Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan loh

Coba deh, diam-diam perhatikan kebiasaan orangtuamu

Selama ini, kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa ada fitur pada tubuh maupun sifatmu yang mirip dengan yang dimiliki oleh orangtua. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata 9 hal ini juga merupakan turunan? Dilansir dari berbagai sumber, cek di sini deh ada apa aja!

1. Toleransi terhadap rasa sakit

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohunsplash.com/timothypaulsmith_436850_sink

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan rambut merah secara alami memiliki toleransi terhadap rasa sakit lebih baik dengan mereka yang terlahir pirang atau brunette sekalipun. Selain itu, peneliti Denmark dari Aalborg University juga menemukan bahwa mereka yang berambut merah tidak lebih sensitif dengan kandungan capsaicin pada cabai.

2. Tangan berkeringat

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohunsplash.com/davidfanuel

Bila kamu mengalami tangan yang berkeringat secara berlebihan dan kronis, besar kemungkinan DNA jadi penyebabnya. Peneliti UCLA menemukan bahwa dua per tiga pasien yang mengalami hiperhidrosis memiliki riwayat keluarga serupa.

3. Insomnia

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohblog.castbox.fm

Ada sangat banyak alasan dapat mengalami insomnia dan salah satunya adalah karena keturunan keluarga. Sebuah tim peneliti internasional baru-baru mengindentifikasi tujuh gen yang dapat menyebabkan seseorang berisiko insomnia. Selain itu, mereka juga menemukan adanya tumpang tindih genetik yang kuat antara insomnia dengan gangguan kecemasan, depresi, dan neurotisisme.

4. Jenis diet yang cocok

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohtodayonline.com

Menurut laporan Genetics Society of America, jenis diet yang cocok untukmu juga memiliki korelasi dengan genetik. Hmm.. kalau selama ini diet yang kamu lakukan kurang cocok, tak ada salahnya untuk coba berguru dengan orang tuamu.

Baca Juga: Wow, 8 Hal Penting Ini Ternyata Disebabkan oleh Faktor Genetik Lho!

5. Kegemaran dengan makanan manis

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohunsplash.com/prudenceearl

Sebuah studi di University of Guelph menemukan bahwa sekitar 80 persen anak kecil membawa setidaknya satu tipe gen yang membuat mereka lebih ingin mengemil makanan manis dibandingkan sayuran. Studi lain juga menunjukkan bahwa sayuran terasa lebih pahit bagi beberapa orang.

6. Sudut pandangmu dalam menilai sesuatu

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohupout.com

Hasil studi yang dipublikasikan di Proceedings of The National Academy of Sciences memperlihatkan hal ini. Gen OXTR merupakan gen yang memengaruhi hormon oksitosin sekaligus memengaruhi caramu menilai sesuatu. Walau begitu, tentu saja ya, ada banyak juga faktor lain yang dapat membuatmu jadi lebih pesimis atau optimis dalam hidup.

7. Rasa percaya

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohunsplash.com/huyphan2602

Merasa begitu mudah atau justru sulit percaya dengan orang lain? Coba lihat bagaimana karakter ini pada orangtuamu. Pasalnya, peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa kondisi ini sebanyak 30 persen disebabkan oleh faktor keturunan.

8. Keagresifan saat masih kecil

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohunsplash.com/benwhitephotography

Anak kecil yang begitu agresif tidak semata disebabkan karena kurangnya kasih sayang atau cara mendidik orangtua yang kurang tepat. Peneliti dari University of Michigan membuktikan bahwa faktor genetik berperan lebih banyak dibandingkan faktor lingkungan. Namun, seiring bertambahnya usia, tingkat keagresifan ini dapat menurun karena adanya faktor edukasi dan wawasan lainnya.

9. Jam tidur

Ternyata 9 Karakter dan Kebiasaan Kita Ini Merupakan Turunan lohthecultureist.com

Seperti insomnia, kebiasaan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi atau sebaliknya juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan, lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan 23andMe di tahun 2016 menemukan bahwa ada 15 area pada genome manusia memiliki korelasi terhadap hal ini. Satu di antaranya bahkan dapat meningkat hingga 15 persen dan membuatmu termasuk ke dalam morning person atau tidak.

Selain sembilan hal di atas, masih ada beberapa hal unik lainnya yang boleh jadi disebabkan faktor keturunan seperti bersin saat menghadap cahaya matahari, suka atau benci untuk berolahraga, hingga kebiasaan minum kopi. Wah wah wah, seru juga, ya!