Cerita Mateo Kocijan Pilih Persib Bandung Dalam Perjalanan Karirnya 

Dia lama bermain di Eropa

Bandung, IDN Times - Pemain anyar Persib Bandung, Mateo Kocijan, sudah memulai latihan bersama tim. Dia harus beradaptasi dengan kondisi suhu di Bandung dan Indonesia setelah lama bermain di luar negeri

Sebelum bergabung dengan Persib, Kocijan tercatat sebagai pemain klub Superliga Albania, FK Partizani pada musim 2023/2024. Klub lain yang pernah dibelanya di Kroasia antara lain Slaven Belupo Koprivnica dan NK Borac Imbriovec.

"Saya sangat senang dan bersyukur bisa datang ke sini dan klub ini, Persib. Saya sangat senang karena di sini ada banyak fans. Saya harap kami bisa meraih juara lagi," ujar Kocijan, Jumat (12/7/2024).

1. Ditawari Bojan ikut ke Indonesia

Cerita Mateo Kocijan Pilih Persib Bandung Dalam Perjalanan Karirnya Instagram

Menurutnya, kedatangan dia ke Bandung tak terlepas dari panggilan yang dilakukan Bojan Hondak. Bojan disebut sudah melihat permainannya dan ingin agar Kocijan bermain di Persib karena tim ini butuh sosok yang bisa berada di posisi gelandang bertahan.

"Karena dia (Bojan) masih butuh satu pemain lagi di posisi tersebut. Dedi juga bermain di posisi tersebut. Tentu saja saya bersedia untuk hadir di sini karena Persib adalah klub terbesar di sini, saya sangat senang karena itu," kata dia.

2. Tak masalah dengan kondisi cuaca

Cerita Mateo Kocijan Pilih Persib Bandung Dalam Perjalanan Karirnya Persib.co.id

Dia tak menampik bahwa udara di Bandung lebih panas ketimbang di kawasan Eropa termasuk di Albania. Namun, itu tetap harus dilewati sehingga dirinya butuh waktu agar bisa menyesuikan diri sehingga tak bersoal ketika bermain dengan kondisi sekarang.

"Ini sama seperti Kroasia sekarang, hanya saja di Kroasia lebih banyak udara. Saya harap saya bisa menyesuaikan di sini sebaik mungkin.

3. Dia bisa bermain juga sebagai bek

Cerita Mateo Kocijan Pilih Persib Bandung Dalam Perjalanan Karirnya Mateo Kocijan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Interim Director of Sports PT PERSIB Bandung Bermartabat, Adhitia Putra Herawan menjelaskan, perekrutan Kocijan merupakan hasil evaluasi dan rekomendasi pelatih Bojan Hodak yang membutuhkan tambahan pemain di lini pertahanan.

"Pelatih membutuhkan tambahan pemain untuk memperkuat lini pertahanan. Pilihan dan rekomendasi yang disampaikan pelatih adalah Mateo Kocijan," ujar Adhit, Rabu (3/7/2024).

Pertimbangan lain yang disampaikan Bojan, selain sebagai bek tengah, Kocijan juga terbiasa dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Adhit berharap, Kocijan bisa memberikan kontribusi besar buat Pangeran Bitu sepanjang Liga 1 2024/2025. Sebab, pada musim ini Persib punya tugas berat untuk mempertahankan gelar juara yang direbutnya pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Baca Juga: PSM Makassar Pastikan Ikut Piala Presiden 2024, Segrup dengan Persib?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya