Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi 

Beruntung Persib masih punya waktu jelang Liga 1 digelar.

Bandung, IDN Times– Sudah empat hari sejak latihan perdana pada Senin (14/1), Persib Bandung masih menggodok fisik dan kekompakan pemain. Meski jadwal Liga 1 2019 belum tersepakati hingga saat ini, namun tim pelatih ingin segera melihat skuatnya kompak.
 
Pada Kamis (17/1), Persib menggelar latihan fisik di pusat kebugaran di Sosi Fitness, Jalan Aceh, Bandung. Sore harinya, pelatih baru Persib, Miljan Radovic, baru memulai latihan taktik untuk mengasah kemampuan pemain.

1. Tim dikalim 78 persen, gara-gara pemain sempat liburan

Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi Twitter/@gianzola08

Budiman, asisten pelatih Persib, mengatakan setelah rutin berlatih dalam empat hari ke belakang, kondisi para pemainnya baru 78 persen. Maka itu, tak heran jika tim pelatih mengajak para pemainnya ke pusat kebugaran.
 
“Ada beberapa pemain yang kelihatan selama liburan kemarin kurang melakukan aktivitas. Jadi, latihan kemarin mereka agak di bawah performa,” tutur Budiman, kepada awak media di Jalan Aceh, Bandung, Kamis (17/1).

2. Tidak ada masalah dalam mental pemain Persib

Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi instagram.com/persib_official

Sementara itu, soal mental bertanding, Budiman mengatakan bukan masalah mendesak yang harus segera dibenahi. “Saya rasa pemain siap. Mereka semua profesional dan berpengalaman,” katanya.
 
Menjelang akhir musim Liga 1 2018, mental tanding pemain Persib sempat drop. Kala itu, Persib memang baru saja menerima sanksi berat, salah satunya larangan bermain di kandang maung hingga akhir musim 2018.

3. Soal transfer pemain, Persib masih menunggu perkembangan

Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi Twitter/@BolaBanget

Ketika beberapa klub lain di Indonesia getol mencari pemain untuk memperkuat amunisi mereka musim ini, Persib justru masih ingin mengukur kesiapan para pemainnya. Menurut tim pelatih, mereka masih memiliki banyak waktu sampai liga kembali digelar musim ini.
 
“Siapa pemain yang akan dikontrak atau dilepas musim ini belum (bisa ambil keputusan). Keputusan itu ada di kepala (pelatih). Saya tidak tahu sampai bulan apa, yang pasti kami selalu melihat perkembangannya,” ujar Budiman.
 
Persib memang baru saja memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak beberapa pemain seniornya. Di antaranya ialah gelandang Atep yang memperkuat Persib sejak musim 2008, dan Airlangga Sucipto yang memperkuat Persib pada musim 2008-2013, 2013-2015, dan 2017-2018.

4. Formasi yang akan dipakai Persib memerlukan pemain gesit

Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi www.persib.co.id

Budiman menjelaskan, pelatih Radovic sepertinya akan menerapkan skema 4-3-3 di mana pemain wajib memiliki kecepatan yang mumpuni danngototselama di lapangan. Formasi tersebut biasanya akan mengandalkan serangan sayap, di mana lini tengah akan bekerja sama dengan garda belakang untuk menyuplai bola ke eksekutor gol di lini depan.
 
Maka tak heran jika lini belakang yang kerap membantu di sektor sisi lapangan akan lebih cepat kelelahan. “Dia (Radovic) ingin para pemainnya aktif dalam menyerang, dan memberikan pressing. Ingin Persib main bola pendek dan cepat,” tutur dia.

5. Jardel dan Beckham meyakinkan, tapi belum bisa diandalkan

Empat Hari Latihan, Persib Masih Perlu Dibenahi Persib.co.id/Gregorius AK

Biasanya, tim dengan formasi 4-3-3 kerap mengandalkan pemain muda yang masih memiliki stamina oke. Pemain muda yang dicomot pun mesti unggul soal kecepatan.
 
Sebenarnya, Maung Bandung memiliki pemain muda dengan karakter macam itu. Misalnya Mario Jardel dan Beckham Putra yang kini tergabung dengan tim U-19 Persib. “Kedua pemain itu mungkin statusnya masih magang. Belum ada keputusan untuk menjadi pemain utama Persib. Tapi, mereka memang layak bersaing dengan para seniornya,” kata Budiman.
 
Sejauh ini Mario Jardel adalah garda bertahan andalan Persib U-19. Sementara Beckham, merupakan gelandang dengan kecepatan dan akurasi assist yang baik. “Teknik dan skill mereka memang bagus, tapi soal mental mereka belum siap. Mereka masih perlu jam terbang,” tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya