Comscore Tracker

Takut Virus Corona, Timnas India Batal Ikut Kejuaraan Asia di Filipina

Hanya beregu putri saja yang memastikan mundur

Jakarta, IDN Times - Para pebulu tangkis dunia dari berbagai negara di Asia tengah mempersiapkan diri untuk tampil di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 yang digelar pada 11-16 Februari 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina. Menyambut kejuaraan bergengsi itu, Asosiasi Bulu Tangkis India justru resmi mengumumkan tim beregu putri negaranya mundur sebelum bertarung. Alasannya satu: mengantisipasi wabah virus corona yang masih masif mengintai dunia.

"Adanya kekhawatiran terhadap bahaya kesehatan karena wabah virus corona berakhir pada keputusan untuk menarik mundur tim beregu putri dari ajang Kejuaraan Asia yang akan diadakan mulai 11 sampai 16 Februari 2020 di Manila, Filipina," kata Asosiasi Bulu Tangkis India dalam keterangannya yang dikutip dari timesofindia.com.

1. Tim beregu putri memilih mundur karena banyak pemain muda di skuatnya

Takut Virus Corona, Timnas India Batal Ikut Kejuaraan Asia di FilipinaSaina Nehwarl dari sektor tunggal putri India berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Asosiasi Bulu Tangkis India sudah minta detail informasi mengenai asuransi kesehatan kepada Badminton Asia terkait dengan situasi terkini penyebaran virus corona dan kepentingan kesehatan yang diharapkan dapat diperoleh semua wakil India yang akan berlaga.

Setelah menerima asuransi lengkap dari Badminton Asia, Asosiasi Bulu Tangkis India berdiskusi dengan tim putra dan putri.

"Tim beregu putri memutuskan untuk mundur lantaran adanya kekhawatiran dari para pemain dan juga orang tua," kata Sekjen Asosiasi Bulu tangkis India, Ajay Kumar Singhania.

Tim beregu putri seharusnya diperkuat oleh para bintang muda seperti Ashmita Chaliha dan Malvika Bansod, setelah peraih medali Olimpiade asal India Saina Nehwal dan Pusarla Sindhu memutuskan untuk tidak ikut berlaga. Keduanya memutuskan untuk melewatkan ajang ini dan berfokus pada kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah Terjangkit

2. Tim beregu putra tetap berangkat

Takut Virus Corona, Timnas India Batal Ikut Kejuaraan Asia di FilipinaSatwiksairaj Rankireddy di turnamen Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Meski demikian, tim beregu putra India akan tetap turun berlaga di ajang ini. Tim beregu putra India diagendakan akan berangkat menuju Filipina pada Minggu (9/2) mendatang.

Tak tanggung-tanggung, tim beregu putra bahkan turun dengan kekuatan penuh. Beregu putra India akan diperkuat oleh Kidambi Srikanth, HS Prannoy, Subhankar Dey, dan Lakshya Sen.

Selain itu wakil ganda India Dhruv Kapila/MR Arjun bersiap turun juga bersama dengan wakil ganda lainnya, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

3. India berada satu grup dengan Indonesia

Takut Virus Corona, Timnas India Batal Ikut Kejuaraan Asia di FilipinaKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Tim beregu putra India akan berhadapan dengan tim beregu putra Indonesia di babak penyisihan grup Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 ini.

Meski di atas kertas performa Indonesia masih lebih baik dibandingkan India, namun Sekjen PP PBSI, Achmad Budiarto mengingatkan agar Indonesia tetap waspada menghadapi wakil India yang dianggap berpeluang sebagai kuda hitam dalam turnamen.

"India ini jadi kuda hitam. Kita harus waspada kalau ketemu India," kata Budi saat dihubungi IDN Times pada Rabu (5/2). Tim beregu putra Indonesia turun dalam turnamen ini sebagai juara bertahan.

Baca Juga: PBSI Canangkan Target Tinggi di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya