Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RT

#GenZMemilih rayakan pesta demokrasi di sebuah garasi

Pemilihan Umum yang sudah ditunggu-tunggu rakyat Indonesia akhirnya tiba. Di pesta demokrasi lima tahun sekali ini, seluruh warga negara di berbagai penjuru negeri memberikan suara mereka untuk memilih presiden dan wakilnya, serta anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Sumedang, Jawa Barat, tepatnya di TPS 30 Kelurahan Situ, Sumedang Utara, proses pemungutan suara yang digelar Rabu (14/2/2024) ini berlangsung tertib dan hangat dari sebuah garasi rumah.

Berikut ulasannya:

1. Pemilu dilaksanakan di garasi rumah RT setempat

Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RTTPS 30 "Garasi Rumah Pak RT", Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang (dok. pribadi/Zahra Fadillah Haerunisa)

Warga lingkungan RT 02/RW 10, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang berbondong-bondong memberikan hak suara mereka di TPS 30 yang bertempat di garasi rumah ketua RT setempat, Setiawan.

Garasi rumah ketua RT tersebut didekorasi dengan nuansa kuning cerah yang cukup kontras dengan kondisi langit mendung dan sedikit gerimis. Bapak ketua RT sendiri turut bergabung dengan jajaran anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk memastikan setiap warga dapat terpenuhi hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

2. Warga antusias mencoblos meski Sumedang sempat diguyur hujan deras

Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RTSuasana pemilu di TPS 30, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang (dok. pribadi/Zahra Fadillah Haerunisa)

Sama dengan beberapa wilayah lainnya di Indonesia, Kelurahan Situ, Sumedang Utara juga sempat diguyur hujan deras pada pagi hari. Kendati demikian, hal tersebut tak menghalangi antusiasme warga untuk memberikan suara mereka di pemilu 2024 ini.

Para warga RT 02/RW 10 Kelurahan Situ, mulai dari generasi muda hingga lanjut usia, terus memenuhi TPS garasi rumah RT. Tak risau dengan langit mendung dan jalanan licin, mereka semangat untuk mencoblos para calon pemimpin sesuai dengan pilihan mereka masing-masing.

3. Pelaksanaan pemilu berlangsung aman, tertib, dan lancar

Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RTSuasana pemilu di TPS 30, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang (dok. pribadi/Zahra Fadillah Haerunisa)

Secara keseluruhan, pemilu di TPS 30 Kelurahan Situ, Sumedang Utara dapat terlaksana dengan aman, tertib, dan lancar. Dalam seluruh alurnya, mulai dari pintu masuk hingga keluar, setiap warga dan petugas dapat melaksanakan peran masing-masing dengan baik.

Warga yang baru tiba di TPS langsung menyerahkan surat undangan mereka ke petugas keamanan di pintu masuk dan langsung menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Kemudian, mereka yang namanya dipanggil dipersilakan menuju meja pendaftaran untuk meneken lembar administrasi sebelum menunggu giliran memasuki bilik suara.

Warga yang namanya telah dipanggil anggota KPPS dengan bantuan mikrofon, mengambil lima surat suara dan masuk ke bilik suara yang tersedia. Selepas mencoblos, mereka dipandu untuk memasukkan surat suara ke kotak suara yang sesuai dengan peruntukannya sebelum menutup serangkaian proses dengan mencelupkan jari ke tinta yang menjadi ciri khas dari kegiatan pemilu.

4. Pemilu di TPS 30 Kelurahan Situ, Sumedang Utara, hangat diselingi sapaan dan candaan

Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RTSuasana pemilu di TPS 30, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang (dok. pribadi/Zahra Fadillah Haerunisa)

Cuaca mendung tak lantas membuat suasana pemilu di TPS 30 Kelurahan Situ, Sumedang Utara, menjadi sunyi. Setiap warga yang baru saja datang ke TPS langsung dipersilakan duduk dan bahkan dicarikan kursi yang kering oleh warga lainnya.

Jika ada di antara mereka yang saling mengenal, tentu langsung saling bertegur sapa satu sama lain.

Selain itu, beberapa warga RT 02/RW 10 Kelurahan Situ, Sumedang Utara juga tak jarang melontarkan sedikit candaan dan godaan kepada warga lain yang namanya dipanggil dan kepada mereka yang sedang menuju pintu keluar sesudah mencoblos di bilik suara.

Meski sederhana, suasana tersebut membuat proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS 30 terasa lebih hangat.

Sederhana namun tetap tertib dan hangat, TPS 30 garasi rumah RT telah menjadi saksi bagaimana para warga RT 02/RW 10 Kelurahan Situ, Sumedang Utara memberikan suara mereka dengan penuh harapan kepada para calon pemimpin negeri.

Semoga para pemimpin yang terpilih dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan Indonesia bisa terus tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: TPS 151 Kena Imbas Hujan Deras Jakarta; Tenda Roboh Bilik Suara Rusak

Baca Juga: Anggota Linmas Kota Madiun Meninggal Saat Bertugas di TPS

Zahra Fadillah Haerunisa Photo Community Writer Zahra Fadillah Haerunisa

Ready to bloom beautifully

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya