Meski PPKM Level 2, Bupati Tasik Enggan Izinkan Sekolah Tatap Muka

Pemkab butuh keputusan matang untuk gelar sekolah tatap muka

Tasikmalaya, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya belum memberikan izin sekolah untuk menggelar kegiatan belajar tatap muka. Padahal, Kabupaten Tasikmalaya berada dalam zona kuning atau Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Jawa dan Bali.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, meski berada dalam PPKM level 2, pemkab tidak akan tergesa-gesa dalam menjalankan kebijakan. Berdasarkan peratusan, PPKM Level 2, kegiatan belajar tatap  muka bisa saja dilakukan dengan ketentuan protokol kesehatan. 

"Iya memang benar saat ini kami tengah melakukan PPKM Level 2, tapi kami belum bisa membuka sistem kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM)," Ujar Ade Sugianto.

1. Pemkab Tasik tak ingin muncul masalah baru saat ada sekolah tatap muka

Meski PPKM Level 2, Bupati Tasik Enggan Izinkan Sekolah Tatap MukaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Ade menyebutkan, keputusan sekolah tatap muka akan dipikir dan dikaji ulang bersama instansi terkait. Dia mengaku, tidak mau tergesa-gesa dalam melaksanakan kewenangan karena itu merupakan langkah yang tidak baik.

"Jadi dalam hal ini, langkah kami harus matang dan kami akan hitung agar tidak menimbulkan suatu masalah baru atau Mudharat," ujar dia.

2. Banyak sekolah di Kabupaten Tasikmalaya yang belum siap dengan sarana dan prasana

Meski PPKM Level 2, Bupati Tasik Enggan Izinkan Sekolah Tatap MukaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Ade mengungkapkan, salah satu keputusan Pemda Tasikmalaya belum mengizinkan kegiatan belajar tatap muka ini karena tidak meratanya sarana dan prasana sekolah dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Dia menyebutkan, sejumlah sekolah telah melakukan simulasi belajar tatap muka. Namun, setelah melakukan peninjauan, masih banyak sekolah yang tidak bisa menyediakan sarana dan prasana protokol kesehatan.

"Karena banyak hal dan melihat tingkat kesiapan setiap sekolah belum merata jadi kami belum bisa membuka atau melakukan sistem pembelajaran tatap muka (PTM)," ungkap dia.

3. KPAI sebut KBM di Kabupaten Tasikmalaya belum siap dilakukan

Meski PPKM Level 2, Bupati Tasik Enggan Izinkan Sekolah Tatap MukaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Sementara itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan kondisi sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dinilai belum siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka yang aman bagi anak-anak di tengah pandemi COVID-19.

"Untuk SMPN 1 Tasikmalaya saat ini kesiapan insfrastruktur untuk penerapan protokol kesehatan dinilai masih kurang, salah satu contohnya tempat cuci tangan belum tersedia banyak," kata Komisioner KPAI, Retno Listyarti saat meninjau sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis(12/8/2021) dikutip ANTARA.

4. Orang tua sudah minta segera menggelar sekolah tatap muka

Meski PPKM Level 2, Bupati Tasik Enggan Izinkan Sekolah Tatap MukaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Kepala SMP Negeri 1 Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Ade Dasmana NF mengatakan, orang tua siswa maupun sekolah mengharapkan segera dimulainya KBM tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

Namun, pihak sekolah, kata dia, menyadari masih banyak infrastruktur yang belum memenuhi syarat protokol kesehatan, bahkan belum disetujui oleh pemerintah.

"Kami akan berupaya melengkapi kekurangan infrastruktur protokol kesehatan di sekolah dan ini tidak boleh main-main, kami segera lengkapi semuanya agar anak bisa segera belajar tatap muka," katanya.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Nandang mengatakan saat ini belum ada sekolah yang dinyatakan siap untuk melaksanakan KBM tatap muka, karena masih tahap persiapan juga pemeriksaan kesehatan para guru.

"Sekarang ini belum ada sekolah yang dinyatakan siap tatap muka, karena kita masih pendataan, dan terkait pelaksanaan tes usap (swab) bagi guru akan berkoordinasi dengan gugus tugas termasuk Dinas Kesehatan," katanya.

Baca Juga: PPKM Level 3, Sekolah Tatap Muka Siap Digelar di Kota Tasikmalaya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya