24 Tim Basket 3x3 Terbaik se-Jabar akan Bertanding di Gor Saparua 

Mereka bermain di ajang Mandiri 3X3 Indonesia Tournament

Bandung, IDN Times - Sebanyak 24 tim basket terbadik di Jawa Barat akan bertanding di Kota Bandung dalam ajang Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2023. Tim-tim tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi di Kota Depok dan Cirebon.

Chaerul Anwar Azis External Relations Supersport Sensation (SSS) mengatakan, ke 24 tim ini berasal dari 12 tim masing-masing dari Kota Cirebon dan Depok dengan kategori U-18 dan U-23 baik putra maupun putri. Pertandingan di Kota Bandung bakal diselenggarakan di Gor Saparua pada 6 Mei 2023.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan tahun kedua. Pada gelaran pertama terdapat 3.000 peserta yang ikut, sedangkan tahun ini jumlahnya dikurangi untuk mendapatkan pemain yang lebih kompetitif.

"Untuk tahun ini saja ada 500 peserta gabungan dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Itu belum digabung dengan Yogyakarta-Jawa Tengah, dan Jakarta," kata Chaerul dalam konferensi pers di Bandung, Rabu (3/5/2023).

1. Upaya mencari talenta basket dari penjuru daerah

24 Tim Basket 3x3 Terbaik se-Jabar akan Bertanding di Gor Saparua 

Chaerul mengatakan, turnamen ini telah berkoodinasi dengan Perbasi dan FIBA. Sehingga para pemain yang mempunya statisik bagus selama kompetisi kemudian banyak yang seleksi dengan tim di IBL maupun untuk masuk tim nasional basket 3x3.

Dalam penyelenggaraannya, kompetisi basket 3x3 ini tidak hanya didesain untuk sekedar berjalan, melainkan mempersiapkan anak muda yang merencanakan berkarir di bidang olahraga.

"Karena sekarang basket 3x3 juga sangat digandrungi anak muda dan sudah ada di berbagai kompetisi internasional seperti Seagames, Asean Games, hingga Olimpiade," ujarnya.

Menurutnya, selama ini kompetisi basket 5x5 sudah cukup banyak diselenggarakan. Berbeda dengan 3x3 yang masih jarang, padahal peminatnya banyak. Maka, dengan adanya kompetisi ini diharapkan keinginan anak muda untuk terjun secara profesional pada olahraga basket 3x3 makin tinggi.

2. Pembinaan atlet harus dimulai dari usia dini

24 Tim Basket 3x3 Terbaik se-Jabar akan Bertanding di Gor Saparua Timnas basket Indonesia (IDN Times/Hasudungan)

Ketua KONI Bandung, Nuryadi menyambut baik kegiatan ini. Selama ini Bandung kerap menyumbang para pemain basket baik dalam IBL maupun tim nasional.

Dengan kompetisi Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2023 diharapkan semakin banyak anak muda dari Bandung termasuk di Jawa Barat bisa kembali tampil di kancah nasional bahkan internasional.

Sebab, untuk mencetak para atlet yang bisa menyumbangkan medali emas dalam sebuah perhelatan besar tidak bisa hanya berlatih satu atau dua tahun. Perlu pembinaan termasuk lewat kompetisi seperti ini.

"Untuk dapat emas itu perlu jalan panjang. Makanya harus ada kegiatan seperti ini termasuk dukungan dari klub," ujarnya.

3. Dispora siap bangun gor khusus basket 3x3

24 Tim Basket 3x3 Terbaik se-Jabar akan Bertanding di Gor Saparua IDN Times/Debbie Sutrisno

Perwakilan dari Dispora Bandung, Hendi mengatakan bahwa infrastuktur di kota ini sudah cukup baik untuk melahirkan atlet di berbagai cabang olahraga termasuk basket. Meski belum ada tempat khusus untuk kegiatan basket 3x3, tapi sejumlah sarana olahraga bisa dipakai untuk kegiatan tersebut.

Dia tidak menampik Pemkot Bandung memang masih memerlukan bantuan dari pihak swasta dalam pengembangan sarana olahraga. Ketika kompetisi basket 3x3 semakin ramai, bukan tidak mungkin Pemkot menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk menyediakan infrastuktur yang lebih baik.

"Kalau ini (kompetisi 3x3) eksis terus di Bandung harusnya sponsor dan lainnya bisa masuk dan membangun (infrastruktur di Bandung. Nanti tinggal ditelahaan di mana lapangan yang cocok," kata dia.

Baca Juga: Menpora Dito Pamer Skill di Latihan Timnas Basket 3x3

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya