Persib Rekrut Bek Baru Alberto Rodriguez Martin Pemain Liga Spanyol

Lengkap sudah jumlah pemain asing Persib

Bandung, IDN Times - Persib Bandung melengkapi kuota pemain asingnya dengan mendatangkan bek tengah asal Spanyol bernama Alberto Rodriguez Martin. Alberto menjadi pemain asing keenam Maung Bandung untuk musim depan. 

Sebelumnya Persib sudah merekrut lima pemain asing, yaitu David da Silva, Ciro Alves (Brasil), Nick Kuipers (Belanda), Daisuke Sato (Filipina), dan Tyronne del Pino (Spanyol).

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengungkapkan, Rodriguez direkrut dengan durasi kontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan.

"Pelatih Luis Milla membutuhkan bek tengah untuk memperkuat lini pertahanan Persib dan merekomendasikan nama pemain ini," kata Teddy, Minggu (11/6/2023). 

1. Terakhir bermain di Liga Spanyol

Persib Rekrut Bek Baru Alberto Rodriguez Martin Pemain Liga SpanyolIDN Times/Istimewa

Rodriguez merupakan pemain kelahiran Las Palmas, 31 Desember 1992. Pemain berusia 30 tahun dengan tinggi 1,91 meter ini akan melengkapi materi bek tengah yang biasa ditempati oleh Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto dan Rachmat Irianto.

Sebelum bergabung dengan PERSIB, Rodriguez berbaju CD Lugo, yang merupakan salah satu klub divisi segunda (LaLiga 2), Spanyol. Pada musim lalu, Rodriguez tampil dalam 36 pertandingan dengan sumbangan 3 gol.

2. Perkuat lini pertahanan dengan latih kiper dari akademi

Persib Rekrut Bek Baru Alberto Rodriguez Martin Pemain Liga SpanyolDebbie Sutrisno/IDN Times

Selain memperkuat pertahanan Persib dengan mendatangkan pemain baru, tim kepelatihan pun coba mengasah para kiper muda. Materi kiper Persib untuk musim ini ada empat orang yakni Teja Paku Alam, Reky Rahayu, Fitrul Dwi Rustapa, dan Satrio Azhar. Dengan kedatangan dua pemain akademi, artinya Passos punya opsi lebih banyak. Dua pemain akademi itu adalah Fitrah Maulana dan Sheva Sanggasi. 

Passos mengatakan, menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1, Ia tengah menggenjot fisik pemain supaya lebih kuat lagi. 

“Ya kami akan memasuki pekan kedua untuk latihan dan saya lihat kiper di latihan ada progres bagus. Tentunya masih butuh waktu untuk berkembang di latihan dan liga uji coba. Tapi kami juga masih punya waktu sebelum memulai liga bagi kiper untuk berada dalam performa terbaik di latihan,” kata Passos. 

Pelatih kiper asal Brazil ini pun mengomentari kehadiran pemain dari akademi yang musim ini bergabung bersamanya. 

Kata Passos, para kiper muda yang baru bergabung ini adalah bibit yang masih perlu diracik. Namun Ia optimistis, Fitrah dan Sheva bisa bertahan dan menerima semua materi yang diberikannya. 

“Pertama, kami ingin memberikan selamat bagi tim akademi Persib karena melakukan tugasnya dengan baik. Saya senang dengan pelatihan kiper di sana (akademi). Sebelum berlibur ke Brazil saya melakukan pelatihan untuk semua kiper Persib Bandung dan saya suka karena ada banyak kiper bagus untuk masa depan,” jelasnya.

3. Postur tubuh kiper pemain akademi sangat baik

Persib Rekrut Bek Baru Alberto Rodriguez Martin Pemain Liga SpanyolDebbie Sutrisno/IDN Times

Setelah menjalani serangkaian pelatihan bagi kiper di akademi, Passos akhirnya kepincut oleh performa dua kiper muda yakni Fitrah dan Sheva. Mereka pun diajak untuk berlatih bersama tim senior. 

“Persib butuh kiper-kiper itu untuk masa depan. Saya membawa dua kiper itu karena bagus untuk masa depan,” ungkapnya. 

Pelatih berlisensi A AFC itu mengungkapkan postur tubuh tinggi menjadi nilai plus bagi seorang kiper. Hal itu lah yang disukai Passos terhadap anak asuhnya. 

“Saya suka semua, postur itu sangat penting tapi yang tak kalah penting dari kiper adalah mentalitas dan saya sangat senang terhadap Sheva karena punya postur bagus dan juga mentalitas bagus, itu penting bagi penjaga gawang,” terangnya. 

Untuk diketahui, musim ini Passos akan ditemani I Made Wirawan yang pada musim sebelumnya adalah kiper utama Persib. 

Setelah pensiun, Made memutuskan menerima tawaran Persib sebagai asisten pelatih kiper. Made pun baru selesai menjalani kursus lisensi kepelatihan.

Baca Juga: Petinggi Persib Setuju Regulasi Penonton 50 Persen di Liga Indonesia

Baca Juga: PSSI Gandeng Jerman Buat Perkuat Teknis Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya