7 Hewan Langka Ini Ternyata Memegang Peran Penting bagi Kehidupan Kita

Kita bisa kekurangan air dan oksigen karenanya

focusingonwildlife.com

Semua yang ada di muka bumi memiliki perannya masing-masing. Tidak ada satu pun makhluk yang diciptakan tanpa alasan. Keberadaan tiap makhluk diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Sayangnya, telah banyak hewan dan tumbuhan yang punah. Baik karena seleksi alam, maupun karena ulah manusia. Kepunahan makhluk hidup akan menghadirkan beragam konsekuensi yang harus ditanggung makhluk lain, terutama manusia.

Ada sejumlah hewan terancam punah yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Simak berikut ini!

1. Harimau sumatra memegang peran penting bagi ketersediaan oksigen

cornell.edu

Tanpa keberadaan harimau sumatra, oksigen di Bumi akan berkurang dengan drastis. Ini karena mereka adalah penjaga ekosistem hutan hujan yang ada di Sumatra yang menyuplai 30 persen oksigen Bumi.

Jika mereka tidak ada, ekosistem hutan menjadi tidak seimbang. Selain itu, manusia tidak akan ragu untuk menebang pohon di sana karena tidak ada lagi predator yang menakuti mereka.

2. Macan tutul amur memegang peran untuk menjaga suplai air bersih

waza.org

Punahnya hewan tertentu bisa meningkatkan kekeringan yang mengancam Bumi. salah satu hewan tersebut adalah macan tutul amur. Predator yang tinggal di hutan Afrika ini menjaga agar jumlah hewan kecil tidak membludak sehingga persediaan air tetap terjaga. Jumlahnya kian menurun, saat ini hanya ada sekitar 60 ekor yang tersisa di Bumi.

3. Gajah sumatera kini mengancam manusia

internapcdn.net

Populasi gajah sumatera menurun secara drastis dari tahun 1980 hingga saat ini. Tercatat penurunan tersebut sebesar 80 persen. Seiring dengan menurunnya populasi, gajah sumatera semakin liar dan defensif.

Mereka pun mulai turun ke permukiman dan menyerang manusia karena merasa terancam dan tidak ada makanan yang tersisa. Sedihnya, untuk melindungi diri, manusia menyerang balik gajah-gajah tersebut sehingga populasi kian menipis.

Baca Juga: 11 Fakta Menyedihkan Hewan Gelandangan, Mereka Dibuang Majikannya!

4. Lumba-lumba vaquita menjaga agar ubur-ubur tidak mendominasi lautan

ladyfreethinker.org

Jumlah lumba-lumba vaquita kini hanya mencapai 60 ekor. Mereka tinggal di Teluk California Utara. Keberadaannya penting untuk menjaga agar populasi ubur-ubur, mangsanya, tidak membludak. Jika lumba-lumba tersebut punah, ubur-ubur akan mendominasi dan membuat teluk tidak bisa lagi ditinggali makhluk laut lainnya.

5. Kepunahan penyu sisik akan membunuh ikan-ikan lainnya

earth.com

Penyu sisik adalah penjaga dari ekosistem terumbu karang, habitat dari beragam ikan dan makhluk laut lainnya. Tanpanya, predator akan menghabiskan makhluk yang tinggal di terumbu karang. Ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem laut. Terumbu karang yang tidak ditinggali pun juga akan mati secara perlahan.

6. Kepunahan gorilla akan menyebabkan hutan menjadi gundul

wwf.org.uk

Gorilla banyak tinggal di pegunungan benua Afrika. Mereka menempati tingkat teratas rantai makanan. Tidak hanya itu, keberadaan gorilla juga penting untuk menjaga kelestarian hutan yang menjadi habitatnya.

Ini karena mereka membantu menyebarkan biji, menyuburkan tanah, dan menjaga agar populasi tetap seimbang. Tanpanya, dikhawatirkan pegunungan akan menjadi gundul.

7. Hutan subtropis di China menjadi gersang karena kepunahan harimau china selatan

britannica.com

Jika kamu masih tidak percaya seberapa besar dampak kepunahan binatang, coba lihatlah apa yang terjadi pada hutan sub tropis di China tenggara. Dengan semakin sedikitnya populasi harimau china selatan, hutan tersebut kini menjadi gersang dan hanya ditumbuhi semak-semak. Dikabarkan di tahun 2018 jumlah mereka hanya tersisa enam ekor.

Ternyata separah itu ya kondisi lingkungan tanpa hewan-hewan tersebut. Menjaga kelestarian lingkungan adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari kepunahan mereka. 

Baca Juga: 10 Hewan dengan Mata Tercantik di Dunia, Lihat Segalanya Lebih Dekat!

Berita Terkini Lainnya