YTB Peduli Lakukan Trauma Healing Anak Korban Gempa Cianjur

YTB juga berikan bantuan sarana penunjang pendidikan

Cianjur, IDN Times - Yayasan Taruna Bakti (YTB) melalui gerakan YTB Peduli memberikan bantuan sarana penunjang pendidikan terhadap dua sekolah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Dua sekolah itu adalah SMK AMS Siliwangi Cianjur dan SMK PGRI 2 Cianjur di Desa Gasol. 

Selain memberikan bantuan sarana pendidikan, YTB Peduli juga menggelar trauma healing kepada sejumlah anak korban gempa bumi Cianjur. Bantuan ini merupakan hasil pengumpulan donasi seluruh stakeholder YTB termasuk peserta didik hingga terkumpul donasi sekitar Rp61 juta.

Tidak hanya itu, YTB Peduli juga berhasil mengumpulkan dana untuk pengadaan tenda darurat yang digunakan sebagai fasilitas pembelajaran anak korban gempa, alat tulis sekolah, permainan edukasi, water tank (tangki air) untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sebelumnya tim internal kami melakukan survey terhadap beberapa area terdampak bencana gempa yang membutuhkan bantuan sarana penunjang pendidikan dan puji syukur kami dipertemukan dengan sekolah dan desa yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.” kata Pembina YTB Hendro Martono.

1. Sebagai bentuk solidaritas sosial dan kepedulian

YTB Peduli Lakukan Trauma Healing Anak Korban Gempa CianjurIDN Times/Istimewa

Pengurus YTB Sri Dharwiyanti dan Freddy Gunawan mengatakan, kedatangannya ke area bencana merupakan sebagai bentuk kepedulian, kesetiakawanan, dan solidaritas sosial terhadap korban bencana terutama anak-anak yang membutuhkan sarana penunjang pendidikan. 

"Kami membawa para peserta didik dari Taruna Bakti karena tingkat kepedulian sosial dan empati mereka yang tinggi terhadap korban bencana. Mereka ingin ikut langsung menyampaikan bantuan dan melakukan trauma healing kepada adik-adik di area bencana,” ujar dia.

2. Dibutuhkan peserta didik untuk terus melanjutkan sekolah

YTB Peduli Lakukan Trauma Healing Anak Korban Gempa CianjurIDN Times/Istimewa

Kepala Sekolah SMK AMS Siliwangi, Eti Rohaeti mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan YTB Peduli. Menurut dia, bantuan sangat dibutuhkan para peserta didik untuk terus melanjutkan proses pembelajaran di sekolah. 

"Tentunya rasa syukur dan ucapan terima kasih atas bantuan YTB Peduli," ujar dia. 

3. Lakukan trauma healing di tiga titik posko darurat

YTB Peduli Lakukan Trauma Healing Anak Korban Gempa CianjurIDN Times/Istimewa

YTB Peduli juga melakukan trauma healing di tiga titik posko darurat area Desa Gasol yang terdiri dari ratusan anak dengan dipimpin  guru SMP Taruna Bakti, Bambang Purwanto, S.Kom. bersama peserta didik Taruna Bakti.

Program trauma healing diberikan agar anak-anak korban gempa Cianjur tidak mengalami trauma berkepanjangan. Diharapkan setelah mengikuti trauma healing, anak-anak tidak hanya terhibur tetapi juga bisa membantu mengembalikan rasa percaya diri dan memberi rasa aman bagi anak yang terguncang pasca gempa.

Kegiatan trauma healing YTB Peduli adalah dengan memberikan cerita dongeng bagi anak, menyanyikan lagu gempa dan mengajak bermain tebak-tebakan. Diharapkan mereka dapat kembali bangkit motivasinya sehingga perlahan dapat sembuh dari trauma bencana serta optimis dan fokus dalam menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai anak-anak yang kelak menjadi generasi penerus bangsa.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya