Wakil Ketua Komisi VIII Desak Kemensos Tingkatkan Dana Pilar Sosial

Pilar sosial perlu mendapatkan pendampingan dari negara

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk bisa meningkatkan anggaran bagi mereka yang bekerja sebagai pilar-pilar sosial di masyarakat.

Demikian disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily atau biasa disapa Kang Ace pada rapat kerja antara Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial, di Gedung DPR RI, Selasa (7/11/2023).

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat tersebut menjelaskan, sering berdiskusi dengan para pilar sosial di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Harapannya, mereka ingin mendapat perhatian dari negara terutama terkait kesejahteraan mereka.

“Tak bosan-bosan kami mengingatkan terkait dengan peningkatan anggaran terhadap para pendamping sosial, baik pendamping PKH, TKSK, atau pilar-pilar sosial yang lain. Yang patut mendapatkan perhatian dari kita semua,” kata Kang Ace.

 

1. Pilar sosial perlu mendapatkan pendampingan dari negara

Wakil Ketua Komisi VIII Desak Kemensos Tingkatkan Dana Pilar SosialIlustrasi. Kemensos bantu perekaman data kependudukan warga terlantar di DKI Jakarta (Dok. Kemensos)

Ia mengungkapkan, pada beberapa kali bertemu dengan para pendamping PKH maupun TKSK dan pilar sosial yang lain, ternyata memang perlu sekali mendapatkan perhatian dari semua pihak terutama negara.

Kang Ace sempat merespons rencana Kemensos yang akan menyalurkan bantuan bagi masyarakat akibat terdampak El-Nino. Ia berharap bantuan itu betul-betul tepat sasaran dan tepat waktu.

2. Salurkan bantuan untuk 18 juta KPM

Wakil Ketua Komisi VIII Desak Kemensos Tingkatkan Dana Pilar SosialIlustrasi. Kemensos salurkan Bantuan Sosial Beras dan Bantuan Sosial Tunai di Kwartal III (Dok. Kemensos)

Dimana Kemensos untuk keperluan itu berencana menyalurkan bantuan kepada 18.800.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Pada prinsipnya kami mendukung program tersebut selain kita ingin program ini bisa membantu masyarakat menghadapi perubahan iklim yang mempengaruhi terhadap ketahanan pangan kita. Tapi harus diikuti dengan daya salur yang lebih tepat. Kami ingin BLT El-Nino ini disalurkan melalui PT. POS,” pintanya.

3. Diharapkan penyerapan anggaran bisa dilakukan secara optimal

Wakil Ketua Komisi VIII Desak Kemensos Tingkatkan Dana Pilar SosialGedung Kemensos (dok. Kemensos)

Kang Ace menyebutkan, bantuan sosial itu diproyeksikan dalam dua bulan ini. Hanya saja ia ingin memastikan bagaimana proses penyalurannya termasuk mekanisme penyalurannya.

Pada kesempatan itu juga, Kang Ace, mengingatkan, menjelang akhir tahun anggaran 2023 agar Kemensos mengoptimalkan penyerapan anggaran.

“Termasuk juga soal Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) yang serapannya masih 52 persen. Kami menginginkan daya serap ini bisa dilakukan karena kita punya waktu dua bulan lagi sampai akhir tahun ini,” papar Kang Ace.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya