Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri Tasik

Menunya nikmat disantap saat waktu berbuka puasa

Tasikmalaya, IDN Times - Bulan Ramadan telah tiba. Di setiap daerah tentu memiliki menu khas yang bisa dijadikan hidangan untuk berbuka puasa. Di Kota Santri, Tasikmalaya, ada lima hidangan segar yang bisa dijadikan menu takjil.

Berikut ini 5 menu wajib buka puasa di Kota Santri khas Tasikmalaya yang bisa kamu cicipi.

1. Es Bojong

Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri TasikIDN Times / Yudi Rohmansyah

Bagi sebagian umat muslim yang sedang menjalankan ibada puasa, berbuka adalah waktu yang paling dinanti. Apalagi, berbuka puasa dengan hidangan yang manis dan segar akan menjadi pilihan.

Di Tasikmalaya terdapat Es Bojong. Minuman segar nan manis ini banyak dibeli masyarakat untuk dijadikan hidangan takjil saat berbuka puasa. Tak heran, bulan puasa Es Bojong mendadak menjadi hidangan primadona yang diburu warga untuk hidangan takjil dan buka puasa.

Biasanya Es Bojong terdiri dari air sirup dan santan dengan tambahan potongan nangka, nanas, kelapa muda, alpukat, tape ketan, cincau hitam, dan buah durian, terdapat salah satu penjual es bojong yang terkenal yaitu Es Bojong Ibu Momoh yang ada di Jalan Ampera Barat No.207, Panglayungan, Cipedes, Tasikmalaya.

2. Kupat Tahu

Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri TasikIDN Times / Yudi Rohmansyah

Makanan ini terdiri dari kupat dan lontong, selayaknya makanan yang sering kita temukan di berbagai kota pulau Jawa, setiap daerah memiliki menu kuliner yang memakai dua bahan dasar tersebut. 

Salah satu kuliner dengan dua bahan tersebut yang terkenal adalah kupat tahu, pada makanan ini banyak sekali variasinya, dan jenisnya, khususnya di kawasan Tasikmalaya.

Menu kupat tahu terkenal sebagai salah satu menu kuliner buka puasa di magelang . Selain itu kita juga dapat menemukan menu kupat tahu di dalam deretan makanan khas Sunda di Bandung, Jawa Barat.

3. Tutug Oncom (TO)

Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri TasikIDN Times / Yudi Rohmansyah

Tutug Oncom yang merupakan salah satu kuliner buka puasa tasikmakmalaya yang sangat terkenal dan populer, makanan ini berasal dari kedelai, sehingga Tutug Oncom dapat diartikan sebagai nasi tumbug oncom.

Salah satu tempat makan tutug oncom yang terkenal adalah Tutug Oncom Benhil, yang berlokasi di Jalan Dadaha Petir, Gunung Jati. 

Kita dapat menggunakan patokan kampus UPI untuk dapat menemukan menu masakan yang satu ini.

4. Soto Ayam Pataruman

Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri TasikIDN Times / Yudi Rohmansyah

Soto Ayam Pataruman merupakan salah kuliner Tasikmalaya yang berkuah, bisa dibilang kuliner soto asli Tasikmalaya.

Soto yang hampir seperti soto betawi ini memiliki ciri khas santannya yang berwarna putih, selain itu biasanya soto ini diberikan irisan daun bawang dan juga kacang kedelai goreng, kuah yang paling hangat nikmat disantap bersama nasi putih.

Jika kamu penasaran dengan salah satu kuliner soto Tasikmalaya ini, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat penjual soto pataruman yaitu Soto Ayam Pataruman. 

Tempat makan tersebut berada di sekitar Jl. Pataruman No.23, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Sate Maranggi

Lima Menu yang Wajib Dicicipi Ketika Berbuka di Kota Santri TasikIDN Times / Yudi Rohmansyah

Sate Maranggi siapa yang tidak kenal dengan sate satu ini, sate yang merupakan kuliner khas indonesia ini bisa kita temukan di daerah mana saja, tetapi untuk Tasikmalaya, yang terkenal disaat bulan puasa adalah Sate Maranggi.

Jika kamu merekomendasikan untuk berbuka puasa dengan sate maranggi kamu bisa mengunjungi salah satu penjual sate maranggi yang terkenal akan kelezatannya yang berlokasi di Jl. Taman Harapan No.5, Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, yaitu Rajanya Sate Maranggi Tasikmalaya.

Salah satu keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh menu sate ini adalah daging yang digunakan daging ayam atau kambing, melainkan menggunakan daging sapi sebagai bahan utama.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya