AFP Jabar Bakal Gelar Turnamen Futsal Santri di 2020

Sepanjang 2020 bakal ada 11 turnamen futsal

Bandung, IDN Times - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat bakal gelar 11 turnamen futsal pada 2020. Dari sebelas turnamen itu, AFP Jabar bakal menggelar Liga Fitsal Santri se-Jawa Barat untuk mengasah potensi santri dalam bidang oleh raga Futsal.

Manager Kompetisi AFP Jabar, Bara Yusuf mengatakan, kompetisi futsal untuk santri, merupakan yang pertama digelar AFP Jabar. Pasalnya, sejauh ini kompetisi futsal profesional khusus untuk santri baru ada di sepakbola.

"Itu kan emang ide dari exco, saat ini liga santri itu baru sepakbola, kenapa tidak kita yang futsal juga, makannya kita coba, ini kompetisi baru di AFP," ungkap Bara, Sabtu (18/1).

1. Liga santri untuk hapus stigma miring tentang santri

AFP Jabar Bakal Gelar Turnamen Futsal Santri di 2020IDN Times/Azzis Zulkhairil

Selain mengasah potensi, turnamen Liga Santri itu diharapkan bisa menghapus stigma miring terhadap santri. Pasalnya, menurut Bara, santri kerap kali dipandang sebelah mata di mata publik.

"Itu juga kami ingin menghapus stigma santri tidak hanya berprestasi di bidang agama saja," ujar Bara.

2. Liga santri digelar pas hari santri

AFP Jabar Bakal Gelar Turnamen Futsal Santri di 2020Tim futsal Sumut yang sudah memastikan lolos ke PON 2020 (Dok.IDN Times/istimewa)

Rencananya, lanjut Bara, kompetisi tersebut akan digelar pada Hari Santri Nasional. Hal itu dinilainya, sebagai bentuk apresiasi terhadap kaum santri.

"Itu rencanya akan digelar nanti pas hari santri, jadi antara oktober," paparnya.

3. Piala sumpah pemuda untuk OKP dan Ormas

AFP Jabar Bakal Gelar Turnamen Futsal Santri di 2020www.google.com

Sementara itu, Eksekutif Komite Kompetisi AFP Jabar Hendra Guntara mengatakan, selain liga santri, pada tahun 2020 juga akan ada kompetisi baru, yaitu Piala Sumpah Pemuda.

Rencananya, lanjut Hendra, Piala Sumpah Pemuda nantinya akan diikuti oleh Ormas dan OKP di Jawa Barat atau tim amatir dari Komunitas.

"Kita gelar juga liga futsal yang amatirnya, kaya komunitas namanya piala sumpah pemuda, yang akan berlaga itu ormas dan okp, tapi yang pasti itu untuk pemain amatir," ungkap Hendra.

4. Berikut 11 turnamen yang bakal digelar

AFP Jabar Bakal Gelar Turnamen Futsal Santri di 2020Pemain Perbanas saat menghadapi UTP di Sport Center UIN Malang. Dok LIMA Futsal

Hendra berharap, kompetisi tahun 2020 dan seterusnya harus lebih baik dengan mengedepankan Integritas Organisasi. Sehingga, futsal di Jawa Barat dapat menjadi barometer olahraga futsal di Indonesia.

"AFP Jawa Barat harus tetap menjadi barometer futsal tanah air sejak kebulatan tekad futsal Jawa Barat ditasbihkan. Menjadi Pilot Project Kompetisi yang moderenisasi dengan tata kelola yang profesional," tandasnya.

Perlu diketahui, berikut 11 Kompetisi yang akan digelar AFP Jabar pada Tahun 2020:
1. Piala AFP antar Afkot /Afkab putra & putri
2. Linus seri A
3. Linus Seri B
4. Linus U17
5. Piala putri u19 jawa barat
6. Piala Gubernur Jawa Barat/Piala Kadispora Jawa Barat
7. Turnamen futsal piala sumpah pemuda
8. LIFUMAJAB (Liga Futsal Mahasiswa Jabar)
9. Linus U15
10. Super cup pelajar putra & putri
11. Liga Futsal Santri Jawa Barat.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya