PLN Mobile Proliga 2023 Dimulai, Bandung Jadi Pembuka Seri Pertama

Bandung Bank bjb Tandamata mulai bertanding 5 dan 8 Januari

Bandung, IDN Times - Kompetisi PLN Mobile Proliga 2023 mulai berlangsung. Bandung, akan menjadi seri pembuka putaran pertama, pada 5 hingga 8 Januari 2023. Sebagai juara bertahan, Bandung Bank bjb Tandamata akan menjadi tuan rumah kompetisi bola voli yang telah memasuki tahun ke-21 itu. GOR Indoor Jalakharupat Soreang Kabupaten Bandung akan menjadi lokasi dibukanya kompetisi paling bergengsi ini.

Dua laga akan dilakoni tim asuhan Alim Suseno itu. Pertama, Wilda Siti Nurfadillah Sugandi dkk. akan ditantang finalis tahun lalu, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, 5 Januari 2023. Kemudian, sang juara bertahan putri itu akan menghadapi tim pendatang baru, Jakarta BIN, 8 Januari 2023.

Pelatih Bandung Bank bjb Tandamata, Alim Suseno bertekad ingin memenangkan dua laga pembuka itu. "Kami akan berusaha semaksimal mungkin memenangi dua laga di kandang itu," ujar pelatih yang sukses membawa Bank bjb juara Proliga 2022 lalu.

Menurut dia, pada dua laga pembuka di kandang itu, tim asuhannya masih diperkuat satu pemain asing, Madeline Guillen asal Republik Dominica dan lima pemain senior. "Kita akan maksimalkan kekuatan yang ada," tuturnya.

1. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia jadi lawan pertama

PLN Mobile Proliga 2023 Dimulai, Bandung Jadi Pembuka Seri PertamaIDN Times/OffecialBandungBJBTandamata

Beberapa skuad pemain pada 2022 lalu masih bercokol di tim satu-satunya asal Jabar itu. Di antaranya Wilda Siti Nurfadillah, Nandita Ayu Salsabila, Shella Bernadetha Onnan, Dian Wijayanti, dan libero Yulis Indahyani.

Sementara itu, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia yang akan menjadi lawan pertama Bank bjb Tandamata tak ingin menjadi pecundang pada laga pembuka itu. "Semoga saja anak-anak tidak ada beban tampil pertama," ujar pelatih Gresik Petrokimia, Ayub Hidayat.

Diperkuat delapan pemain asal TNI AU, Ayub bertekad ingin mencuri poin dari tim tuan rumah. Apalagi, tambahnya, tim putri satu-satunya asal Jatim ini, sudah diperkuat dua legiun asing, Julieta Lazcano asal Argentina dan Bogdana Anisova asal Ukraina.

Tempat pelaksanaan di Bandung yang biasanya di GOR C-Tra Arena, tahun ini dilaksanakan di GOR Indoor Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Alasan dipindahkannya tempat ini, menurut ketua panitia, Tahyan Iskandar karena GOR C-Tra Arena sudah tidak memadai lagi.

"Ruangan-ruangan di C-Tra Arena sudah digunakan semua. Jadi kita tidak bisa sewa ruangan lagi. Sementara di GOR Indoor Jalak Harupat sangat banyak ruangan yang bisa kita pakai. Selain itu parkir yang cukup luas di Jalak Harupat," tambah Tahyan.

2. Laga tim putra akan menjadi tontonan menarik

PLN Mobile Proliga 2023 Dimulai, Bandung Jadi Pembuka Seri PertamaIDN Times/OffecialBandungBJBTandamata

Selain laga di sektor putri, di bagian putra juga tak kalah menariknya. Juara bertahan putra, Jakarta LavAni Allo Bank yang baru pindah homebase dari Bogor ke Jakarta, akan memainkan tiga laga di Bandung ini.

Pertama, LavAni bertemu dengan Jakarta BNI 46 (5/1/2023). Selanjutnya, menghadapi Jakarta Pertamina Pertamax (6/1/2023). Dan terakhir akan ditantang sang pendatang baru, Jakarta STIN BIN (8/1/2023).

Laga lainnya di sektor putra, finalis 2022, Surabaya BIN Samator akan tampil tiga laga pada seri pembuka ini. Di awal, Rivan Nurmulki dkk. akan berhadapan dengan Palembang Bank SumselBabel (5/1/2023), kemudian melawan Kudus Sukun Badak (7/1/2023), dan Jakarta Pertamina Pertamax (8/1/2023).

Di samping itu, dua tim pendatang baru yakni Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta STIN BIN dipastikan akan meramaikan kompetisi musim ini.

3. Kompetisi akan berlangsung seru dengan kekuatan tim

PLN Mobile Proliga 2023 Dimulai, Bandung Jadi Pembuka Seri PertamaIDN Times/OffecialBandungBJBTandamata

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan pada musim ini, pertandingan dipastikan sudah berlangsung seru sekali sejak awal. Apalagi, semua tim sudah diperkuat pemain asing. Sehingga persaingan untuk menjadi yang terbaik itu sudah dimulai dari awal.

"Rata-rata pemain asing yang didatangkan tim adalah pemain nasional di negaranya masing- masing. Jadi persaingan ketat akan terjadi dari awal PLN Mobile Proliga 2023 ini," tegas Hanny yang juga ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI.

Seperti diketahui, setelah sukses menggelar PLN Mobile Proliga 2022 dengan sistem babel di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, di penghujung 2022, kini Proliga 2023 kembali akan digelar di beberapa kota, seperti kompetisi sebelum adanya pandemi covid-19. Selain Bandung yang menjadi seri pembuka, kompetisi akan digelar di Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Solo.

Kompetisi bolavoli tertinggi ini terhenti pada 2020 akibat adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia. Kemudian, pada 2021 kompetisi ditiadakan dan baru pada 2022 kembali berjalan. Pada musim 2023 mendatang ini, kompetisi diikuti delapan tim putra dan enam putri. Delapan tim putra antara lain Jakarta LavAni Allo Bank, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan dua tim pendatang baru yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, serta Jakarta BIN.

Sedangkan di bagian putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan tim pendatang baru Jakarta BIN.

Seluruh laga ini nantinya akan disiarkan secara langsung pada aplikasi Vidio, Moji, Champions TV, Indiehome dan NexParabola untuk memudahkan para penggemar olahraga Voli di Indonesia menyaksikan pertandingan PLN Mobile Proliga 2023.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya