Pastikan Performa Pemain Tak Kendor, Persib Jadwalkan Uji Tanding

Beberapa pemain masih alami cidera

Bandung, IDN Times - Para pemain Persib sudah menjalani latihan hampir satu pekan setelah mereka beristirahat selama tiga minggu lamanya. Menu latihan yang bertahap diberikan staf pelatih kepada pemain sejak merumput kembali di Stadion Sidolig.

Pelatih Persib Bojan Hodak mengatakan, semua pemain dalam kondisi baik dan bekerja keras. Dipastikan tidak ada masalah dari latihan yang diberikan pelatih.

Menurutnya, dalam beberapa hari ke belakang, menu latihan pemain memang agak berat. Itu terlihat dari pemain yang tampak kelelahan tiap kali selesai berlatih.

Bojan cs benar-benar menggenjot fisik dan stamina pemain. Itu wajar, sebab mereka harus kembali beradaptasi menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 pada Februari mendatang.

“Memang bisa dikatakan sedikit kesulitan, dilihat hari ini mereka kelelahan. Ketika mereka tidak banyak bicara, maka itu bisa diartikan mereka kelelahan,” kata Bojan ditemui di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Selasa (16/1/2024).

1. Tak ada waktu berleha-leha bagi pemain

Pastikan Performa Pemain Tak Kendor, Persib Jadwalkan Uji TandingStefano Beltrame (tengah) saat masuk sebagai pemain pengganti. (instagram.com/persib)

Juru taktik asal Kroasia itu menilai jeda kompetisi ini layaknya pramusim. Pemain tak diizinkan berleha-leha, dan diberikan menu latihan yang menguras tenaga mereka.

“Tapi ini normal, ini seperti pramusim. Hari ini dan besok itu akan menjadi latihan paling berat dan setelah ini, mereka sudah siap untuk bertanding,” ujarnya.

2. Berlatih dua kali dalam sehari

Pastikan Performa Pemain Tak Kendor, Persib Jadwalkan Uji TandingIDN Times/Istimewa

Dalam sesi latihan di jeda kompetisi, pemain bahkan harus berlatih dua kali dalam sehari. Kemudian, mereka juga akan melakukan gim internal dan uji tanding dengan klub lain.

Hal itu guna melihat performa dan kondisi fisik pemain, agar ketika kembali bertanding, pemain kembali dalam performa terbaiknya.

“Hari ini dua kali latihan, besok istirahat. Lalu kami akan memainkan satu game internal, berikutnya kami merancang satu uji coba tapi belum 100 persen terkonfirmasi, jadi saya belum menyebutkan namanya. Tapi kami akan memainkan satu uji coba, tandang,” ujar Bojan.

3. Cari komposisi pas untuk laga melawan Persis Solo

Pastikan Performa Pemain Tak Kendor, Persib Jadwalkan Uji TandingDua pemain Persib Bandung, Rachmat Irianto (kiri) dan Henhen Herdiana (kanan), dalam laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Gedebage, 4 Desember 2023. (Dok. Ofisial Persib Bandung)

Selain melihat performa pemain, gim internal dan uji tanding ini juga untuk menentukan starter yang akan diturunkan pada laga pertama setelah jeda melawan Persis Solo.

“Pemain membutuhkan pertandingan karena intensitasnya berbeda dari latihan. Dan kami juga ingin melihat beberapa pemain, karena bisa dilihat ada dua pemain muda di sini,” ucapnya.

Beberapa pemain yang cedera seperti Rachmat Irianto dan Reky Rahayu juga nasibnya akan ditentukan saat uji tanding nanti.

“Saya juga mau melihat beberapa pemain yang sebelumnya cedera dan sakit. Saya mau melihat bagaiman reaksinya mereka. Jadi saya tahu siapa yang akan disiapkan untuk laga pertama (setelah jeda),” kata Bojan.

Baca Juga: Persib Pinjamkan Tyronne Del Pino ke Klub Liga Thailand

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya