Wali Kota Bandung: Diam di Rumah Bagian dari Berkurban

Kasus COVID-19 di Bandung masih tinggi

Bandung, IDN Times - Hari Raya Iduladha 1442 H pada 20 Juli 2021 ini masih diselimuti pandemi COVID-19. Sehingga pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan ibadah dari rumah masing-masing.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial kembali mengingatkan kepada masyarakat khususnya umat muslim untuk bisa meniru dan merefleksikan pengorbanan serta perjuangan dari Nabi Ibrahim as yang rela mengurbankan anak yang begitu dicintainya, Nabi Ismail as.

Namun, dalam masa pandemik saat ini, pengorbanan yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan cara berdiam diri di rumah.

“Kita semua harus berkorban dan prokes ini kita lakukan dalam rangka bagaimana kita berkorban, sudah pasti ini tidak mengenakan tapi ini namanya suatu ujian,” tutur Oded usai menjalani Salat Iduladha, di rumah dinas Pendopo, Selasa(20/7/2021).

1. Berkorbanlah dengan menjalankan protokol kesehatan dengan baik

Wali Kota Bandung: Diam di Rumah Bagian dari BerkurbanIDN Times/Humas Bandung

Oded menyebutkan, pengorbanan saat ini bisa cukup dengan berdiam di rumah dan menaati seluruh kebijakan pemerintah serta menjalankan protokol kesehatan. Menurut dia, tidak ada yang lebih berat dari pengorbanan Nabi Ibrahim di saat Allah meminta untuk menyembelih anaknya Ismail.

"Bayangkan pengorbanan Nabi Ibrahim saat itu. Kita hari ini dalam menghadapi pandemi hanya diminta untuk berkurban yaitu menjalankan prokes yang baik,” ujar Oded.

2. Pandemik COVID-19 cukup berat dan dirasakan semua orang

Wali Kota Bandung: Diam di Rumah Bagian dari BerkurbanIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Oded mengakui, berdiam diri di rumah sangat berat. Apalagi bagi masyarakat kecil yang sehari-harinya bekerja di luar rumah dan tidak memiliki penghasilan tetap.

Ia turut merasakan kepedihan dan lelahnya masyarakat dalam menghadapi wabah ini. Sebab hampir setiap hari Oded menerima aspirasi dan keluhan dari warga Kota Bandung.

“Dampak dari pandemi ini banyak sekali. Masyarakat sudah lelah diam dirumah tapi makanan tidak ada. Hari ini saatnya yang memiliki rezeki lebih dari Allah, mari berkurban,” serunya.

“Tapi konteks secara umum, berkurban bisa lebih. Diam di rumah juga berkurban,” tambah dia.

3. Oded laksanakan salat id di rumah bersama istri dan keluarga

Wali Kota Bandung: Diam di Rumah Bagian dari BerkurbanIDN Times/Humas Bandung

Pada Iduladha kali ini, Oded M. Danial beserta istri, anak, menantu, melaksanakan Salat Iduladha di Aula Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum.

Alhamdulilah di pendopo ini karena memang penghuninya cukup banyak. Jadi kami salat di pendopo seperti salat IdulFitri kemarin,” ungkap. 

Tidak ada acara khusus yang dilakukan Oded bersama keluarga. Setelah salat, Oded bersama Istri serta keluarga hanya melaksanakan sungkeman dilanjutkan dengan makan bersama para staf di rumah dinas.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, tapi Aturan di Bandung akan Lebih Longgar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya