Wali Kota Bandung Minta Warga dan Aparat Kewilayahan Waspada Bencana

BMKG prediksi curah hujan di wilayah Bandung masih tinggi

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan aparat kewilayahan untuk tetap waspada terhadap bahaya bencana hidrometeorogi seperti banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, kondisi curah hujan yang terjadi di wilayah Kota Bandung masih cukup tinggi dan akan berlangsung selama dua hari ke depan.

"Begitu terjadi musibah di Cilengkrang, saya langsung koordinasi dengan dinas terkait, dengan lurah di kewilayahan. Saya minta mereka untuk cepat tanggap," kata Oded di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Senin (11/2).

1. Oded perintahkan tim gober periksa gorong-gorong

Wali Kota Bandung Minta Warga dan Aparat Kewilayahan Waspada BencanaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Oded mengatakan, pascabanjir bandang akibat tanggul jebol yang terjadi di Komplek Jatiendah Regency, Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Sabtu(9/2) lalu langsung membuat Pemkot Bandung waspada. 

Ia mengaku, telah menginstruksikan tim Gorong-Gorong Bersih (Gober) untuk turut membantu warga yang terkena bencana dan memeriksa gorong-gorong dari sumbatan.

"Saya kira ada beberapa wilayah di perbatasan yang rawan bencana. Untuk itu, saya minta kepada pihak terkait berkoordinasi antar-lini di Bandung Raya," ujar dia.

2. Aparat kewilayahan diminta waspada bencana

Wali Kota Bandung Minta Warga dan Aparat Kewilayahan Waspada BencanaIDN Times/Yogi Pasha

Oded mengungkapkan, masih tingginya curah hujan yang bakal terjadi di wilayah Kota Bandung dalam beberapa hari kedepan membuat dirinya meminta kepada seluruh jajaran kewilayahan, khususnya di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Karena musibah itu kan sulit kita prediksi, jadi kita harus waspada," ujarnya.

Oded juga tak bosan mengingatkan kepada masyarakat agar peduli terhadap masalah sampah. Karena menurutnya, ini menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir.

"Jangan sampai ada lagi yang buang sampah di sungai," tuturnya.

3. BMKG prediksi wilayah Kota Bandung masih diguyur hujan deras dalam waktu dua hari ke depan

Wali Kota Bandung Minta Warga dan Aparat Kewilayahan Waspada Bencanabmkg.go.id

Peringatan dini mengenai prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung telah dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Senin (11/2).

Melalui situs resminya, BMKG meminta warga mewaspadai terjadinya hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jabar. Salah satunya yaitu kawasan Bandung. Kondisi cuaca itu akan terjadi dalam dua hari ke depan.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You