Pemprov Jabar Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di GOR Saparua

Penjabat Gubernur dipastikan akan hadir menonton langsung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar nonton bareng (nobar) pertandingan babak semifinal Piala Asia U-23, Indonesia menghadapi Uzbekistan. Nobar akan dilakukan di Lapangan Saparua, Kota Bandung, Senin (29/4/2024), pukul 21.00 WIB.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin direncakan akan hadir. Dia juga turut mengajak masyarakat untuk mendukung timnas yang akan berlaga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, itu.

"Mari beri dukungan kepada timnas U-23. Kami akan nobar di Lapangan Saparua, Kota Bandung, silakan bergabung," kata Bey.

1. Polrestabes Bandung juga gelar nobar

Pemprov Jabar Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di GOR SaparuaPerbandingan kekuatan Timnas U-23 dan Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain Pemprov Jabar, Polrestabes Bandung juga memfasilitasi masyarakat yang ingin menyakisakan bersama dan menikmati gairah sepak bola dengan menyelenggarakan nobar. Kegiatan itu dibuka untuk umum dan tidak dimintai tiket.

"Ini terbuka untuk umum. Saya juga undang semua Forkipimda," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono, Minggu (28/4/2024).

Budi mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan di Lapangan Polrestabes Bandung. Rencananya nobar menggunakan videotron sehingga layarnya lebih besar dan penonton puas ketika ikut nobar.

Disinggung mengenai prediksi skor pertandingan tersebut, Budi tak ingin sesumbar. Namun, dia optimistis timnas Indonesia bisa mengimbangi permainan Uzbekistan.

"Kalau itu janganlah (tebakan skor)," ungkapnya.

2. Indonesia belum pernah juara dalam Piala Asia U-23

Pemprov Jabar Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di GOR SaparuaFoto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto/

Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong berhasil membuat sejarah besar dengan berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola nasional.

Indonesia adalah satu-satunya tim semifinalis di Piala Asia U-23 2024 yang belum pernah juara dalam ajang ini.

Sedangkan semifinalis lainnya sudah pernah merasakan juara di turnamen ini. Irak pernah juara pada tahun 2013, Jepang juara tahun 2016, dan Uzbekistan juara tahun 2018.

3. Jika menang Indonesia berpeluang merebut gelar juara

Pemprov Jabar Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di GOR Saparuagoogle

Jika Indonesia mampu menaklukkan Uzbekistan, maka Indonesia menjadi tim sepak bola Asia pertama yang merebut tiket Olimpiade Paris 2024. Jika bisa menang, Indonesia juga membuka peluang merebut gelar juara Asia untuk pertama kali sejak Piala Asia U-20 1961.

Dalam catatan sejarah, capaian terbaik Indonesia di ajang sepak bola dunia adalah tampil di Olimpiade Melbourne 1956.

Sebagai tim kuda hitam, timnas Indonesia malam nanti akan bermain tanpa beban sebab target dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir lolos delapan besar sudah tercapai.  Demikian pula target dari Shin Tae-yong yang mampu lolos babak semifinal.

Baca Juga: KPID Jabar: Boleh Nobar Timnas Indonesia Asal Tidak Dikomersilkan  

Baca Juga: Namanya Muncul di Bursa Pilgub Jabar, Idris: Siapa Lamar, Bayar Saya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya