Sisi Kanan Pertahanan Persib yang Rapuh Jadi PR Tim Pelatih 

Seharusnya Persib punya pemain lebih baik di sektor ini

Bandung, IDN Times - Persib Bandung nampaknya masih harus mencari sosok yang tepat untuk menutup celah pertahanan di sisi kanan. Keberadaan Henhen dan Roby Darwis yang menjadi pemain di sektor tersebut masih punya kekurangan dan menjadi titik lemah Maung Bandung area belakang.

Persib sebenarnya sempat memiliki Putu Gede yang tangguh dalam bertahan dan menyerang di sektor tersebut. Namun, setelah didatangkan dari Bhayangkara, Putu Gede harus ditarik kembali ditarik klub lamanya tersebut.

Kondisi ini membuat Persib praktis hanya mempunyai Henhen yang menjadi pemain utama. Sedangkan Roby dan Kakang sering bergantian mengisi slot tersebut.

Kerapuhan persib di sisi kanan pertahanan makin terlihat ketika pertandingan melawan Borneo FC. Serangan tim lawan dari sisi tersebut gagal diadang Roby dan Kakang yang bermainan berdekatan sebagai bek tengah dan bek kanan yang mengakibatkan Persib kalah 0-1.

1. Beri kesempatan pemain muda berkembang

Sisi Kanan Pertahanan Persib yang Rapuh Jadi PR Tim Pelatih IDN Times/Debbie Sutrisno

Bojan pun tak menampik bahwa sisi kanan Persib sejauh ini memang menjadi titik rawan. Meski demikian, dia tak mempermasalahkannya karena Kakang dan Roby adalah pemain muda yang masih bisa berkembang.

Menurutnya, kedua pemain ini kerap bermain baik di sebuah laga sehingga tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena satu kesalahan dalam sebuah pertandingan.

"Mereka berdua masih muda, saya memberikan kesempatan kepada mereka di pertandingan seperti ini. Tidak bisa menyalahkan satu pemain, tapi ini satu tim," kata Bojan.

2. Menerapkan skema tim untuk liga lebih penting

Sisi Kanan Pertahanan Persib yang Rapuh Jadi PR Tim Pelatih Salah satu momen pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung versus PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung pada Senin 4 Desember 2023. (Dok. Persib.co.id)

Menurutnya, berbagai skema dicoba dalam turnamen ini. Pergantian pemain dan taktik yang diubah dilakukan agar pada laga sesungguhnya nanti Persib bisa tampil lebih maksimal.

Dalam laga ini, Persib pun seharusnya bisa mendapat satu poin karena kedua tim bermain bagus. Sayang Persib harus kecolongan di akhir laga dan tak mampu membalasnya.

"Kita sekarang memang belum lengkap (susunan pemain). Tapi saya senang pemain mampu bertahan hingga menit ke-60," pungkasnya.

3. Bakal datangkan pemain asing baru

Sisi Kanan Pertahanan Persib yang Rapuh Jadi PR Tim Pelatih Pelatih Persib Bandung Bojan hodak. IDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Bojan menyebut bahwa Persib akan kedatangan satu pemain asing lagi. Dia belum merinci sektor apa yang akan diisi oleh pemain tersebut, tapi selama ini pelatih Kroasia tersebut mengindamkan pemain di lini tengah yang bisa juga menjadi pencetak gol.

Kepergian Stefano Beltrame yang kemudian digantikan Tyronne del Pino dirasa kurang cukup untuk mengarungi Liga Indonesia dan kompetisi di level Asia.

Baca Juga: Borneo FC Melaju ke Semifinal Piala Presiden setelah Tundukkan Persib

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya