Comscore Tracker

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandung

Ada ikatan batin yang terjalin dalam hubungan darah

Untuk mengetahui hubungan darah dari seorang anak dan orangtuanya, biasanya para ahli menyarankan untuk melakoni tes DNA. Meskipun begitu, tes ini tergolong mahal sehingga sulit untuk dilakukan semua orang.

Ternyata selain tes DNA, ada cara mengetahui anak kandung atau bukan yang cukup sederhana. Kira-kira apa saja ya?

1. Golongan darah

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandungreportshealthcare.com

Tes golongan darah merupakan salah satu cara yang tidak terlalu mahal untuk mengetahui apakah seseorang adalah anak kandungmu. Cara mengetahuinya pun cukup mudah.

Apabila anak memiliki golongan darah yang sama dengan ibu atau ayahnya, kemungkinan ia anak kandung, semakin besar. Meskipun begitu, bukan berarti apabila anak memiliki golongan darah berbeda, ia bukan anak kandung.

Terdapat kriteria tertentu yang bisa menentukan perbedaan golongan darah ini. Misalnya, pasangan bergolongan darah A dan B, mungkin mendapatkan anak bergolongan darah O dan AB. 

2. Tes warna mata

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandungpexels.com/Daria

Selain tes golongan darah, tes warna mata juga bisa melihat apakah seseorang merupakan anak kandung atau bukan. Tes ini didasarkan pada teori tentang gen dan bagaimana mereka diwarisi dari orangtua kandung.

Dari teori ini, umumnya, warna mata anak tidak akan berbeda jauh dari warna mata orangtua kandungnya.

3. Kemiripan fisik

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandunghancinema.net

Tidak perlu melakukan tes, orangtua bisa mengetahui apakah anak kandung atau bukan dengan melihat kemiripan fisik. Apakah ada kemiripan wajah atau anggota tubuh lainnya?

Cara ini tentu mudah diterapkan karena orangtua merupakan pewaris genetik kepada anak. Sehingga, sudah sewajarnya terdapat kemiripan fisik, seperti mimik wajah, bentuk hidup, bentuk bibir, dan lainnya.

Baca Juga: Bak Anak Kandung, 10 Artis Ini Pandai Mencuri Hati Calon Anak Sambung

4. Kemiripan kepribadian

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandunghancinema.net

Selain kemiripan fisik, kemiripan karakter juga bisa menjadi tolak ukur apakah seseorang anak kandung atau bukan. Cara ini mungkin sulit namun logis karena karakter yang terbentuk merupakan warisan dari sel telur dan sperma ayah dan ibu.

National Center for Biotechnology Information juga menjelaskan bahwa melihat karakter dan perilaku anak, dapat menjadi cara mengetahui anak kandung atau bukan. Akan jadi hal yang ganjil bila ternyata anak tak mewarisi sama sekali sifat dari ayah dan ibunya.

5. Ikatan batin

Gak Ribet Tes DNA, Ini 5 Cara Memastikan Keaslian Anak Kandunghancinema.net

Cara terakhir mengetahui anak kandung atau bukan adalah ikatan batin. Biasanya, mereka yang memiliki satu darah, akan terkoneksi kuat secara batin. Ini karena adanya aliran darah dari orangtua kepada anak.

Untuk mengetahui ikatan batin ini memang cukup sulit, namun kerap dirasakan secara alami dan tiba-tiba. Misalnya, saat orangtua dan anak berjauhan, kerap timbul naluri yang sangat kuat apabila sesuatu terjadi pada anaknya.

Itu tadi 5 cara mengetahui anak kandung atau bukan. Gak perlu bingung lagi, ya!

Baca Juga: 5 Bahaya Orangtua Terlalu Mudah Memberi Maaf Atas Kesalahan Anak 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya