Strategi Tepat, Pebulu Tangkis PB Djarum Juarai Austrian Open 2021

Pasangan ganda putri PB Djarum matang dalam bertanding

Bandung, IDN Times – Setelah sebelumnya membawa pulang dua gelar juara di Slovenia Internasional 2021, pebulu tangkis PB Djarum lagi-lagi membawa pulang gelar juara dari turnamen di Eropa. Kali ini ialah pasangan ganda putri Serena Kani/Ni Ketut Mahadewi Istrani, yang baru saja membungkus juara pertama Austrian Open 2021.

Serena/Ketut berhasil mengalahkan ganda asal Malaysia, Anna Ching Yik Cheong/Yap Cheng Wen, di babak final Austrian Open 2021. Berbekal kemenangan dua gim dengan skor 21-12, 21-16, Serena/Ketut berhasil naik podium pada kejuaraan yang dilangsungkan di Graz, Austria, ini.

1. Persiapan jelang turnamen pun terbayarkan

Strategi Tepat, Pebulu Tangkis PB Djarum Juarai Austrian Open 2021Serena/Ketut Ganda Putri PB Djarum di Austrian Open (IDN Times/Istimewa)

Pelatih sekaligus Manajer Tim Atlet Dewasa PB Djarum Vita Marissa mengatakan, kemenangan timnya di Austrian Open 2021 merupakan hasil membanggakan dari berbagai persiapan yang telah dijalani tim jelang turnamen. 

“Semua prestasi dan gelar yang kami dapatkan, tujuannya untuk Tanah Air tercinta. Mudah-mudahan bulu tangkis akan selalu bisa membawa kebanggan Indonesisa di mata dunia,” kata Vita, dalam rilis pers yang diterima IDN Times, Senin (31/5/2021).

Bagi Serena/Ketut, kemenangan di Austrian Open 2021 merupakan gelar perdana sejak keduanya disatukan. Serena mengatakan, bahwa torehan kemenangan ini menjadi capaian membanggakan setelah sekian lama tidak adanya turnamen selama pandemi, baik skala nasional maupun internasional.

“Saya sangat senang dan sangat bersyukur dengan kemenangan ini, walaupun memang lebih fokus main mix double tapi tetep harus memaksimalkan peluang di nomor ganda putri. Walaupun tim lawan rankingnya lebih unggul, bukan menjadi tekanan bagi saya dan Ketut karena kami mau main enjoy dan all out dari babak awal,” ujar Serena. 

2. PB Djarum memang mematok target juara

Strategi Tepat, Pebulu Tangkis PB Djarum Juarai Austrian Open 2021IDN Times/ Helmi Shemi

Sementara itu, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan jika kemenangan di Austrian Open 2021 merupakan sebuah pencapaian gemilang dari target yang dipatok kepada para atlet PB Djarum. Kemenangan ini menuntaskan dahaga para atlet PB Djarum setelah pada kejuaraan Spain Masters 2021 mereka harus puasa gelar.

“Kemenangan ini sesuai dengan harapan kami. Karena targetnya di setiap turnamen yang diikuti ada atlet yang berhasil meraih juara satu. Walaupun ada beberapa nomor yang meleset karena belum berhasil di nomor mix double, tapi pencapaian atlet PB Djarum sudah cukup membanggakan,” kata Yoppy, dalam rilis yang sama.

3. Serena/Ketut turun dengan strategi yang tepat

Strategi Tepat, Pebulu Tangkis PB Djarum Juarai Austrian Open 2021Serena/Ketut Ganda Putri PB Djarum di Austrian Open (IDN Times/Istimewa)

Yoppy melanjutkan, daya juang Serena/Ketut dari partai awal hingga partai final patut diacungi jempol. Selain karena pernah merasakan didikan pelatnas, di babak final Yoppy menilai strategi permainan Serena/Ketut sangat tepat untuk menumbangkan pasangan Malaysia yang merupakan peringkat 29 dunia. 

“Menurut saya strategi permainan Serena/Ketut pada partai final sangat tepat. Mereka bermain tidak terburu-buru untuk menyerang dan memanfaatkan kelemahan lawan," tuturnya.

"Dengan kemenangan ini, diharapkan mampu memotivasi teman-teman atlet lain untuk meraih gelar juara di turnamen berikutnya,” ujar Yoppy.

4. Gelar tambahan buat Indonesia

Strategi Tepat, Pebulu Tangkis PB Djarum Juarai Austrian Open 2021Ilustrasi Bendera Indonesia (IDN Times/Aldila Muharma)

Pada Austrian Open 2021, Indonesia sebenarnya berhasil memboyong dua gelar juara. Selain kemenangan atlet PB Djarum, gelar Juara Tunggal Putra juga diraih oleh Panji Ahmad Maulana dari PB Candra Wijaya.

Sementara itu, tunggal putra PB Djarum, Ihsan Maulana Mustofa, harus puas karena langkahnya terhenti di babak semifinal Austrian Open 2021. Peluang meraih gelar juara tambahan dari Ihsan Maulana Mustofa terpaksa kandas karena belum berhasil melewati partai semifinal.

Ihsan dihentikan pemain Belanda, Arnaud Merkle pada babak empat besar dengan skor 14-21, 16-21.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan oleh seluruh pecinta bulutangkis sehingga kita bisa membawa pulang dua gelar juara di Slovenia International 2021 dan satu gelar juara Austrian Open 2021,” tutur Yoppy.

Baca Juga: Uji Kemampuan, PB Djarum Kirim Atletnya ke Empat Turnamen Eropa

Baca Juga: Polemik Audisi PB Djarum, Ganjar Minta KPAI dan Djarum Berembug

Baca Juga: Berkarisma, 10 Potret Atlet Bulu Tangkis saat Berlaga di Lapangan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya