Persib Tak Targetkan Juara di Piala Presiden 2024 

Persib Jadikan Piala Presiden hanya ajang uji coba

Bandung, IDN Times - Persib Bandung akan menjadi tuan rumah dalam gelaran Piala Presiden 2024. Pertandingan pembuka rencananya dilakukan di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, pada Jumat (19/7/2024).

Persib pun menyambut positif rencana penyelenggaraan Piala Presiden menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2024/2025. Sebab, turnamen pramusim tersebut bisa dimaksimalkan tim pelatih untuk mematangkan kesiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 dan AFC Champions League 2 (ACL) 2.

"Dari sisi klub, kami sangat menyambut turnamen ini. Bukankah ini baik untuk mematangkan persiapan tim menghadapi kompetisi yang sesungguhnya," kata Interim Director of Sports PT Persib Bandung Bermartabat, Adhitia Putra Herawan, Minggu (14/7/2024).

1. Tak berekspetasi tinggi ada turnamen ini

Persib Tak Targetkan Juara di Piala Presiden 2024 Adhitia Putra Herawan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Adhit mengaku tidak mau membebani tim dengan ekspektasi tinggi. Pelatih punya rencana ketika tim mengikuti turnamen ini, tapi tidak ada instruksi khusus agar tim bisa memenangkan piala.

"Dari sisi klub, kami hanya ingin tim memanfaatkan setiap pertandingan yang dimainkan untuk meningkatkan kesiapan menghadapi kompetisi sesungguhnya," kata Adhit.

2. Jadi tak repot cari lawan tanding uji coba

Persib Tak Targetkan Juara di Piala Presiden 2024 IDN Times/Debbie Sutrisno

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyambut baik diselenggarakannya turnamen Piala Presiden 2024 sebagai ajang pramusim sebelum kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/25. Bojan menilai turnamen pramusim ini bisa membantu timnya dalam mempersiapkan diri untuk mengarungi kompetisi sesungguhnya.

Pelatih asal Kroasia itu menambahkan, dengan hadirnya turnamen Piala Presiden 2024, pihaknya tidak perlu lagi repot-repot mencari lawan tanding untuk uji coba tim.

"Ini bagus karena kami tidak perlu mengagendakan uji tanding. Jadi kami akan memainkan tiga pertandingan setidaknya dan ini tentu saja bagus untuk persiapan kami menghadapi liga," ungkap Bojan.

Pelatih yang pernah menangani Johor Darul Takzim itu melanjutkan, dirinya hanya menargetkan tampil sebaik mungkin di setiap pertandingan. Dia berharap setiap pertandingan yang dijalani bisa membuat timnya semakin siap menghadapi Liga 1 2024/2025.

"Targetnya untuk siap dalam menghadapi liga," pungkasnya.

3. Akan diikuti delapan tim saja

Persib Tak Targetkan Juara di Piala Presiden 2024 Potret latihan Persija, Selasa (2/7/2024). (Dok. Persija).

Piala Presiden 2024 yang akan diikuti 8 klub peserta kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 akan mulai bergulir pada 19 Juli 2024 mendatang. Kedelapan tim tersebut akan dibagi ke dalam dua grup. Dua tim terbaik akan melaju ke semifinal dan selanjutnya final.

Karena jadi representasi Liga 1 2024/2025, tidak semua peserta kompetisi akan ambil bagian. Rencananya hanya delapan tim yang diundang untuk ambil bagian.

Delapan tim yang dipilih adalah pemilik lisensi klub profesional yang dikeluarkan AFC. Mereka itu Arema FC, Bali United, Borneo FC, Madura United, Persib, Persija, Persebaya, dan PSM. Namun Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa terkait jumlah tim peserta akan diumumkan secara resmi dalam konferensi pers dalam waktu dekat.

Turnamen tahun Ini merupakan Piala Presiden keenam setelah 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2022. PERSIB merupakan juara Piala Presiden edisi perdana.

Baca Juga: Cerita Mateo Kocijan Pilih Persib Bandung Dalam Perjalanan Karirnya 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya