Nekat Bobol ATM, Pemuda di Kota Tasikmalaya Ditangkap Satpam

Aksi pelaku bukan yang pertama kalinya berupaya bobol ATM

Tasikmalaya, IDN Times - Pemuda berinisial AR(19) diamankan Satuan Pengaman (Satpam) Bank Jabar Banten (bjb) karena berupaya membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sekitar Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu(23/1/2022).

Pelaku ini tepergok sedang membongkar brangkas mesin ATM tanpa menggunakan alat. Upaya itu gagal setelah pelaku lebih dulu diamankan Satpam dan warga sekitar pukul 00.30WIB.

"Saya sedang piket jaga malam, mulanya saya mencurigai ada seorang pria masuk ke ATM dan berpura-pura memasukan PIN dalam waktu agak lama sekitar 4 menit berlangsung di dalam. Saat didekati, pelaku terlihat malah sedang membongkar brankas ATM pakai tangan kosong tanpa memakai alat. Brangkas pun terbuka dan rusak," jelas Deni di Mako Polresta Tasikmalaya, Senin (24/1/2022).

1. Tertangkap tangan sebelum mengambil uang

Nekat Bobol ATM, Pemuda di Kota Tasikmalaya Ditangkap SatpamIDN Times / Istimewah

Tindakan AR yang kedapatan membongkar mesin ATM ini langsung diamankan dan dibawa ke pihak kepolisian sektor Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolsek Rajapolah, AKP Iwan Sujarwo, membenarkan telah menangkap AR, seorang terduga pembongkaran mesin ATM bjb yang berada di kompleks pertokoan kerajinan tangan, Desa Rajapolah, Kecamatan Rajapolah, pada hari Minggu sekitar pukul 00.30 WIB.

"Dari hasil pengakuan, uangnya belum sempat diambil. Namun mesin ATM sudah dalam keadaan rusak," katanya.

2. Melakukan aksi seorang diri dan tangan kosong

Nekat Bobol ATM, Pemuda di Kota Tasikmalaya Ditangkap SatpamIDN Times / Yudi Rohmansyah

Iwan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, pelaku AR melakukan seorang diri dan tanpa menggunakan alat alias tangan kosong. Pelaku datang sendiri dengan memakai motor dan langsung masuk ke gerai ATM.

"Hasil pemeriksaan sementara tak ada rekan pelaku lain baik di luar mesin ATM ataupun di dalam. Tapi, kami masih lakukan pemeriksaan," kata dia. 

3. Polisi masih melakukan pemerisaan terhadap AR

Nekat Bobol ATM, Pemuda di Kota Tasikmalaya Ditangkap SatpamIDN Times / Istimewah

Iwan mengungkapkan, tim penyidik Satuan Reserse Kriminal Polresta Tasikmalaya saat ini masih melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan dari pelaku AR. Dari hasil penyelidikan awal, pelaku tak berhasil membawa uang dari gerai ATM itu meski sudah berhasil merusak dan membuka brangkas mesin ATM.

"Bersangkutan diduga melakukan percobaan pencurian dengan merusak ATM. Pelaku belum mengambil uang, tapi mesin ATM dirusak. Sehingga kasus itu akan dikembangkan bekerja sama dengan Satreskrim Polresta Tasikmalaya," kata Iwan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya