Comscore Tracker

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turun

Laba-laba tinggalkan sarang ternyata salah satu petanda

Hujan memang sebuah berkah, tapi menjadi kendala bagi sebagian orang yang memiliki akivitas di luar rumah. Bagi sebagian orang itu, pergi ke luar rumah tanpa persiapan akan hujan menjadi sesuatu yang patut dihindari.

Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui tanda-tanda alam bahwa hujan akan turun. Dengan begitu, kalian bisa mempersiapkan segala kemungkinan. Simak artikel berikut.

1. Pagi Hari Tidak Ada Embun pada Tanaman

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turunbritannica.com

Pada pagi hari, biasanya tumbuh-tumbuhan berembun. Namun, jika pagi itu rumput dan tanaman terlihat kering tanpa adanya embun, hal itu bisa menandakan bahwa pada hari tersebut bakal turun hujan. Tidak adanya embun menandakan kondisi angin dan awan sedang kencang.

2. Laba-Laba Meninggalkan Sarangnya

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turundeviantart.com

Jika di tempat kalian masih banyak laba-laba kecil bersarang di pepohonan maka kalian bisa menjadikannya acuan untuk mengetahui beberapa saat lagi akan hujan atau tidak. Laba-laba akan meninggalkan sarangnya jika hujan dan mencari tempat untuk berteduh.

3. Semut Membangun Sarang Tinggi

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turunsnoupes.com

Koloni semut biasanya membangun sarang di dalam tanah. Namun, ketika hujan akan turun mereka akan berbondong-bondong berpindah dan membuat sarang yang tinggi untuk melindungi diri dari hujan dan cuaca buruk.

Baca Juga: 7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!

4. Kawanan Burung Terbang Rendah

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan TurunPixabay.com/marcelkessler-3217273

Ketika hujan akan turun, tekanan udara bakal meningkat. Hal itu menyebabkan para burung akan terbang rendah dan berputar-putar pada titik tertentu. Angin yang kencang juga cukup mengganggu kawanan burung untuk terbang.

5. Langit Memerah di Pagi Hari

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turunscoopnest.com

Sunrise biasanya diburu para pendaki gunung dan juga orang-orang yang sedang berlibur di pinggir pantai. Siapa sangka sunrise juga bisa menandakan cuaca pada hari itu.

Jika pagi hari langit terlihat memerah maka hal tersebut menandakan udara kering bergerak melewati kita dan udara lembap bakal menghampiri. Dapat dipastikan hujan lebat akan datang.

6. Aroma Alam

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turununsplash.com/Toomas Tartes

Tarik napas dalam-dalam dan rasakan aroma dari sekitar. Jika kalian mencium bebauan tertentu seperti aroma tanah dan tumbuhan maka ini mengindikasikan hujan bakal turun. Udara lembap akan memicu tumbuhan dan lingkungan sekitarnya untuk melepaskan aroma yang kuat.

7. Arah Angin

Tidak Hanya Langit Mendung, Ini 7 Tanda Alam Bahwa Hujan Akan Turunpixabay/12019

Arah angin juga bisa menandakan datangnya hujan. Untuk mengetahuinya, basahi jari kalian lalu acungkan ke atas. Rasakan embusan angin datangnya dari arah mana. Jika angin bergerak dari utara atau timur maka kemungkinan cuaca hari itu baik-baik saja. Namun, jika berasal dari barat maka cuaca buruk akan segera datang.

Itulah 7 tanda alam yang bisa memprediksi datangnya hujan. Kalau sudah tahu kemungkinan hari itu bakal hujan segera siapkan hal yang diperlukan. Seperti kata pepatah, sedia payung (atau jas hujan juga boleh) sebelum hujan ya!

Baca Juga: 8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya