Comscore Tracker

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenang

Siapa nih penikmat suara rintik hujan atau debur ombak?

Pernah gak sih, ketika kita suntuk lalu rintik hujan datang, tiba-tiba membuat hati kita menjadi lebih tenang? Atau ketika kita bersantai di pinggir pantai, suara debur ombak membuat jiwa kita menjadi damai? Seolah-olah, semua permasalahan yang kita alami lenyap untuk sementara.

Faktanya, menurut sains, mendengar suara alam memang bisa membuat hati kita tenang. Bagaimana penjelasannya secara ilmiah? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Suara yang pelan dan tenang tidak dianggap sebagai sebuah ancaman

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenangallthe2048.com

Mengapa jiwa kita menjadi tenteram dan damai setelah mendengar suara-suara tertentu? Seperti gemericik air terjun atau rintik hujan misalnya. Rupanya, menurut Orfeu Buxton, profesor dari Pennsylvania State University dalam laman Live Science, suara yang pelan dan tenang ini bukan merupakan ancaman dan bisa membuat jiwa kita damai.

2. Bisa membantu kita tertidur lebih cepat

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenanggiphy.com

Semua orang menyukai suara hujan karena dapat membantu kita lebih rileks dan membuat kita tertidur lebih cepat. Ini bukan rahasia dan banyak orang menggunakan trik ini untuk membuat mata mereka terpejam.

Di sisi lain, karena terlalu rileks, kita juga akan merasa kesulitan bangun ketika sedang terjadi hujan di luar. Terlebih, ketika suhu menjadi lebih dingin, rasanya lebih baik meringkuk di balik selimut seharian deh!

3. Yang membuat kita tenang adalah karakteristik suara, bukan dari volume

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenangsteemit.com

Sementara itu, suara bising tentunya akan membuat kita kesulitan tidur. Faktanya, karakteristik suara lebih penting dari volume dalam membuat tubuh dan pikiran kita rileks. Ini bisa memicu kewaspadaan yang diaktifkan di otak dan mengejutkan kita dari tidur, ungkap laman Live Science.

Jenis kebisingan dari debur ombak misalnya, jika diawali dengan suara yang lembut lalu perlahan-lahan naik volumenya, maka bisa membuat kita bangun dengan perasaan yang tenang. Berbeda dengan ketika kita tertidur lalu mendengar suara dering telepon yang menembus keheningan dan akan mengagetkan serta membuat jantung berdebar.

4. Bisa menyembuhkan dan menguatkan otak

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenanggfycat.com

Lebih lanjut, suara alam seperti debur ombak juga bisa menentramkan jiwa. Profesor Orfeu Buxton menjelaskan bahwa suara ombak dapat membantu kita mencapai kondisi meditasi serta terbukti menyembuhkan dan menguatkan otak, jelasnya di laman Inc.

Suara ombak ini dikombinasikan dengan aroma laut dan langit biru, di mana kombinasi ketiganya adalah suatu obat yang mujarab untuk menyembuhkan stres. Tak heran, setelah kita pulang dari pantai, rasanya seolah-olah beban hidup kita sedikit terangkat!

Baca Juga: Fakta Ilmiah Seputar Petrichor, Wewangian Khas Ketika Turun Hujan

5. Tak hanya itu, suara kicau burung pun membuat kita rileks

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenangrebloggy.com

Para peneliti sepakat bahwa suara alam dapat memiliki efek kuat pada kesejahteraan diri kita. Selain itu, mendengarkan suara ini bisa menenangkan dan mengangkat suasana hati kita, menenangkan saraf dan mengurangi rasa sakit, jelas laman Jabra.

Ini termasuk suara kicau burung yang bisa menenangkan jiwa kita. Para ahli mengungkapkan bahwa selama ribuan tahun masa evolusi, kita mempersepsi bahwa adanya suara kicau burung menandakan bahwa lingkungan yang kita tinggali aman. It's not only relaxing, but also soothing!

6. Dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenanggiphy.com

Bukan hanya membantu kita tertidur lebih cepat, suara alam juga bisa mengurangi stres dan dapat meningkatkan produktivitas, lho! Bahkan, walaupun kita hanya mendengarkan suara alam itu selama beberapa menit saja, ternyata bisa memberikan efek nyata pada suasana hati kita di hari itu, ungkap laman The Fabulous.

Mendengar suara alam tidak harus dilakukan dengan cara pergi ke alam langsung. Tetapi, bisa dilakukan dengan mendengarkannya lewat perantara teknologi, seperti mendengar di YouTube atau kanal lain misalnya. FYI, orang dengan tingkat stres yang tinggi akan lebih rileks ketika mendengar suara alam dibanding mereka yang tingkat stresnya lebih rendah.

7. Bisa meningkatkan mood dan kemampuan kognitif kita

Ini 7 Fakta Ilmiahnya Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenanggiphy.com

Terakhir, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Acoustical Society of America (ASA) mengungkapkan bahwa memainkan suara-suara alami seperti air yang mengalir dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kemampuan kognitif, seperti yang dikutip di laman Science Daily. Tak perlu susah payah untuk membuat kita good mood, cukup dengarkan saja suara alam, ya!

Nah, itulah penjelasan mengapa suara alam bisa membuat hati kita tenang. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Menenangkan, 5 Lagu Country Ini Cocok Didengarkan saat Santai

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You