Waspada DBD Meningkat, Plt Wali Kota Bandung Ajak Warga Donor Darah

Masyarakat Tionghoa Peduli targetkan 3.000 labu darah

Bandung, IDN Times - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah di tengah tren kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang meningkat. 

"Mudah-mudahan ini bisa membantu PMI memenuhi kebutuhan darah meski saat ini pandemi relatif terkendali tapi tentu saat ini ada lagi endemi demam berdarah ini juga membutuhkan darah," ujarnya seusai ikut mendonorkan darah pada acara yang diselenggarakan Masyarakat Tionghoa di ruangan bawah Masjid Trans Studio Mall (TSM), Senin (24/1/2022).

Yana menyebutkan, dengan semakin banyaknya aksi donor darah diharapkan dapat membantu sesama yang lain. 

"Saat ini ada kenaikan (kasus) tapi gak terlalu signifikan. Tapi, mengingatkan aja warga untuk tetap waspada. Kita jangan konsen ke COVID-19 tapi ada penyakit lain termasuk DBD kalau abai mematikan juga," ujar dia.

1. Waspada DBD, tingkatkan 3M

Waspada DBD Meningkat, Plt Wali Kota Bandung Ajak Warga Donor DarahIlustrasi pasien DBD (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Yana mengingatkan, masyarakat untuk aktif memberantas sarang nyamuk dan melakukan gerakan 3M yaitu menguras, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air. Dengan begitu diharapkan demam berdarah bisa diantisipasi.

"Sebetulnya kalau di perkotaan tolong diperhatikan talang-talang itu kadang-kadang suka melengkung air menggenang di tengahnya kalau bisa dibolongin aja. Biasanya terlewat orang gak memperhatikan talang di pemukiman padat padahal disana bisa menjadi sumber nyamuk Aedes Aegypti," katanya.

Data Dinkes Kota Bandung menunjukkan total kasus DBD pada tahun 2021 mencapai 3.743 kasus dengan jumlah penderita yang meninggal sebanyak 13 orang. Pada bulan November tahun 2021 kasus DBD mencapai 475 dengan empat orang diantaranya meninggal dunia.

Sedangkan pada bulan Desember tahun 2021 kasus DBD mencapai 695 kasus dengan penderita yang meninggal 2 orang. Data Januari tahun 2022 sendiri masih dalam tahap pendataan.

2. Masyarakat Tionghoa Peduli kembali gelar donor darah

Waspada DBD Meningkat, Plt Wali Kota Bandung Ajak Warga Donor DarahIDN Times/DiskominfoBandung

Koordinator Masyarakat Tionghoa Peduli Djoni Toat mengatakan, sejak Juni tahun 2021 sudah melaksanakan kegiatan donor darah di tengah kondisi pandemik COVID-19 meningkat saat ini. Pelaksanaan donor darah saat ini merupakan kegiatan yang ketiga kali.

"Jadi donor darah rangkaian roadshow yang dilaksanakan Masyarakat Tionghoa Peduli yang kali ini bertempat di Hotel Ibis Masjid Agung Trans Studio Mal (TSM) jadi kita dari bulan Juni tahun lalu sudah terkumpul 3.000 labu," katanya.

Ia menuturkan pada rangkaian roadshow ketiga ini terdapat 14 titik yang akan digelar donor darah dan di TSM merupakan lokasi yang keempat. Pihaknya akan menggencarkan donor darah pada saat bulan puasa hingga lebaran.

"InsyaAllah jumlah peserta semakin banyak dan akan digencarkan bulan puasa sampai lebaran karena kelihatan pada saat itu PMI kekurangan darah. Kita gencarkan pendonor dari non muslim," katanya.

3. Targetkan 3.000 labu darah terkumpul dari Masyarakat Tionghoa Peduli

Waspada DBD Meningkat, Plt Wali Kota Bandung Ajak Warga Donor DarahIDN Times/DiskominfoBandung

Djoni mengatakan, pada saat kegiatan donor darah pertama di enam lokasi berhasil menampung 557 labu darah, pada kegiatan kedua pada 9 tempat sebanyak 1.448 labu darah. Selanjutnya pada kegiatan ketiga ini di tiga lokasi sudah mencapai 577 labu.

"Kami targetkan bisa lebih dari 2.000 atau 3.000 labu terkumpul dalam aksi donor darah hari ini. Karena, banyak juga masyarakat yang yang datang ke lokasi," katanya.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Peduli Kota Bandung Sebar 4 Ribu Bantuan Sembako

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya