Borong 18 Medali Emas, Atlet Arum Jeram Jabar Juara Umum Kejurnas 2022 

Tidak hanya kejurnas, atlet Jabar juga juara internasional

Bandung, IDN Times - Atlet Arum Jeram Jawa Barat kembali membawa prestasi dengan menjadi juara umum Kejuaraan Nasional Arum Jeram 2022 yang berlangsung pada 30 November hingga 4 Desember di Sungai Pekalen Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam kejuaraan ini mereka berhasil membawa 18 medali emas dan 2 perunggu.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Barat, Dian Rahadian mengatakan, bangga dan mengapresiasi atas capaian para atlet dalam kejurnas kali ini. 

"Atlet-atlet arum jeram Jawa Barat kebanggan kita semua alhamdulilah sudah menjadi juara umum ini sebuah kebangaan yang luar biasa bagi masyarakat Jawa Barat," ungkap Dian di Kota Bandung, Selasa, (6/12/2022)

1. Sisakan 2 medali emas yang tak dibawa pulang

Borong 18 Medali Emas, Atlet Arum Jeram Jabar Juara Umum Kejurnas 2022 IDN Times/Yogi Pasha

Dian mengatakan, dalam kejurnas arung jeram kali ini atlet Jawa Barat menunjukan kesiapan dan mentalitas juara. Hal itu terbukti dari raihan mendali emas tim arung jeram asal Jawa Barat.

Tim Jawa Barat, hampir melakukan sapu bersih medali emas dalam kejurnas kali ini. Tak tanggung-tanggung, dari 20 medali emas yang diperebutkan, atlet arung jeram Jawa Barat mampu meraih 18 di antaranya.

"Total medali 18 emas dan 2 perunggu dari 20 lomba yang di pertandingkan. Kami sudah merebut 18," ujarnya.

2. Prestasi atlet perlu mendapat perhatian Pemprov Jabar

Borong 18 Medali Emas, Atlet Arum Jeram Jabar Juara Umum Kejurnas 2022 IDN Times/Yogi Pasha

Lebih lanjut, Dian menuturkan, para atlet arung jeram Jawa Barat merupakan aset tak ternilai harganya bagi masyarakat di tatar Pasundan.

Karena itu, sudah sejatinya para atlet mendapatkan apresiasi dan perhatian lebih dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami berharap dari pemerintah daerah dan KONI ini bisa memberikan perhatian banyak dari sisi lain. Terutama dalam kesejahteraan maupun pendidikan, ini kiranya yang perlu FAJI Jabar perjuangkan, kemarin (Kejurnas arung jeram 2022) juga kami tidak dapat perhatian tapi bisa juara," tutur Dian.

Diah berharap, bentuk keseriusan pemerintah dalam hal kesejahteraan para atlet bukan hanya dinilai dari uang semata Tetapi lebih daripada itu. Misalnya, kejelasan masa depan para atlet dalam dunia pekerjaan di masa yang akan datang.

"Biasanya kan pemerintah provinsi atau kabupaten dan kota suka menerima atlet-atlet berprestasi, apalagi ada yang sudah menyelesaikan studinya di jenjang kuliah. Mudah-mudah ini juga mendapatkan perhatian, misalnya direkrut sebagai ASN di pemerintah kabupaten maupun provinsi," jelasnya.

3. Atlet Arum jeram Jabar lebih unggul dibandingkan provinsi lain

Borong 18 Medali Emas, Atlet Arum Jeram Jabar Juara Umum Kejurnas 2022 IDN Times/Yogi Pasha

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB FAJI Irfan Bahtiar mengakui bahwa Jawa Barat memang lebih siap dibandingkan kontingen lain dalam Kejurnas kali ini.

"Secara kuantitas maupun kualitas, Jawa Barat memang masih mengungguli daerah lainnya. Secara kuantitas saja, Pengcab (pengurus cabang) arung jeram di Jawa Barat ada banyak dan kejuaraan antar Jawa Barat bahkan lebih seru persaingannya," kata Irfan melalui keterangan tertulis Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI), Senin (5/12/2022).

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya