36 Persatuan Sepak Bola Bakal Gugat Manajemen Persib ke Pengadilan

Gugatan berkaitan dengan Polemik Perubahan Hari Jadi Persib

Bandung, IDN Times - Sebanyak 36 persatuan sepakbola (PS) di Kota Bandung bakal melayangkan gugatan ke pengadilan atas perubahan hari jadi Persib Bandung dari 14 Maret 1933 ke 5 Januari 1919 oleh manajemen Persib.

Sebanyak 36 PS yang merupakan anggota PSSI Kota Bandung meminta agar pihak manajemen tidak melakukan perubahan pada hari jadi Persib Bandung. Ketua Askot PSSI Kota Bandung, Yoko Angga Surya mengatakan, gugatan rencananya akan dilayangkan pada 5 Januari tahun depan.

"Kalau tetap hari lahir tanggal 5 Januari 1919 tetap dilaksanakan otomatis akan kami tuntut di pengadilan," kata Yoko, Selasa (26/12/2023).

1. Pergantian tanggal menghilangkan ruh Persib Bandung

36 Persatuan Sepak Bola Bakal Gugat Manajemen Persib ke PengadilanPersib.co.id

Meski berencana melayangkan gugatan, Yoko mengungkapkan, Askot PSSI Kota Bandung akan terlebih dahulu meminta manajemen Persib menangguhkan perubahan hari jadi. Jika permintaan tidak dipedulikan, maka askot akan langsung melayangkan tuntutan.

"Kalau mau tetap hari lahirnya itu (5 Januari 1919) ya bukan Persib lagi. Kalau tetap hari jadinya tanggal itu, bukan nama Persib lagi. Dan berarti Persib yang 1933-nya harus dikembalikan kepada kami," katanya.

2. PS minta manajemen mengkaji ulang keputusan ini

36 Persatuan Sepak Bola Bakal Gugat Manajemen Persib ke PengadilanTRIBUNNEWS.COM

Sementara itu, perwakilan PS Nusaraya, Budi Agung menambahkan, perubahan hari jadi Persib harus dikaji ulang. Manajemen harus menggandeng tokoh dari dunia sepak bola yang tahu persis sejarah klub berjuluk Maung Bandung itu.

"Saya berharap PT PBB bisa mengkaji ulang kembali. Jadi, ada kolaborasi antara tim penelitian secara akademik dengan tokoh-tokoh sepak bola yang mengerti sejarah sepak bola Persib," ujar Budi.

Budi mengatakan, 36 PS merasa keberatan atas perubahan hari jadi yang dilakukan secara sepihak. Nantinya akan dilayangkan juga surat keberatan pada pihak manajemen.

"Tadi saya sudah sampaikan kepada pak ketua, kami akan mengajukan keberatan secara tertulis. Artinya kita keberatan atas perubahan hari lahir dan juga kalau ada pengesahan yang 5 Januari 1919," kata dia.

3. Persib Bandung mendadak merubah tanggal hari jadi

36 Persatuan Sepak Bola Bakal Gugat Manajemen Persib ke PengadilanPersib.co.id

Sebelumnya, Persib Bandung mengumumkan telah mengubah hari jadi klub dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919. Perubahan itu dilakukan setelah manajemen klub menggandeng tim peneliti Universitas Padjajaran (Unpad) untuk mengkaji kapan sebenarnya klub berjuluk Maung Bandung ini lahir.

Tim Peneliti Hari jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran (FIB Unpad) Prof Kunto Sofianto menjelaskan, penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib dilakukan setelah tim bekerja cukup lama melakukan riset sejarah dengan merujuk pada sumber primer dan sumber sezaman.

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis, dan bobotoh Persib, karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933," kata Kunto dalam konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (17/12/2023).

Selain itu, narasi yang menyebutkan bahwa Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) merupakan salah satu dari tujuh perserikatan (band) pendiri PSSI pada 19 April 1930 menjadi alasan lain timnya melakukan kajian ilmiah dan riset hari jadi ini.

Logikanya, kata Kunto, sebagai salah satu pendiri PSSI, Persib harus lahir terlebih dahulu dari yang dilahirkannya.

"Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah (historis) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930," katanya.

Baca Juga: Persib Juara Nusantara Open, Bukti Talenta Bandung Masih Ada

Baca Juga: 4 Alasan Bali United Tidak Bisa Dikalahkan Persib Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya