Comscore Tracker

Manajemen Persib Belum Dapat Info Terkait Gugatan Sepakbola Gajah

Persib dan Barito disangka bermain mata pada laga penutup

Bandung, IDN Times - Persib Bandung menjadi salah satu tergugat dalam gugatan yang dilakukan sekelompok pendukung Persipura, terkait dugaan praktik sepak bola gajah dalam pertandingannya melawan Barito Putera. Diketahui pertandingan kedua tim berakhir seri yang membuat Persipura Jayapura harus terdegradasi ke divisi II Liga Indonesia.

Komisari PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan yang berkaitan dengan gugatan tersebut.

"Barusan sudah kami cek (belum terima gugatan). Kalaupun nanti setelah menerima ya kami akan kaji dulu dan pelajari dulu dari sisi hukumnya seperti apa," ujar Kuswara.

1. Perwakilan Persib enggan berkomentar lebih panjang

Manajemen Persib Belum Dapat Info Terkait Gugatan Sepakbola GajahPesepak bola Persib Bandung Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Aditya Putra Dewa (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/2/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Kuswara pun enggan memberikan tanggapan lebih panjang ihwal persoalan ini. PT PBB memilih untuk mendapatkan lebih dulu poin gugatan yang dilayangkan, baru bersedia memberikan tanggapan.

"Jadi mungkin belum bisa memberi tanggapan dulu karena belum lihat gugatannya seperti apa. Sementara seperti itu dulu," ujarnya.

2. Gugatan sudah masuk ke PN Jakarta Pusat

Manajemen Persib Belum Dapat Info Terkait Gugatan Sepakbola GajahIlustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Manajer Persipura, Yan Mandenas berkata bahwa gugatan tersebut sudah masuk daftar Petitum PN Jakarta Pusat (Jakpus). Gugatan tersebut spontan, dan memang tak ada koordinasi dengan manajemen.

"Saya pikir spontanitas mereka lakukan (suporter Persipura menggugat PSSI). Tidak ada komunikasi dan koordinasi, itu spontanitas mereka saja. Saya pikir silakan saja (menggugat), karena itu kan dari para Persipura Mania," ujar Yan kepada wartawan.

Dari sisi manajemen, Persipura akan menentukan sikap dalam beberapa hari ke depan yang menandakan bahwa mereka tidak tinggal diam. Persipura sekarang tengah bersurat pada PSSI, hingga pihak-pihak terkait, soal terdegradasinya tim Mutiara Hitam.

"Saya belum bisa kasih komentar apa-apa, karena baru satu, dua, atau tiga hari lagi akan ada rapat manajemen. Setelah itu pernyataan resmi akan keluar. Prinsipnya Persipura akan merapatkan barisan dan memutuskan sikap resmi," ujar Yan.

3. Isi gugatan terdiri dari 6 poin

Manajemen Persib Belum Dapat Info Terkait Gugatan Sepakbola GajahPemain Persik Kediri saat melawan Persipura FC. IDN Times/ istimewa

PSSI harus segera mengambil sikap dalam beberapa hari ke depan. Sebab, gugatan dari suporter Persipura sudah masuk dalam Pengadilan. Status perkaranya saat ini masih dalam penunjukan jurusita.

Ada enam poin yang digugat oleh Persipura, yakni:

1) Mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya,
2) Membatalkan hasil pertandingan tergugat II (Persib) vs tergugat III (Barito Putera) atau setidak-tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline,
3) Menyatakan pertandingan antara Persib dan Barito Putera adalah memainkan sepak bola gajah yang melanggar prinsip fair play dan merupakan perbuatan melawan hukum yang sangat merugikan para penggugat,
4) Menyatakan klub kebanggaan para penggugat Persipura Jayapura batal degradasi dan tetap sebagai peserta Liga 1,
5) Melarang pemain Persib tergugat IV atas nama David Da Silva untuk bermain dalam kompetisi sepak bola di seluruh Indonesia.
6) Menghukum para tergugat, karena salahnya untuk membayar ganti kerugian kepada para penggugat.

Baca Juga: Heboh Hoaks Persipura Jayapura Batal Degradasi ke Liga 2

Baca Juga: Persipura Degradasi, David da Silva Trending di Twitter

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya