Comscore Tracker

Kota Bandung Siap Jadi Tuan Rumah Liga IBL Playoff Musim 2022

Ada 8 tim yang akan bertanding di laga ini

Bandung, IDN Times - Kota Bandung siap menjadi tuan rumah pada gelaran Indonesian Basketball League (IBL) Playoff Musim 2022 pada 13-30 Agustus 2022 mendatang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, berdasarkan kondisi COVID-19 di Kota Bandung saat ini, meski telah masuk dalam PPKM Level 1, pembatasan jumlah penonton tetap harus dilakukan.

"Kami menyambut baik penyelenggaraan IBL di Kota Bandung. Dalam peraturan wali kota terbaru, maksimal penonton itu 75 persen. Berarti maksimalnya 2.850 penonton," ujar Yana dikutip dari siaran pers dikutip, Selasa (26/7/2022).

1. Penonton yang datang harus sudah menerima vaksin booster

Kota Bandung Siap Jadi Tuan Rumah Liga IBL Playoff Musim 2022ilustrasi vaksinasi booster (unsplash.com/isengrapher)

Ia menjelaskan, dalam Perwal nomor 80 tahun 2022, Pemkot Bandung telah menyaratkan vaksin booster atau dosis III sebelum seseorang bisa datang dan menyaksikan IBL 2022.

"Mudah-mudahan bisa menjaring banyak orang lagi untuk booster. Meski bukan jadi persyaratan nonton, tapi jadi salah satu ikhtiar kita untuk orang-orang yang mau booster," kata dia.

Yana juga berharap, melalui kegiatan ini perekonomian Kota Bandung bisa meningkat pesat.

"Semoga dengan kegiatan ini perekonomian Kota Bandung meningkat, hotel-hotel penuh, mereka bisa stay di Kota Bandung, bisa jalan-jalan dan membantu UMKM di sini," papar Yana

2. Ada 8 tim yang akan bertanding di Bandung

Kota Bandung Siap Jadi Tuan Rumah Liga IBL Playoff Musim 2022Rivaldo Tandra Pangesthio di IBL Pertamax 2021. (instagram.com/rivaldotandra)

Sementara itu, Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah menuturkan, ada 8 tim terbaik yang akan bertanding pada playoff nanti. Salah satunya adalah tim dari Kota Bandung, Prawira Bandung.

"Terdapat 120 pemain lokal, 16 pemain asing, 146 panitia dan pengawas protokol kesehatan. Untuk memfilter agar pemain tidak bersinggungan langsung dengan penonton dan media, kami sudah membuat skema alur," kata Junas.

Bahkan, penyelenggara juga menyediakan gerai untuk booster bagi para penonton yang belum vaksin dosis III.

"Untuk lokasinya di C-Tra Area Bandung. Pembelian tiket hanya online untuk meminimalisasi penumpukan antrean. Penonton bisa beli tiket mulai dari 14 hari sebelumnya atau H-1 pertandingan," tuturnya.

3. Ini daftar tim yang bakal bertanding di laga play-off

Kota Bandung Siap Jadi Tuan Rumah Liga IBL Playoff Musim 2022Laga amal RANS PIK dan West Bandits Solo. (Dok. Istimewa)

Gelaran IBL 2022 hampir mencapai puncaknya, di mana delapan tim sudah memastikan satu tempat di babak playoff. Mereka akan saling adu sikut demi meraih gelar juara di akhir musim.

Ke delapan tim yang telah dipastikan lolos itu adalah Pelita Jaya Jakarta, Satria Muda Jakarta, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, serta RANS PIK Basketball. Mereka rencananya akan saling beradu lagi pada Agustus 2022.

Menilik daftar tim yang lolos ini, terasa betul dominasi dari tim-tim yang berasal dari Divisi Putih IBL 2022. Tercatat, ada enam tim Divisi Putih yang sukses mengunci tempat.di.babak playoff.

Mereka adalah Prawira, Pelita Jaya, Amartha Hangtuah, NSH Mountain Gold, Dewa United, dan RANS PIK. Sedangkan dari Divisi Merah, hanya Satria Muda dan West Bandits saja yang sukses lolos ke babak play-off. Hal ini tak lepas dari menonjolnya kekuatan dari tim-tim Divisi Putih.

Baca Juga: Menang Tipis, Tim Putih Juara IBL All Star 2022

Baca Juga: 8 Tim Siap Bertarung di Play-Off IBL 2022

Baca Juga: IBL 2022 Catatkan Keberhasilan Berkat Reformulasi Format

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya