Waspada Crosshijaber, Yana Mulyana Minta Pengawasan Diperketat

Cowok berhijab ini rawan masuk ruang private

Bandung, IDN Times - Fenomena crosshijaber ramai diperbincangkan di dunia sosial khususnya Instagram dan Facebook. Komunitas para hijabers ini menjadi persoalan karena yang mengenakan busana itu adalah kaum pria.

Para kaum pria yang di nilai mengalami penyimpangan perilaku seksual itu berpakaian tertutup menggunakan hijab layaknya perempuan. Bahkan, ada juga dari kelompok ini yang mengunakan cadar sehingga hanya terlihat bagian mata saja.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana angkat suara mengenai persoalan tersebut. Menurut dia, komunitas crosshijaber ini merupakan sebuah penyimpangan perilaku seksual yang harus segera dicegah dan diatasi.

Sebab, kata dia, dengan fenomena tersebut tentu akan membuat kaum wanita menjadi tidak nyaman dalam menjalankan kegiatannya.

1. Orang tua harus ikut memantau

Waspada Crosshijaber, Yana Mulyana Minta Pengawasan DiperketatDreamers

Yana menyebutkan, fenomena crosshijaber merupakan persoalan sosial yang tidak wajar. Kelompok ini membuat kaum perempuan akan sangat tidak nyaman terutama di tempat-tempat private seperti toilet.

Dia mengungkapkan, untuk mengantisipasi menyebarnya perilaku tersebut tentu diperlukan peran keluarga khususnya orang tua yang bisa memantau lingkungan sekitar.

‎"Saya sih berharap orang tua, para pemuka agama buat mengingatkan. Karena ini sangat tidak wajar. Masyarakat juga menjadi tidak aman," kata Yana, di Balai Kota Bandung, Selasa (15/10).

2. Berharap ada pengawasan dan pengamanan di ruang publik

Waspada Crosshijaber, Yana Mulyana Minta Pengawasan DiperketatMinews.id

Yana menyebutkan, munculnya fenomena crosshijaber ini tentu dibutuhkan pengawasan ekstra di fasilitas publik seperti tempat ibadah, toilet wanita dan fasilitas umum lainnya. Langkah itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi perempuan.

3. Belum ada laporan di Kota Bandung

Waspada Crosshijaber, Yana Mulyana Minta Pengawasan DiperketatIDN Times/Yogi Pasha

Yana menyebutkan, fenomena crosshijaber belum diketahui di Kota Bandung. Dia mengaku, belum menerima laporan adanya komunitas tersebut di wilayahnya. Meski demikian, ia tidak mengharapkan hal tersebut terjadi di Kota Bandung.

"Sejauh ini belum ada laporan terkait komunitas crosshijaber," kata dia.‎

Baca Juga: Fenomena Cowok Berhijab, MUI Minta Tangkap dan Gali Motivasinya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya