif ini mengecewakan bagi sejumlah bobotoh yang telah datang dari tempat jauh.

Salah satunya adalah Bagus. Bobotoh yang sudah datang jauh dari Cileunyi awalnya berharap ingin melihat para pemain kecintaannya dari dekat. Namun apa daya keinginan tersebut sirna karena aturan yang tidak memperbolehkan bobotoh datang tanpa undangan resmi.

"Kan saya ingin lihat pemain. Kalau harus lihat di YouTube atau di televisi mah biasa. Penginnya langsung lihat pas launching mereka," ujar Bagus ketika ditemui di depan gedung tempat Persib meluncurkan jerseynya.

1. Seharusnya launching dilakukan di tempat terbuka saja

Bobotoh Kecewa Tak Bisa Lihat Langsung Launching Persib Bandunghttps://www.google.com/search?q=persib+bandung+2020.png&client=ms-android-samsung-gj-rev1&prmd=inv&sxsrf=ALeKk00NZrs-Vpi3L_LpzTgJZ7CUVOuz4w:1582608932774&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwisgYba_evnAhVEzjgGHU4CDuIQ_AUoAXoECAwQAQ&biw=360&bih=612

Bagus menilai perkenalan pemain yang dilakukan secara tertutup kurang mendekatkan pemain dan para pendukung setia Persib. Kecintaan akan Persib seharusnya bisa dioptimalkan dengan mengajak suporter dan pemain dalam satu atmosfer yang sama termasuk perkenalan seperti ini.

"Harusnya dibuat di luar ruangan. Bias ditonton semuanya langsung kaya dulu lagi. Jangan tertutup terus kaya gini," kata Bagus.

2. Persib ini milik semua, jangan mengeksklusifkan diri

Bobotoh Kecewa Tak Bisa Lihat Langsung Launching Persib BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Bobotoh lainnya, Rendy, yang datang dari Kopo Sayati juga diadang oleh petugas keamanan ketika akan masuk ke gedung tempat perkenalan pemain Persib. Dia pun kecewa karena tidak bisa melihat tim kebanggaannya.

"Saya dari Kabupaten Bandung, Kopo Sayati. Sudah persiapan mau nonton launching tapi pas ke sini harus pake undangan. Saya kecewa banget," ujar Rendy.

Rendy pun tak tahu kalau pihak yang diperbolehkan masuk hanya mereka yang berbekal kartu undangan. Dia yang setiap tahun menyaksikan perkenalan Persib, menilai launching Persib yang sekarang lebih sulit dan tertutup.

"Kirain bisa buat umum. Kalau ada launching suka ngikutin dan launching sekarang lebih sulit," ungkapnya.

3. Sejumlah wartawan olahraga enggan lakukan peliputan

Bobotoh Kecewa Tak Bisa Lihat Langsung Launching Persib BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, sejumlah wartawan olahraga yang selama ini melakukan peliputan tim Maung Bandung memboikot untuk meliput acara ini. Adanya perselisihan internal antara para pewarta dan manajemen terkait izin peliputan Persib termasuk pada saat perkenalan salah satunya.

Perwakilan Forum Wartawan Persib Endra Kusuma mengatakan, aksi ini dilakukan sebab dari awal mereka tidak diberi kepastian oleh media officer Persib. Baik wartawan televisi, foto, maupun radio dilarang untuk mengambil gambar pada saat acara berlangsung.

"Tindakan awal untuk boikot karena sudah tidak ada kejelasan dari PT (PT PBB), dari awal kita dapat email undangan peliputan acara, tapi kemarin malam ada Iagi info bahwa anak TV, radio, foto itu gak bisa Iiputan," kata Endra kepada PRFM.

Pihaknya sempat berdiskusi dengan media officer Persib, tapi terkesan dihambat. la menjelaskan, aksi boikot ini merupakan puncak dari kekesalan para rekan jurnalis sejak musim 2018 silam.

"Dari tahun 2018 sudah terjadi seperti itu (pembatasan peliputan)," katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan terhadap para rekan jurnalis tersebut mengekang kerja jurnalistik pewarta olahraga. Mereka menunggu itikad baik dari manajemen Persib agar masalah tersebut segera selesai.

Baca Juga: Debut Beckham di Manahan Solo, Cetak Gol Perdana Persib Bandung

Baca Juga: [BREAKING] Lulus Trial! Wander Luiz Resmi Gabung Persib

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya