Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Penanggulangan Bencana Longsor Cipongkor Maksimal

Masih ada 500 warga yang tinggal di tenda pengungsian

Bandung Barat, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily meninjau lokasi bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (28/3/2024). Dalam kunjungan itu, Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily, ingin memastikan penanggulangan bencana maksimal.

Dalam kunjungan itu, Kang Ace didampingi pejabat eselon 2 BNPB, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD KBB Meidi, perwakilan dari Sentra Wyata Guna Kemensos, anggota DPRD Jabar, Edi Rusyandi, Camat Cipongkor, Kades Cibenda, dan Kades Sirnagalih.

Lokasi pertama yang dikunjungi Kang Ace dan rombongan adalah Posko SAR gabungan di SDN Padakati, Desa Cibenda, Cipongkor, KBB. Lokasi ini merupakan tempat warga mengungsi, dapur umum dan lain-lain. Kemudian Kang Ace meninjau Ponpes Pusaka Baru pimpinan KH Muhammad Toha Sya'roni yang terdampak musibah banjir bandang di Desa Sirnagalih, Cipongkor, KBB.

"Sekarang kita berada di Ponpes Pusaka Baru yang terdampak banjir bandang empat hari lalu. Sejumlah bangunan di ponpes ini rusak, terutama madrasah dan fasilitas lain," kata Kang Ace.

1. Masih ada 500 warga tinggal di tenda pengungsian

Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Penanggulangan Bencana Longsor Cipongkor MaksimalIDN Times/Istimewa

Kang Ace menyatakan, sebelum ke Ponpes Pusaka Baru, rombongan juga meninjau lokasi pengungsian untuk memastikan pelayanan kepada warga terdampak tersedia. Di lokasi pengungsian, terdapat 500 warga yang mengungsi.

"Kami memastikan semua kebutuhan pengungsi terpenuhi selama mereka berada di lokasi pengungsian. Seperti makanan, minuman, pakaian, dan tempat tidur. Termasuk psikososial trauma healing yang dilaksanakan para relawan sudah terlangsana. Tadi saya menyaksikan layanan psikososial dilaksanakan oleh anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Golkar," ujar Kang Ace.

2. Koordinasi bersama BNPB dan Kemensos untuk penanggulangan paskabencana

Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Penanggulangan Bencana Longsor Cipongkor MaksimalIDN Times/Istimewa

Dia juga berharap, kegiatan psikososial dan bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana. "Saya telah berkoordinasi dengan BNPB dan Kemensos agar penanggulangan bencana terlaksana maksimal," tutur Ketua DPD Partai Golkar Jabar ini.

Dalam kesempatan itu, Kang Ace mendoakan warga terdampak bencana diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah. Kang Ace memastikan pemerintah akan melakukan upaya maksimal agar masyarakat mendapatkan pelayanan optimal.

3. Tujuh korban ditemukan dan tiga masih dalam pencarian

Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Penanggulangan Bencana Longsor Cipongkor MaksimalIlustrasi tanah longsor (Dok. BNPB)

Sementara itu, tim gabungan SAR terus mencari tiga warga yang diduga masih tertimbun material longsordan banjir bandang di Kampung Cigintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. 

Pada hari ke-4 proses pencarian, tim gabungan berhasil menemukan tujuh warga dalam kondisi meninggal dunia. Seluruh korban telah dievakuasi petugas dan diserahkan kepada keluarga.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya