Achmad Jufriyanto Masih Berseragam Persib, Punya Peran Baru di Tim 

Musim lalu peran ini sudah mulai dijalankan Jupe

Bandung, IDN Times - Salah satu pemain yang dipastikan akan bertahan dengan Persib musim depan adalah bek senior Achmad Jufriyanto. Pemain yang du kali membawa Persib menjuarai Liga Indonesia ini dipastikan tetap berada di Bandung, meski dengan peran berbeda.

Kepastian ini terungkap setelah dia bertemu dengan perwakilan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di Jakarta. Dari pertemuan ini dipastikan keduanya bakal bekerjasama lagi walaupun tinggal menunggu informasi resmi dari manajemen.

"Perannnya kurang tahu saya. Perannya sedikit banyak ga jauh beda sama musim lalu, cuman mungkin tahun ini akan menunggu arahan dari head coach (Bojan Hondak)," kata Jufriyanto ditemui di Lapangan Arcamanik usai menggelar latihan, Rabu (3/7/2024).

1. Belum langsung jadi pelatih

Achmad Jufriyanto Masih Berseragam Persib, Punya Peran Baru di Tim IDN Times/Debbie Sutrisno

Jufriyanto tak menyangkal bahwa dia memiliki keinginan untuk menjadi seorang pelatih di masa depan. Namun, itu semua harus dilakukan secara bertahap termasuk menimba ilmu di Persib bersama Bojan dan para asisten pelatih lainnya.

Dia menyebut bahwa sejak musim lalu memang sudah memiliki kans ingin menjadi pelatih, tapi prosesnya tidak bisa tiba-tiba begitu saja. Ada tahapan dan proses melalui menimba ilmu di tim Persib.

2. Tantangan Persib lebih berat musim depan

Achmad Jufriyanto Masih Berseragam Persib, Punya Peran Baru di Tim IDN Times/Debbie Sutrisno

Pemain yang sempat memperkuat Sriwijaya Palembang ini memastikan bahwa Maung Bandung memiliki jalan terjal musim depan karena bukan hanya bermain di Liga Indonesia, tapi juga level asia. Untuk bertahan jauh di dua kompetisi ini mengharuskan tim memiliki kedalaman skuad yang baik, termasuk dari sisi tim kepelatihan.

"Yang jelas tantangannya lebih berat karena juara, semua tim berusaha bagaimana caranya merebut gelar itu dari kami. Kami harus main di ACL 2 dulu, jadi secara tantangan akan lebih berat. Kami juga harus berusah berprestasi lagi di ACL 2," kata dia.

Dengan begitu, mental dan fisik para pemain harus dipersiapkan agar bisa bermain baik pada dua kompetisi ini.

"Saya rasa untuk pemain asing mereka sudah punya pengalaman main sama tim tim luar, itu yang harus disiapkan, akan banyak berbeda," papar Jufriyanto.

3. Persib kini punya asisten pelatih asing baru

Achmad Jufriyanto Masih Berseragam Persib, Punya Peran Baru di Tim Persib.co.id

Dalam mengarungi musim depan yang lebih kompetitif, Persib pun telah mendatangkan asisten pelatih baru.

Pelatih Bojan Hodak merekomendasikan Igor Tolic sebagai asisten pelatih pengganti peran Goran Paulic yang sepakat mengakhiri ikatan kerja samanya dengan Persib. Manajemen pun menyambut kedatangan pelatih asal Kroasia ini dengan tangan terbuka dan harapan besar.

Adhit memastikan Tolic akan segera bergabung dan bekerja bersama staf pelatih Persib lain yang tengah mempersiapkan diri menghadapi Liga 1 2024/2025.

"Asisten pelatih baru ini tentu saja merupakan rekomendasi dan pilihan pelatih kepala. Selamat datang dan bergabung untuk berjuang bersama meraih prestasi terbaik di Liga 1 2024/2025," ujar Adhit.

Sebagai catatan, Tolic merupakan mantan pemain MPPJ Selangor (2008) dan pensiun bersama HASK Zagreb pada 2013. Kemudian, sosok kelahiran Gradacac, Kroasia, 25 September 1977 ini merintis karier sebagai pelatih.

Beberapa tim yang pernah ditanganinya adalah Hajduk Split U-19 (2019), NK Osijek II (2019-2021), NK Kustosija (2021) dan terakhir klub asal Mesir, Wadi Degla (2022-2024).

Baca Juga: Robi Darwis Masih Ingin Bertahan di Persib Meski Dapat Tawaran Pindah 

Baca Juga: Timnas Inggris dan Arogansi Jargon "It's Coming Home"

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya