Comscore Tracker

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!

Bukan cuma siput, lho!

Jika berbicara soal hewan dengan gerakan paling lambat, kamu pasti langsung terbayang siput. Padahal, masih ada hewan-hewan lain yang memiliki gerakan lambat. Hewan ini terdiri dari mamalia, reptil, moluska sampai nematoda.

Mau tahu, apa saja hewan dengan gerakan paling lambat di dunia? Temukan jawabannya di bawah ini! Happy reading!

1. Koala

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!koala.net

Pertama, ada koala (Phascolarctos cinereus), hewan endemik asli Australia yang suka makan daun eukaliptus. Meski terlihat menggemaskan, gerakan koala tergolong lambat! Bayangkan, kecepatan maksimal mereka hanya 10 kilometer per jam! Selain memiliki gerakan lambat, mereka juga bisa tidur hingga 20 jam per hari.

2. Kura-kura raksasa Galapagos

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!thehindu.com

Memegang rekor sebagai kura-kura terbesar di dunia saat ini, kura-kura raksasa Galapagos bergerak sangat lambat. Saking pelannya, mereka hanya bisa menempuh jarak kurang dari 1 mil (1,6 kilometer) dalam satu jam! Alasan kura-kura ini bergerak lambat adalah berat tubuhnya yang mencapai 417 kg dan mempunyai metabolisme yang pelan.

3. Bintang laut

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!mnn.com

Rata-rata bintang laut memiliki lima kaki sebagai alat geraknya. Namun, gerakannya tergolong lambat! Kecepatan maksimal bintang laut hanya 6 inci (15,24 cm) per menit. Itulah mengapa, mereka mengandalkan ombak dan arus air untuk bergerak. Gerakan yang lambat ini membuat bintang laut menjadi santapan ikan hiu, ikan pari dan kepiting.

4. Siput kebun

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!pestwiki.com

Kita selalu mengasosiasikan seseorang yang lambat dengan siput. Sebab, hewan dengan nama latin Cornu aspersum ini bergerak sangat pelan. Kecepatan maksimal siput adalah 1,3 cm per detik. Uniknya lagi, siput akan mengeluarkan lendir saat mereka bergerak. Sekresi lendir terjadi karena ketidakmampuan bergerak di permukaan keras.

Baca Juga: Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Dunia

5. Monster gila

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!sltrib.com

Dengan empat kakinya, biasanya kadal bergerak sangat cepat. Namun, berbeda dengan kadal bernama monster gila (Heloderma suspectum).

Kecepatan maksimal monster gila hanya 1,6 kilometer per jam. Pergerakannya yang lambat ternyata berhubungan dengan metabolismenya yang rendah, jelas laman List Amaze.

6. Siput pisang

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!fineartamerica.com

Selain siput kebun, siput pisang (Ariolimax) adalah hewan yang bergerak lambat. Dengan panjang tubuh 25 cm, kecepatan bergerak hewan ini hanya 3-4 inci (7,62 sampai 10,16 cm) per menit. Mereka menempel di permukaan dan bergerak di dinding dibantu oleh sekresi lendir yang mengilap di tubuhnya, ungkap laman List Amaze.

7. Sloth

7 Hewan Ini Punya Gerakan Paling Lambat Sedunia, Sabar ya Bro!worldwildlife.org

Mungkin kita menduga, seharusnya sloth bergerak lincah di pepohonan dan berayun-ayun di dahan dengan mudah. Tetapi, hewan ini justru bergerak sangat lambat!

Dalam satu jam, sloth hanya bisa menempuh jarak 0,24 kilometer saja. Bukan hanya itu, sloth juga hobi tidur. Mereka bisa tidur hingga 15-20 jam per hari, lho!

Nah, itulah 7 hewan dengan kecepatan paling lambat di dunia. Semoga informasi singkat ini bermanfaat untukmu, ya!

Baca Juga: Selain Anjing, 8 Hewan Ini Bisa Dijadikan Penjaga Juga Lho!

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You