Laga Persib vs Persija Tanpa Kehadiran Penonton Masih Dirapatkan

Persib Bandung berharap banding bisa dikabulkan PSSI

Bandung, IDN Times - Laga antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada Sabtu (9/4/2024) nanti. Namun, duel klasik ini masih belum bisa dipastikan apakah akan dihadiri penonton atau tidak.

Hal itu terjadi karena banding yang yang dilayangkan Manajemen Persib atas hukuman tanpa penonton dari Komite Disiplin PSSI belum berbuah hasil. Meski begitu, PT Persib Bandung Bermartabat masih terus mengawal proses banding atas sanksi hukuman tanpa penonton ini.

1. Menejemen Persib Bandung berusaha agar suporter bisa menonton langsung ke stadion

Laga Persib vs Persija Tanpa Kehadiran Penonton Masih DirapatkanInstagram/persib

Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat mengatakan, langkah banding ini merupakan ikhtiar agar Komite Banding PSSI membatalkan sanksi itu. Menurutnya, pertandingan ini harus digelar dengan adanya penonton.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar pertandingan Persib vs Persija ini digelar dengan kehadiran penonton," kata Andang, Kamis (7/3/2024).

2. Pertandingan lawan Persija Jakarta sangat berarti

Laga Persib vs Persija Tanpa Kehadiran Penonton Masih DirapatkanPersib.co.id

Alasan Komite Banding PSSI harus mengabulkan banding, ungkap Andang, laga kontra Persija Jakarta ini merupakan pertandingan yang paling dinanti Bobotoh dan juga pecinta sepak bola tanah air.

"Selain untuk mendukung perjuangan tim mengarungi kompetisi, kami juga memahami kalau pertandingan ini sangat berarti buat Bobotoh dan publik sepak bola Bandung dan Jawa Barat," katanya.

3. Persib Bandung ajukan banding atas sanksi PSSI

Laga Persib vs Persija Tanpa Kehadiran Penonton Masih DirapatkanPersib.co.id

PT Persib Bandung Bermartabat dikenakan sanksi oleh Komite Disiplin PSSI atas kericuhan yang terjadi antara suporter saat Persib melakoni laga kontra PSIS di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), beberapa waktu lalu.

Sanksi ini tertuang dalam surat nomor 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024, di mana PSSI menilai Persib Bandung melanggar kode disiplin PSSI tahun 2023 karena terjadi kerusuhan dan penganiayaan di luar permeter stadion yang dilakukan suporter pascapertandingan.
Hal ini juga diperkuat dengan bukti-bukti yang menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin.

Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, Klub Persib Bandung dikenakan sanksi larangan terdekat menyelenggarakan pertandingan dengan penonton sebanyak satu pertandingan saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat.

Kemudian, ada denda sebesar Rp25 juta yang harus dibayarkan. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat. PSSI pun mempersilakan jika Persib Bandung ingin melakukan banding atas putusan ini.
Setelah itu, manajemen Maung Bandung kemudian melayangkan banding pada 4 Maret 2024.

Baca Juga: Ketua KPU Kota Bandung Dituding Atur Suara Caleg di Pemilu 2024

Baca Juga: Polisi Bakal Jaga Ketat Laga Persib Lawan Persija di Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya