PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen Dunia

PPE 2022 diharapkan jadi batu loncatan para atlet

Bandung, IDN Times - Seremoni pembukaan atau Kick Off Piala Presiden Esports (PPE) 2022 pada Rabu (10/8/2022) berlangsung megah. Berbalut konsep artistik bertema Beyonderful, dari kata “beyond” dan “wonderful,” pembukaan PPE 2022 menggambarkan perkembangan pesat dunia esports dari masa ke masa (beyond) sekaligus menampilkan keindahan aneka bahasa, suku, dan budaya (wonderful) Indonesia.

Seremoni itu menjadi tanda dimulainya rangkaian turnamen esports non-developer terbesar di Indonesia. Kegiatan itu dihadiri deretan pejabat negara, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), hingga jajaran manajemen BCA.

Ketua Harian PBESI Komjen Polisi Bambang Sunarwibowo mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan diselenggarakan di Jakarta.

"PBESI dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2022 akan dilaksanakan di Jakarta. Jakarta dengan segala perkembangannya diharapkan dapat merepresentasikan kehangatan Indonesia," ungkap Bambang Sunarwibowo, dalam sambutannya.

1. Ada peluang untuk ikut kejuaraan dunia tahun ini

PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen DuniaSeremoni pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 (IDN Times/Istimewa)

PBESI, kata Bambang, cukup optimistis kejuaraan ini mampu memperkuat potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk berprestasi di bidang esports kaliber dunia. Maka itu, ia memandang bahwa Piala Presiden Esports tak lain sebagai batu lompatan bagi para atlet untuk dapat berkompetisi di level setinggi-tingginya.

“Salah satu peluang istimewa yang dapat para atlet raih (dari PPE 2022) adalah kesempatan untuk mengikuti turnamen esports skala dunia, IESF World Championship 2022 yang akan digelar di Bali pada Desember mendatang,”tutur Bambang.

PPE 2022 sendiri digelar dengan target partisipasi 150 ribu atlet. Para penyelenggara optimistis gelaran turnamen ini berdampak secara positif ke seluruh tingkatan tim esports di seluruh Indonesia, baik amatir, semi-pro, maupun profesional.

2. PPE 2022 bisa menarik minat investor masuk ke Indonesia

PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen DuniaSeremoni pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 (IDN Times/Istimewa)

Piala Presiden Esports 2022 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Ketua Tim Business Matchmaking Kementerian Komunikasi dan Informatika Luat Sihombing mengatakan jika perkembangan esports bak bola salju yang tidak terhenti bahkan setelah masa pandemi.

Ia percaya jika penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 tidak hanya akan berdampak positif terhadap ekosistem esports, melainkan juga dari berbagai aspek termasuk ekonomi kreatif dan juga industri digital. Apalagi menurutnya, proyeksi revenue esports market mencapai angka Rp65 miliar, dengan fans esports yang akan mencapai 28.3 miliar se-Asia Tenggara pada empat tahun ke depan.

“Kami berharap gelaran Piala Presiden Esports 2022 dapat menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menghelat sebuah turnamen esports dengan standar internasional. Kita yakin bahwa turnamen ini akan mencetak lebih banyak lagi talenta atlet esports, developer game, event organizer, ataupun profesi kreatif lainnya bagi sumber daya muda kita, serta membuka minat investor untuk masuk,” kata Luat.

3. Turnamen digelar secara hybrid

PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen DuniaFinal Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 (Istimewa)

Sementara Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki kualifikasi regional pada 12 September-6 Oktober 2022 yang terbagi menjadi regional timur dan regional barat.

“Piala Presiden Esports 2022 semakin memantapkan esports sebagai cabang olahraga dengan prestasi yang semakin diperhitungkan di Indonesia. Harapannya, kejuaraan ini mampu menelurkan atlet-atlet terbaik yang siap untuk berlaga di turnamen level dunia,” tutur Rangga.

Rencananya, turnamen akan diselenggarakan secara hybrid, mengombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh. Adapun game yang dipertandingkan di PPE 2022 adalah Battle of Satria Dewa, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, dan satu game lokal dari sistem submission.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai total Rp2 miliar dan kesempatan untuk bertanding di IESF World Championship. 

4. Bersaing dengan Jakarta, Jawa Barat masuk ke regional barat

PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen DuniaFinal Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 (Istimewa)

Regional Timur meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Gorontalo,  Papua Tengah, Dataran Tinggi Papua, Papua Selatan.

Sementara Regional barat meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Y. Yogyakarta, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, Aceh.

Akan ada juga kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional. Rangkaian dilanjutkan dengan kualifikasi tertutup untuk tim profesional yang diundang.

Khusus untuk cabang game Mobile Legends, setelah kualifikasi tertutup, para tim yang terseleksi harus masuk ke penyisihan grup terlebih dahulu (26-30 Oktober 2022) sebelum berlaga di main event Piala Presiden Esports 2022 pada 11-13 November 2022.

5. Ada fenomena mabar, BCA konsisten dukung Piala Presiden Esports

PPE 2022 Digelar, Pemenang akan Dikirim ke Turnamen DuniaIlustrasi Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Piala Presiden Esports 2022 juga menjadi momentum bagi kalangan industri dan sektor swasta menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan esports di Tanah Air. BCA merupakan perusahaan swasta yang secara konsisten menunjukkan dukungannya terhadap industri esports melalui keterlibatannya dalam Piala Presiden Esports sejak 2019.

“BCA melihat bahwa trend esports semakin berkembang, seperti fenomena global 'mabar' olahraga elektronik yang telah menjadi salah satu pilihan anak muda jaman sekarang. Hal ini yang menjadi salah satu alasan BCA untuk tetap konsisten mendukung gelaran Piala Presiden yang menginisiasi kompetisi esports,” kata I Ketut Alam Wangsawijaya, Executive Vice President BCA.

Senada dengan BCA, Samsung Indonesia juga tak pernah absen dalam gelaran Piala Presiden Esports sejak 2019. Mochamad Ilham Indrawan, Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menyatakan bahwa keterlibatan yang dijalani secara konsisten ini menjadi bukti keseriusan Samsung Indonesia dalam mendukung dan memberikan kontribusi demi perkembangan ekosistem esports Tanah Air.

 Kami harapkan inovasi teknologi yang bermakna yang kami benamkan pada Galaxy A Series sebagai “official smartphone partner” dapat mendukung generasi muda mengejar mimpinya, berkarya sesuai dengan passion mereka, dan tentunya bersaing dengan talenta muda esports terbaik di tanah air dan internasional,” tutur Ilham Indrawan.

Baca Juga: Piala Presiden Esports 2022 Siap Digelar, Kick Off Sepekan Lagi

Baca Juga: Digelar di Bali, Final PPE 2021 Diaharapkan Dongkrak Pariwisata

Baca Juga: Apresiasi Industri Esports, GGWP.ID Gelar Esports Unite Awards 2021

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya