Comscore Tracker

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnya

Kemampuan tersebut digunakan untuk bertahan hidup

Setiap makhluk hidup diciptakan dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing, termasuk hewan. Mereka diberikan kemampuan yang berbeda-beda tergantung pada apa yang dibutuhkannya. Misalnya ikan bisa berenang, burung memiliki sayap, dan lain-lain.

Bahkan tidak jarang pula hewan yang memiliki kemampuan super seperti indra keenam. Hal itu diperoleh dari proses evolusi yang dialami untuk membantunya bertahan hidup hingga saat ini. Indra keenam seperti apa yang mereka miliki? Berikut ini penjelasannya!

1. Laba-laba bisa mengukur jarak makhluk lain dengan reseptor khusus

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyabbci.co.uk

Laba-laba bisa memperkirakan jarak antara dirinya dan predator atau mangsa dengan organ reseptor bernama slit sensilla. Kemampuan unik ini bisa membuat laba-laba merasakan ketegangan pada bagian eksoskeleton atau rangka luarnya. Tidak hanya merasakan keberadaan, indra keenam ini juga bisa mengukur seberapa besar makhluk tersebut hingga mangsa apa yang terperangkap di jaringnya.

2. Ubur-ubur sisir mengetahui arah tanpa memiliki mata

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyamontereybayaquarium.org

Ubur-ubur adalah salah satu hewan tertua yang ada di bumi. Walaupun sudah melalui berbagai tahap evolusi, mereka tetap tidak memiliki mata, lengan, atau bahkan sistem saraf pusat. Segala keterbatasan tersebut tidak menghalangi mereka untuk bergerak ribuan mil setiap tahunnya.

Ini karena mereka memiliki reseptor keseimbangan yang bernama statocysts yang bisa membantu mereka mengetahui arus lautan. Selain itu, reseptor tersebut bisa membantu mereka tidak terbawa arus walaupun tubuhnya kecil dan ringan.

3. Merpati bisa merasakan medan magnet bumi

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyawikimedia.org

Sadarkah kamu bahwa merpati adalah hewan yang ada di mana-mana? Salah satu alasan kenapa mereka bisa ditemukan di seluruh penjuru bumi adalah karena kemampuan migrasinya yang hebat. Merpati memiliki indra khusus yang disebut dengan magnetoreception, yaitu kemampuan untuk mendeteksi medan magnet bumi.

Magnetoreception memudahkannya untuk mengetahui tempat-tempat yang sesuai untuk migrasi. Menyadari kemampuan tersebut, manusia pun memanfaatkan merpati untuk mengirim surat sekitar 3 ribu tahun yang lalu.

Baca Juga: 4 Fakta Belangkas, Hewan Unik yang Jadi Penyelamat Jutaan Manusia

4. Ikan hiu mampu memanfaatkan gelombang listrik di dalam laut

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyairishtimes.com

Ikan hiu telah berevolusi untuk mendeteksi mangsanya di dalam laut. Mereka memiliki electroreception, yaitu kemampuan untuk mendeteksi medan listrik di sekitarnya. Air laut adalah konduktor listrik yang cukup kuat. Memanfaatkan hal itu, ikan hiu bisa mendeteksi muatan listrik sekecil apa pun yang dihasilkan oleh ikan saat bergerak.

Indra keenam hiu itu cukup kuat. Mereka bahkan bisa mendeteksi muatan listrik dari dua buah baterai AA yang berjarak lebih dari 1.500 kilometer.

5. Platipus bisa merasakan detak jantung hewan lain

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyacompote.slate.com

Platipus adalah hewan yang terkenal dengan keanehannya. Ia mamalia amfibi yang berkembang biak dengan bertelur. Namun bukan itu saja hal ajaib tentangnya. Platipus memiliki indra keenam yang memungkinkan mereka untuk merasakan detak jantung hewan lain. Indra tersebut berada di paruhnya yang berbentuk seperti bebek. 

Saat ada hewan lain mendekat, platipus akan menerima sinyal yang berasal dari detak jantung atau saraf hewan tersebut. Ini berguna untuknya yang hidup di sungai berlumpur.

6. Ikan salmon bisa kembali ke tempat lahirnya dengan kekuatan magnetik

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyafallsofshin.co.uk

Salmon sering kali membuat bingung para ilmuwan. Ini karena mereka bisa mengetahui di sungai mana mereka dilahirkan dan kembali ke sana untuk bertelur. Walaupun harus menempuh jarak ribuan kilometer mereka tidak keberatan.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa ini berkat kemampuan salmon untuk mendeteksi medan magnet bumi yang berfungsi sebagai GPS. Salmon akan tertarik pada imprint yang ditinggalkan di tempat lahir mereka.

7. Ikan cuaca atau weatherfish yang bisa memprediksi tekanan atmosfer

7 Hewan Ini Memiliki Indra Keenam Sebagai Ciri Khasnyainaturalist.org

Seperti namanya ikan ini pandai dalam memperkirakan cuaca atau lebih tepatnya tekanan atmosfer. Ikan cuaca menggunakan kemampuan tersebut untuk memantau daya apung di dalam air.

Ia akan memberikan sinyal kepada ikan lain agar mereka tetap berenang dengan stabil. Tidak hanya itu, ketika badai besar datang, ikan cuaca akan semakin aktif . Ini menjadi sinyal bagi para nelayan untuk segera berlindung.

Unik sekali ya kemampuan yang mereka miliki. Kamu bisa menyebutkan hewan apa lagi yang memiliki indra keenam seperti itu?

Baca Juga: Luar Biasa! 10 Hewan Ini Ternyata Pernah Berjasa Saat Perang

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You