Akting Seperti Petugas, Percobaan Bobol ATM Terjadi di BRI Tasikmalaya

Salah satu pelaku bawa laras panjang

Tasikmalaya, IDN Times - Aksi percobaan pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kembali terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Kali ini, aksi percobaan dengan modus membobol ATM menggunakan mesin las dan menutup CCTV menggunakan semprotan cat, terjadi di ATM milik Bank BRI Unit Argasari, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya.

Namun, bagaimana pun, aksi pelaku berhasil terekam CCTV dari sudut lain. Mereka datang berkelompok, dan berpura-pura menjadi petugas yang tengah membenarkan mesin ATM.

"Iya benar, kejadiannya itu tadi subuh sekitar pukul 03.30 WIB, dan itu terekam CCTV," Ujar Muhamad Arief (22 tahun) Satpam di BRI Unit Jamanis, ketika dijumpai IDN Times, Sabtu (12/2/2022).

1. Keenam pelaku berhasil terekam CCTV

Akting Seperti Petugas, Percobaan Bobol ATM Terjadi di BRI TasikmalayaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Dari hasil rekaman CCTV, Arief menjelaskan bahwa pelaku pembobol mesin ATM itu diperkirakan sebanyak enam orang. Semuanya datang menunggangi dua unit mobil minibus dalam waktu yang sama.

Kemudian, rekaman CCTV juga mengungkap jika keenam pelaku sempat membagi tugas dan melancarkan perannya masing-masing selayaknya petugas resmi ATM.

"Karena ada yang masuk ke ruang ATM, dan ada juga yang berjaga lengkap dengan laras panjang di luar ruang ATM," katanya.

2. Gerak gerik pelaku juga jelas tertangkap kamera

Akting Seperti Petugas, Percobaan Bobol ATM Terjadi di BRI TasikmalayaIDN Times / Yudi Rohmansyah

Setelah itu, lanjut Arief menerangkan, satu dari keenam pelaku terlihat masuk ke dalam ruang mesin ATM. Ia lalu menyemprotkan cat semprot (sejenis pilox) ke kamera CCTV di dalam ruangan mesin ATM.

Selanjutnya satu persatu pelaku terlihat mengeluarkan sejumlah alat dari dalam kendaraan mereka, dan saling membantu merusak atau menjebol mesin ATM.

3. Aksi tersebut digagalkan satpam sekira pukul 04.00 WIB

Akting Seperti Petugas, Percobaan Bobol ATM Terjadi di BRI TasikmalayaIDN Times / Istimewah

Namun Arief menerangkan, sekira pukul 04.00 WIB atau menjelang azan subuh, rekannya sesama sekuriti yang saat itu tengah bertugas di dalam bank, melihat layar monitor CCTV dari dalam. Ia melihat hal yang dilakukan para pelaku tersebut di dalam ruang mesin ATM.

Lama-lama, sekuriti itu mencium ada yang tak beres dengan keenam pelaku, dan semakin yakin jika keenamnya bukanlah petugas resmi untuk memperbaiki mesin ATM. "Hingga akhirnya rekan saya itu bergegas memukuli pintu rolling door dari dalam, sambil berteriak hingga aksi para pelaku dapat digagalkan."

"Setelah itu pelaku yang kaget aksinya ketahuan bergegas kabur mengunakan dua unit mobil ke arah Ciawi. Lalu teman saya itu bergegas melapor ke Polsek terdekat," katanya.

4. Kasus masih didalami petugas kepolisian

Akting Seperti Petugas, Percobaan Bobol ATM Terjadi di BRI TasikmalayaIDN Times / Istimewah

Senanda dengan itu, Kapolsek Jamanis AKP Edi Suprayitno kepada sejumlah awak media membenarkan bahwa telah terjadi percobaan pembobolan mesin ATM di sekitar wilayah hukumnya. Ia pun membenarkan jika aksi tersebut dilakukan oleh enam pelaku, yang datang dengan menggunakan dua unit mobil dan kabur menuju arah Barat.

"Iya benar kejadian tersebut terjadi di ATM BRI Unit Jamanis. Kasusnya saat ini tengah didalami oleh petugas kepolisian," Kata Edi.

Baca Juga: Tetap Waspada, 5 Tips Aman Bertransaksi dengan Kartu ATM!

Baca Juga: Dua Pelaku Pembobolan Mesin ATM di Depok Diringkus

Baca Juga: Tips Aman Terhindar dari Pembobolan Rekening Jenius BTPN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya