Menara Masjid Agung Baiturrahman Setinggi 50 Meter di Tasik Ambruk

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini

Tasikmalaya, IDN Times - Sebuah menara Masjid Agung Baiturrahman setinggi 50 Meter di Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ambruk, sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (28/02/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, sejumlah lapak pedagang dan sepeda motor milik warga hancur tertimpa material menara yang roboh.

"Ini kejadiannya kemarin sekitar pukul 15.00 WIB. Tidak ada korban, hanya warung dan motor yang rusak parah," ujar Ela saksi mata dan pemilik warung bakso yang tertimpa menara masjid, Selasa (01/03/2022).

1. Sebelum ambruk, puing-puing menara rontok berjatuhan

Menara Masjid Agung Baiturrahman Setinggi 50 Meter di Tasik AmbrukIDN Times / Yudi Rohmansyah

Menurut Ela, sebelum peristiwa ambruknya menara Masjid Agung Baiturrahman, sejumlah puing menara ini terlihat rontok berjatuhan. Melihat kejadian ini, warga dan pedagang yang berjualan di bawah menara langsung menjauhi lokasi.

"Sebelum ambruk terdengar puing-puing menara jatuh. Saya kaget dan langsung lari. Gak lama menara langsung ambruk. Alhamdulillah saya selamat. Hanya tenda, meja, dan gerobak rusak," ujar dia.

2. Menara yang ambruk berada di bagian selatan masjid

Menara Masjid Agung Baiturrahman Setinggi 50 Meter di Tasik AmbrukIDN Times / Yudi Rohmansyah

Sementara itu, saksi mata lainya, Iyon mengaku, terkejut ketika mendengar suara gemuruh disertai puing-puing berjatuhan di bagian timur sebelah selatan taman Masjid Agung Baiturrahman. Ketika dilihat, ternyata suara itu berasal dari salah satu menara masjid yang tinggi menjulang.

"Menara masjid tersebut tiba-tiba ambruk dan puing-puingnya berjatuhan menimpa sebuah kios lapak pedagang dibawahnya," ujar dia.

3. Warga dan pedagang panik melihat menara ambruk

Menara Masjid Agung Baiturrahman Setinggi 50 Meter di Tasik AmbrukIDN Times / Yudi Rohmansyah

Ambruknya menara masjid ini membuat warga dan pedagang yang berada di sekitar lokasi kejadian panik. Mereka berlarian menyelamatkan diri karena dikhawatirkan tertimpa puing-puing menara. 

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab ambruknya menara masjid setinggi 50 meter tersebut. Pihak kepolisian masih melakukan penyidikan terkait robohnya menara tersebut.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya