Wakil Komisi VIII Beberkan Peran Penting DPR Dalam Penyelenggaraan Haji

Ratusan pimpinan ponpes se-KBB ikuti sosialisasi keuangan haji

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menjelaskan secara tuntas pentingnya peran DPR dalam membuat berbagai berbagai regulasi dan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji. Penjelasan itu dilakukan dihadapan ratusan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Bandung Barat di Pesantren Al-Hikmah, Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (15/10/2023).

Kang Ace begitu sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, salah satu peran DPR RI adalah membahas dan menyetujui biaya penyelenggaraan haji.

“Pemerintah tahun 2023 lalu mengusulkan biaya haji Rp. 98 juta. Dan biaya ini masih dinilai murah oleh jamaah negara lain. Di bawa ke DPR, kami di DPR tidak langsung begitu saja menyetujui. Tapi kami bahas dulu. Diturunkan dari Rp. 98 juta menjadi Rp. 90 juta,” kata Kang Ace pada acara Sosialisasi Keuangan Haji yang diselenggarakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) tersebut.

1. Menekan biaya pelunasan calon jemaah haji

Wakil Komisi VIII Beberkan Peran Penting DPR Dalam Penyelenggaraan HajiIDN Times/Isrimewa

Selanjutnya kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat itu mengatakan, biaya haji yang awalnya pemerintah meminta pelunasan Rp69 juta. Diturunkan menjadi Rp49 Juta atau Rp50 juta.

“Peran lain yang dilakukan DPR RI terhadap penyelenggaraan ibadah haji tentu adalah tentang pengawasan. Melalui pengawasan tersebut, DPR RI terus mendorong agar pelayanan kepada jamaah haji terus ditingkatkan dan agar terus semakin baik,” papar Kang Ace.

2. Hotel dan pelayanan lain harus maksimal

Wakil Komisi VIII Beberkan Peran Penting DPR Dalam Penyelenggaraan HajiIDN Times/Istimewa

Dijelaskannya, ia juga berharap hotel dan pelayanan lainnnya bagi para jamaah bisa lebih nyaman. Sehingga jamaah bisa lebih fokus ibadah.

“Kami minta hotel minimal sekelas bintang tiga. Makan dikasih, fasilitas bus juga dikasih. Itulah, penyelenggaraan ibadah haji semakin hari semakin baik. Kami di Komisi VIII DPR selalu mendorong. Pokoknya jamaah haji Indonesia harus makin dimuliakan,” ujarnya.

3. Sosialisasi keuangan haji digelar BPIH

Wakil Komisi VIII Beberkan Peran Penting DPR Dalam Penyelenggaraan HajiIDN Times/Istimewa

Acara sosialisasi tersebut juga dihadiri Anggota Dewan Pengawas BPKH Acep Riana Jawaprawira. Acep sempat menyampaikan terkait fungsi utama BPKH yaitu mengelola dana setoran dari calon jamaah haji.

Dana tersebut dikelola dengan prinsip-prinsip syariah. Ia mengatakan saat dana haji yang dikelola BPKH mencapai Rp. 166 triliun.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya