Comscore Tracker

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sana

Hewan yang hidup di laut dangkal dan dalam sangat berbeda

Setiap tanggal 8 Juni selalu diperingati sebagai hari laut sedunia. Konsep ini digagas pada tahun 1992 dan bertujuan untuk membuat perubahan yang berarti bagi laut. Meskipun 70 persen bagian bumi terdiri dari laut, namun kesadaran tentang laut masih jauh dari cukup. Termasuk, kepedulian terhadap hewan-hewan laut dan kelestariannya.

Tahukah kamu bahwa hewan-hewan tersebut tinggal berdasarkan kedalaman laut tertentu? Seperti apa perbedaan hewan yang tinggal di laut dangkal dan laut dalam? Let's find out!

1. Mengenal pembagian zona kedalaman laut terlebih dahulu

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanadeepoceanproject.weebly.com

Sebelum beranjak lebih jauh, mari mengenal soal pembagian zona kedalaman laut terlebih dahulu. Setidaknya, zona kedalaman laut dibagi menjadi lima lapisan. Yaitu sunlight zone, twilight zone, midnight zone, the abyss dan the trenches, menurut laman WNCT.

Perbedaan yang mencolok di antara 5 lapisan tersebut adalah soal kedalaman. Tiap zona ditinggali oleh hewan-hewan laut yang berbeda, khas dan spesifik. Selain itu, semakin dalam zona, semakin sedikit sinar matahari yang mampu menjangkaunya. That's why, semakin dalam laut, semakin gelap dan berkuranglah cahaya.

2. Dimulai dengan sunlight zone

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanabeyondtheabyssaldepths.wordpress.com

Dari yang terdangkal, kita punya sunlight zone. Zona ini dimulai dari permukaan laut hingga 700 kaki (213 meter). Masih disinari oleh cahaya matahari membuat zona ini memiliki suhu yang hangat. Sebagian besar hewan laut hidup di zona ini, begitu pula dengan photoplankton. Hewan ini menjadi makanan utama bagi sebagian hewan laut.

Contoh hewan yang hidup di sunlight zone adalah hiu, ikan pari, penyu, ubur-ubur, bintang laut, terumbu karang, ikan tuna, ikan paus, gurita, kerang, kepiting, belut, anjing laut, lobster, salmon, kuda laut, anemon, udang, cumi-cumi dan masih banyak lagi. 

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaearthjustice.org
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanatheworldincorporated.com
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaox.ac.uk

3. Lalu turun ke twilight zone

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanamontereybayaquarium.org

Di bawah sunlight zone, ada twilight zone. Zona ini memanjang antara 700 kaki (213 meter) hingga 3.280 kaki (1 km). Sangat sedikit cahaya matahari yang mencapai zona ini sehingga laut terlihat redup. Ikan yang lebih besar seperti paus dan cumi-cumi raksasa menyelam ke tempat ini untuk mencari makanan.

Tak hanya itu, hewan laut yang hidup di kedalaman ini mulai tampak aneh wujudnya. Ikan yang hidup antara lain ikan lentera, ikan rattalk, ikan kapak, viperfish hingga ubur-ubur yang berbeda dengan ubur-ubur di lautan dangkal. Beberapa hewan laut yang tinggal di zona ini bisa mengeluarkan cahaya, istilahnya adalah bioluminesensi.

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaiucnredlist.org
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaanswersingenesis.org
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sananature.com

4. Masih turun lagi ke midnight zone

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanayoutube.com

Semakin dalam kita menjelajah, lautan menjadi semakin gelap. Di bawah twilight zone, ada midnight zone dengan kedalaman antara 3.280 kaki (1 km) hingga 13.125 kaki (4 km). Zona ini sangat gelap sehingga cahaya hanya diproduksi oleh hewan laut itu sendiri. Tekanan air pada kedalaman ini sangat besar, yaitu 5.850 pon per inci.

Uniknya, meski tekanan air besar, masih ada hewan yang bisa ditemukan di sini! Paus sperma diketahui bisa menyelam hingga ke midnight zone untuk mencari makanan. Selain itu, makhluk yang hidup di zona ini antara lain adalah angler fish, ikan tripod, teripang, cumi-cumi vampir, black swallower dan lain sebagainya, tutur Missouri Botanical Garden.

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanamontereybayaquarium.org
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanapinterest.com
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaallthatsinteresting.com

Baca Juga: 7 Ikan Unik yang Hanya Bisa Ditemui di Lautan Maumere, Yuk Diving!

5. Masih berlanjut hingga abyssal zone

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sananpr.org

Mari kita menyelam lebih dalam dan bertemu dengan abyssal zone. Zona ini memanjang antara 13.125 kaki (4 km) sampai 19.690 kaki (6 km). Suhu di sini dingin dan hampir beku, sekitar 32° F (0° C) dan tidak ada cahaya sama sekali! Artinya, laut di zona ini sangat dingin, beku dan gelap. Tekanan airnya pun jauh lebih besar.

Sangat sedikit makhluk yang bisa ditemukan di kedalaman ini. Hewan yang tinggal di dalamnya antara lain adalah hewan invertebrata seperti basket star fish, cumi-cumi kecil dan lain sebagainya.

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanatelegraph.co.uk
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanawallpapers.gg
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaanimalia-life.club

6. Berakhir di trenches zone

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaecomagazine.com

Inilah zona terdalam dari lautan: the trenches zone! Zona ini memiliki kedalaman antara 19.690 kaki (6 km) hingga 35.797 kaki (11 km). Suhunya bisa mencapai di bawah titik beku dan memiliki tekanan hingga 8 ton per inci persegi. Tekanan ini setara dengan 48 buah pesawat Boeing 747! Crazy, isn't it?

Meskipun berada dalam lingkungan yang ekstrem, nyatanya masih ada tanda-tanda kehidupan di sini. Zona ini juga dikenal sebagai zona hadal dan diketahui memiliki kekurangan cahaya, ketersediaan makanan yang rendah dan memiliki tekanan hidrostatik yang sangat tinggi. Contoh hewan yang hidup di zona ini adalah cacing tabung raksasa, foraminifera, spesies khusus bintang laut hingga belut cusk.

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanarealmonstrosities.com
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanachinadialogueocean.net
Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanaeducalingo.com

7. Masih banyak spesies hewan yang belum diidentifikasi di zona terdalam lautan

Tengok Yuk! 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sanamashable.com

Berbagai eksplorasi dan penelitian terhadap hewan laut telah dilakukan. Namun, faktanya hingga kini 90 persen dari lautan belum dijelajahi. Terlebih, di zona laut dalam yang berisiko tinggi dapat mengancam keselamatan manusia. Alhasil, spesies makhluk bawah laut kita masih banyak yang belum diidentifikasi. 

Padahal, hewan di lautan terdalam sangat magis. Mereka memiliki bentuk yang berbeda dari hewan laut dangkal. Karena ketiadaan cahaya dan suhu yang ekstrem, menjadikan spesies lautan dalam jadi buta, tidak memiliki warna cerah dan memiliki sistem metabolisme yang lambat, ungkap laman Two Oceans Aquarium.

Nah, itulah jenis-jenis hewan yang hidup berdasarkan kedalaman laut. Lautan itu menakjubkan, setuju tidak?

Baca Juga: 10 Fakta Mencengangkan tentang Tempat Terdalam di Bumi, Palung Mariana

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You