Wexcited Fest 2024, Wadah untuk Saling Berbagi dan Menguatkan Kaum Perempuan Indonesia

Jadi wadah untuk saling berbagi, belajar dan berkembang bersama

Bandung, IDN Times - Wexcited Fest 2024 merupakan acara untuk merayakan semangat perempuan dan memberi dukungan pemberdayaan perempuan yang sukses digelar, Minggu (1/9/2024). Acara itu diinisiasi Badan Otonom Womenpreneur yang diketuai Weny Windya Hapsary.

Wexcited Fest 2024 mengangkat tema #breakthefear, yakni simbol kekuatan dan dukungan untuk mematahkan stigma inequality gender serta gerakan untuk mendukung seluruh wanita agar mampu mematahkan segala ketakutannya untuk bangkit, berdaya, dan saling mendukung melalui kegiatan-kegiatan positif dan mengajak para perempuan untuk membudayakan gaya hidup sehat dengan olahraga, serta saling menginsipirasi antarperempuan.

Adapun kegiatan yang ada di Wexcited Fest 2024, antara lain Fun Run 5K, Poundfit, Bazar, Talkshow Inspiratif dan Musik. Ketua Pelaksana, Dara Rizkia mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Fun Run sekitar lebih dari 600 orang dengan 80 persennya adalah perempuan.

"Lalu, sebanyak 100 peserta ikuti poundfit
serta keseluruhan panitia adalah perempuan anggota womenpreneur HIPMI Bandung," ujar Dara.

1. Wadah untuk saling berbagi, belajar dan berkembang bersama

Wexcited Fest 2024, Wadah untuk Saling Berbagi dan Menguatkan Kaum Perempuan Indonesiailustrasi ngopi dan ngobrol bersama teman (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ketua Banom Womenpreneur HIPMI Bandung, Weny Windya Hapsary (Indy) menjelaskan jika Wexcited Fest 2024 adalah bentuk komitmen mereka untuk saling mendukung dan menjadikan Banom Womenpreneur HIPMI Bandung sebagai wadah untuk saling berbagi, belajar dan berkembang bersama.

"Lewat acara ini, kami ingin menunjukkan bahwa mengajak perempuan untuk sadar akan kekuatan dan potensi yang ada di dalam dirinya dan break the fear untuk meraih mimpi dan menjadi bersikap terbaik dari diri sendiri," katanya.

Selain itu, Indy menambahkan dalam kegiatan tersebut bukan sekedar acara olahraga, melainkan gerakan atau kampanye untuk memberikan semangat dan apresiasi ke seluruh perempuan, seperti lewat aksi pemberian mawar, mereka ingin menunjukkan bahwa setiap perempuan berharga dan layak mendapatkan dukungan.

"Dukung pemberdayaan perempuan, stop kekerasan pada perempuan dan anak. Perempuan tangguh, Indonesia hebat," kata Indy.

2. Wexcited menginspirasi banyak perempuan

Wexcited Fest 2024, Wadah untuk Saling Berbagi dan Menguatkan Kaum Perempuan Indonesiailustrasi perempuan di dekat sungai (Chu Chup Hinh)

Salah seorang pembicara dalam talkshow, Melisa Permana menyebut bunga mawar itu simbol keindahan dan kekuatan. Maka, dengan memberikan mawar bisa menunjukkan dukungan yang lebih bermakna, lebih dari sekedar kata-kata dan juga memberikan semangat dan harapan.

"Saya yakin aksi ini akan menginspirasi banyak orang," ujarnya.

3. Wexcited Fest hadir untuk mendukung setiap wanita agar berani mematahkan rasa takut

Wexcited Fest 2024, Wadah untuk Saling Berbagi dan Menguatkan Kaum Perempuan IndonesiaIlustrasi wanita diskusi (pexels.com)

Ketua Pelaksana Wexcited Fest 2024, Dara Rizkia mengatakan setiap wanita berhak membuat pilihan mengenai cara hidupnya untuk bahagia dan kuat, salahsatunya melalui pengelolaan rasa cemas dan rasa takut. 

"Wanita itu exist dan perlu rangkulan untuk saling menguatkan. Ketakutan yang dialami manusia khususnya wanita akan membuatnya terhambat untuk aktualisasi diri sehingga perlu dorongan dan women empowerment untuk bisa mematahkan ketakutan yang ada," ujar Dara.

Wexcited Fest hadir untuk mendukung setiap wanita agar berani mematahkan rasa takut melalui berbagai kegiatan positif yang ada di Wexcited Fest, yaitu kegiatan Fun Run yang dihadiri lebih kurang lebih 600 peserta, kegiatan poundfit yang dihadiri lebih 100 peserta, Bazaar yang dihadiri lebih lebih 700 orang, musik dan talkshow mengenai kekuatan yang ada di dalam setiap wanita #Brekthefear.

"Alhamdulillah, kami melihat banyak sekali wanita hebat yang berhasil menaklukan rasa takutnya di dalam kegiatan ini, salahsatunya banyak sekali wanita yang akhirnya berani mengambil keputusan dan terus bergerak hingga dapat melangkah hingga garis finish mendapatkan #firstmedals mereka untuk berlari sejauh 5km di dalam kegiatan ini," katanya.

Wexcited Fest mengajak setiap wanita untuk bersama - sama menghilangkan keraguan, saling mendukung, dan berani mematahkan rasa takut untuk meraih mimpi dan menjadi wanita yang kuat

"Ada banyak sekali wanita hebat yang berasal dari keluarga besar Womenpreneur HIPMI Bandung yang terlibat secara penuh, dan utuh di dalam pelaksanaan kegiatan WexcitedFest 2024, kami bersyukur karena berhasil juga menaklukan ketakutan yang ada di dalam diri kami untuk akhirnya berhasil mensukseskan acara ini dengan sangat baik. Karena menjadi wanita adalah sebuah anugerah, tetapi menjadi wanita kuat yang percaya untuk menjadi dirinya sendiri dan selalu berusaha yang terbaik adalah sebuah berkah bagi banyak orang yang mencintainya," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya