Usai Swab Massal, 93 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Positif COVID-19

93 Warga lapas Tasik positif COVID-19

Tasikmalaya, IDN Times - Penyebaran virus corona di Kota Tasikmalaya belum mereda. Kasus klaster COVID-19 kembali muncul di kota ini. Sedikitnya 93 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Kota Tasikmalaya dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Kasus ini diketahui setelah pihak lapas melakukan swab massal terhadap 346 warga binaan. Diperkirakan jumlah kasus positif akan bertambah mengingat data yang muncul masih sementara.

"Iya itu dari data awal sementara kami pasca melakukan tracing ke sekitar 346 warga binaan lapas, Klas II B Tasikmalaya," Ujar Kepala Dinas Kesehatan dr UU Supangat ketika di hubungi, Minggu (04/04/2021).

1. Data awal sebanyak 93 warga binaan terkonfirmasi positif COVID-19

Usai Swab Massal, 93 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Positif COVID-19Idn Times / Yudi Rohmansyah

Uus menyebutkan, data warga binaan yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 ini masih sementara. Sebab, puluhan lainnya masih menunggu hasil swab test keluar.

"Data sementara 93 orang. Sisanya masih menunggu hasil swab keluar. Semoga cepat hasilnya karena saat di-swab tidak bersamaan," ujar dia.

2. Penyebab tertularnya masih di selidiki

Usai Swab Massal, 93 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Positif COVID-19Idn Times / Yudi Rohmansyah

Uus mengungkapkan, dinkes Tasikmalaya belum mengetahui darimana sumber awal penularan COVID-19 di lingkungan Lapas. Karena jika dilihat dari mayoritas seluruh penghuni lapas itu tidak semua orang pribumi, melainkan banyak warga luar yang di tahan tepat di lapas tersebut.

"Jadi dalam hal ini, hingga saat ini kami belum bisa menyimpulkan Karen kami masih berusaha menelitinya," jelasnya.

3. Kepala Lapas belum mengetahui 93 warga binaan positif COVID-19

Usai Swab Massal, 93 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Positif COVID-19Idn Times / Yudi Rohmansyah

Sementara itu, Kalapas Kelas II B Tasikmalaya Davi Bartian mengaku belum menerima info terkait 93 warga binaannya terinfeksi COVID-19. Davi menyebutkan, pihaknya memang melakukan swab test massal terhadap 346 warga binaan setelah ditemukan satu orang napi diketahui positif terinfeksi virus corona. 

"Iya memang semenjak, ada satu warga kami yang diketahui terkonfirmasi beberapa waktu lalu itu, sekitar 346 orang itu di swab, hasilnya belum kami terima," Jelasnya.

4. Akan disiapkan ruang isolasi mandiri

Usai Swab Massal, 93 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Positif COVID-19Idn Times / Yudi Rohmansyah

Davi menyebutkan, puluhan warga binaan yang positif COVID-19 ini tentunya akan dipisahkan dengan yang lainnya. Pihak lapas akan menyiapkan ruangan isolasi untuk mereka yang dinyatakan positif COVID-19.

"Iya engga apa-apa jika ada yang positif kita isolasi disekitar lapas saja, sembari kita lakukan pemantauan." terangnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya