Wakil Ketua Komisi VIII: Madrasah Masih Masuk dalam RUU Sisdiknas 

Kang Ace hadiri Haul ke-12 KH Yayat Ruhyat Sirodj

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menegaskan isu keberadaan madrasah akan dihapus tidak benar.

Menurut dia, madrasah akan tetap ada dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang sedang dibahas saat ini.

Kepastian tersebut diungkapkan Kang Ace saat menghadiri acara Haul ke-12 KH Yayat Ruhyat Sirodj, salah satu ulama besar Jawa Barat di Ponpes Albidayah Cangkorah, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (25/9/2022).

"Sebagai pimpinan Komisi VIII yang membidangi urusan keagamaan dan sosial, kami terus mendorong agar pendidikan keagamaan tetap menjadi prioritas. Saat ini ada isu madrasah mau dihapuskan dari RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Saya pastikan itu tidak benar," kata Kang Ace di hadapan ribuan jemaah yang hadir di Ponpes Albidayah.

1. Pendidikan Islam harus terus maju dan didorong

Wakil Ketua Komisi VIII: Madrasah Masih Masuk dalam RUU Sisdiknas IDN Times/Istimewa

Kang Ace pun menyampaikan komitmennya mendorong kemajuan pendidikan Islam. Karena itu, Kang Ace menyalurkan bantuan pembangunan sanitasi untuk Ponpes Albidayah sebesar Rp100 juta.

"Kita perkuat kembali madrasah. Sebagai anggota DPR yang berasal dari santri, wajib hukumnya mempertahankan sistem pendidikan pesantren dan madrasah," ujar Kang Ace.

2. Resapi nilai-nilai, pelajaran dan petuah dari Mama Yayat

Wakil Ketua Komisi VIII: Madrasah Masih Masuk dalam RUU Sisdiknas IDN Times/Istimewa

Menurut Kang Ace, Mama Yayat, sapaan akrab almarhum KH Yayat Ruhyat Sirodj, telah melahirkan ribuan santri dan kiai di Jabar. Haul Mama Yayat ini menjadi momentum bagi umat Islam di Jabar untuk meresapi nilai-nilai, pelajaran dan petuah dari Mama Yayat.

"Beliau salah satu ulama di Jawa Barat yang telah banyak melahirkan santri dan kyai yang menyebarkan ajaran Islam. Memyebarkan ajaran kepesantrenan. Acara haul ini kita jadikan momentum untuk meresapi apa yang menjadi nilai-nilai, pelajaran, ilmu dan petuah yang telah diberikan Mama Yayat," kata Kang Ace.

3. Sosok ulama yang perhatian terhadap pendidikan Islam

Wakil Ketua Komisi VIII: Madrasah Masih Masuk dalam RUU Sisdiknas IDN Times/Istimewa

Di mata Kang Ace, Mama Yayat adalah sosok ulama Jabar yang punya perhatian sangat besar terhadap pendidikan Islam. Karena itu, Kang Ace berharap para putra-putri Mama Yayat dan semua santrinya dapat meneruskan perjuangan almarhum.

"Begitu besar perhatian Mama Yayat terhadap pendidikan agama. Harapan kami semua, apa yang telah diletakkan dapat dilanjutkan para keturunannya. Itu lah yang diharapkan almarhum agar yang menjadi perjuangan beliau dapat diteruskan," ujarnya.

"Kita doakan agar para kiai, putra beliau, diberikan kesehatan, dan kekuatan agar dapat melanjutkan warisan agung ini. Sehingga apa yang dicita-citakan beliau (Mama Yayat) betul-betul dapat dilakukan hingga hari akhir," tutur Kang Ace.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya