Comscore Tracker

Keracunan Massal, 83 Orang Warga Tasik Dilarikan ke Puskesmas

Keracunan ini terjadi usai menghadiri acara selamatan

Tasikmalaya, IDN Times - Diduga keracunan setelah menyantap makanan di sebuah hajatan, 83 warga di Desa Sodonghilir, Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami keracunan.

Selain rata-rata mengalami mual, puluhan orang itu juga merasakanpusing, lemas, muntah, dan mencret. Satu di antaranya diketahui meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan tim medis.

1. Acara digelar Kamis lalu

Keracunan Massal, 83 Orang Warga Tasik Dilarikan ke PuskesmasIDN Times / Yudi Rohmansyah

Dari informasi yang berhasil dihimpun tim IDN Times, kegiatan tersebut digelar pada Kamis (20/1/2022) di sekitar Kampung Narawita, Desa Sodonghilir. Adapun peristiwa keracunan, terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (21/1/2022) dan langsung dilarikan ke Puskesmas Sodonghilir.

"Iya benar, jumlahnya awalnya itu 63 orang, tapi satu di antaranya diketahui meninggal dunia," Kata Iptu Uu Mahtum, Kapolsek Sodonghilir, saat dihubungi sejumlah awak media. Sabtu (22/01/2022).

2. Keracunan massal yang merenggut satu nyawa

Keracunan Massal, 83 Orang Warga Tasik Dilarikan ke PuskesmasIDN Times / Yudi Rohmansyah

Dari puluhan warga yang datang, tercatat 83 orang warga yang mengalami keracunan akibat menyantap makanan yang sama. Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 55 orang di antaranya masih menjalani perobatan rawat jalan, dan satu orang meninggal dunia. 

Sementara sisanya, hingga kini tengah menjalani rawat inap di Puskesmas Sodonghilir.

3. Rata-rata korban alami gejala yang sama

Keracunan Massal, 83 Orang Warga Tasik Dilarikan ke PuskesmasIDN Times / Yudi Rohmansyah

UU Saeful U selaku Camat Sodonghilir menerangkan, 83 orang yang keracunan itu rata-rata telah mengalami gejala diare, mual, nyeri ulu hati, muntah, pusing, serta demam setelah menyantap makanan tersebut.

Melihat peristiwa yang melibatkan banyak orang itu, ia mengaku pemerintah daerah masih melakukan pendataan. Adapun sampel makanan sudah diamankan untuk uji laboratorium.

"Selan terus melakukan tracking, sampel makanannya juga kini sudah dibawa untuk uji laboratorium, dan hasilnya belum keluar," katanya.

4. Saat ini jumlah korban bertambah jadi 83 orang.

Keracunan Massal, 83 Orang Warga Tasik Dilarikan ke PuskesmasIDN Times / Yudi Rohmansyah

Senanda dengan itu, Kepala Puskesmas Sodonghilir Popon Herlina membenarkan bahwa puluhan korban yang mengalami keracunan makanan itu sempat diperiksa secara menyeluruh di kliniknya.

Mulanya, kata dia, korban yang datang ke Puskesmas Sodonghilir tidak sebanyak itu. "Awalnya memang 63 dan 1 orang meninggal, kini jumlahnya bertambah menjadi 83 orang. Bertambahnya itu sekitar 20 orang," katanya.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Lubuk Linggau Meninggal Akibat Keracunan Yoghurt

Baca Juga: Diduga Keracunan Makanan, Belasan Anak Dilarikan ke Puskesmas

Baca Juga: Hadiri Acara Lamaran, Puluhan Warga Langkat Malah Keracunan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya