Lawan Arema FC, Ini Strategi Persib Tanpa Diperkuat Lima Pemain

Dua pemain dipanggil untuk seleksi Timnas senior

Bandung, IDN Times - Pertandingan besar antara Persib Bandung melawan Arema FC akhirnya akan digelar, Selasa (12/11). Laga ini sempat tertunda karena kepolisian daerah Jawa Barat tidak memberikan izin Persib Bandung menggelar laga tandang di Stadion Si Jalak Harupat.

Sayang keinginan Maung Bandung untuk membalas kekalahan di Malang dipastikan sulit. Sebab, Persib dipastikan tidak akan diperkuat lima pemain andalannya. Mereka adalah Febri Hariyadi dan Ardi Idrus yang dipanggil seleksi Timnas senior. Kemudian Ezechiel Ndouassel yang juga dipanggil timnas Chad. Selain itu, pemain anyar Kevin dipastikan masih melakukan pemulihan cidera, dan Esteban Vizcarra yang mendapat akumulasi kartu kuning.

"Selamat kepada mereka terutama Ardi karena pertama kalinya masuk timnas. Sayang waktunya tidak tepat untuk Persib," ujar pelatih Persib, Robert Rene Alberts dalam konferensi pers di Graha Persib Bandung, Senin (11/11).

1. Kalau pertandingan sesuai jadwal Persib punya komposisi bagus

Lawan Arema FC, Ini Strategi Persib Tanpa Diperkuat Lima PemainDok.Persib.co.id

Robert pun cukup menyayangkan pertandingan antara Persib melawan Arema di Bandung harus ditunda. Sebab menilik jadwal sebelumnya, Persib sebenarnya diunggulkan dengan komposisi yang pas dan bermain di kandang sendiri.

Meski beberapa pemain Arema dikabarkan mengalami cidera, tapi dari informasi terakhir tim ini bisa memainkan pemain secara penuh. "Jadi situasi ini menguntungkan bagi Arema karena harus bermain di kalender FIFA.

Sedangkan Persib, di lini depan banyak ditinggalkan sejumlah pemain. Ini membuat Robert harus memutar otak dan menyiapkan formasi baru untuk mendulang tiga poin kembali.

2. Sejumlah taktik baru sudah disiapkan

Lawan Arema FC, Ini Strategi Persib Tanpa Diperkuat Lima PemainIDN Times/Debbie Sutrisno

Kehilangan banyak pemain di lini depan jelas akan menyulitkan Persib menggedor pertahanan Arema. Meski demikian Robert tidak ambil pusing. Dia akan memainkan beberapa pemain yang selama ini mengisi bangku cadangan dengan pola taktik yang sedikit berbeda.

Tidak adanya penyerang murni memungkinkan beberapa pemain kemudian diplot di lini depan. Sejauh ini ada pemain yang terlihat antusias dan positif dengan strategi dalam latihan.

"Jadi tim yang menang besok adalah yang berhasrat paling besar, dan saya yakin pemain kami bisa memenangkan pertandingan. Mereka akan menunjukan sikap, karakter, dan dedikasi untuk laga ini," papar Robert.

3. Berharap dukungan Bobotoh

Lawan Arema FC, Ini Strategi Persib Tanpa Diperkuat Lima PemainIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, kapten Persib Bandung, Supardi Nasir berharap pertandingan besok stadion bisa dipenuhi Bobotoh untuk memberikan dukungan langsung di hadapan para pemain. Pertandingan melawan Arema dipastikan tidak gampang sehingga dukungan, nyanyian, dan yel-yel penyemangat tim bisa memberikan suntikan moral lebih.

"Saya berharap Bobotoh memenuhi pertandingan besok. Dan bagaimana pun ini kita butuh Bobotoh," kata Supardi.

Terkait dengan banyaknya pemain yang absen di pertandingan ini, Supardi menilai hal tersebut memang berdampak negatif bagi tim yang sekarang tengah di jalur yang tepat. Meski demikian, strategi yang diujicobakan dalam latihan diyakini bisa menjadi cara Persib merebut tiga angka.

"Pelatih sudah menyiapkan taktik dan strategi yang tentunya bisa kita lihat besok siapa main. Mudah-mudahan siapapun yang bisa dipersiapkan (main) besok berjalan dengan apa yang diinginkan pelatih," pungkasnya.

Baca Juga: Persib vs Arema FC: Duel Dua Tim yang sedang On Fire!

Baca Juga: Nick Kuipers Dinilai Memberi Peran Kebangkitan Persib di Putaran Dua

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya