Usai Debat Capres, Jokowi Langsung Berkunjung ke Garut

Diagendakan menghadiri sejumlah acara selama dua hari

Bandung, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung melanjutkan tugas kenegaraannya setelah mengikuti debat calon presiden-wakil presiden pertama yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Rencananya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Garut, Jawa Barat selama dua hari, mulai Jumat(18/1) dan Sabtu(19/1). 

Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda seperti memantau jalur reaktivasi rel kereta api Bandung-Garut, peresmian rumah cukur, hingga pembangian sertifikat tanah untuk warga Kabupaten Garut.

1. Dari Bandung Jokowi gunakan kereta api menuju Garut

Usai Debat Capres, Jokowi Langsung Berkunjung ke GarutAntara/Hanni Sofia

Pada hari pertama kunjungan daerahnya, Presiden Joko Widodo(Jokowi) bersama rombongan akan berangkat menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyambut kedatangan Jokowi di Bandara Husein Sastranegara. Pada pukul 09.00WIB, rombongan bergeser menuju Stasiun Bandung untuk menuju Garut dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB).

Perjalanan Bandung-Garut dengan menggunakan kereta api ini diperkirakan menghabiskan waktu sekitar dua jam. Setibanya di Kabupaten Garut, Jokowi akan langsung meninjau lokasi reaktivasi rel kereta api jalur selatan yang sudah lama "mati".

Kegiatan Jokowi pada hari pertama ini akan berlangsung hingga sore dengan pertemuan bersama para ulama. Acara dilanjutkan pada Sabtu(19/1) dengan menghadiri sejumlah kegiatan mulai Penanaman Padi di Desa Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, dan pembagian sertifikat tanah di Pendopo Kabupaten Garut pada pukul 14.00WIB.

2. Kehadiran Jokowi di Garut bakal disambut 1.500 relawan

Usai Debat Capres, Jokowi Langsung Berkunjung ke GarutAntara/Hanni Sofia

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kabupaten Garut selama dua hari akan dimanfaatkan para pendukung dan relawan untuk memberikan sambutan. Sedikitnya diperkirakan bakal ada 1.500 relawan "Jokowi Deui" menyambut kedatangan capres nomor urut 01.

"Sebanyak 1.500 relawan siap menyambut kedatangan Pak Jokowi ke Garut," kata Ketua Umum Relawan Jokowi Deui, Joko Suranto di Sekretariat RJD Garut, Jalan Ciledug, Garut Kota.

Ia menuturkan, masyarakat Garut sangat antusias ingin memberikan sambutan yang berkesan saat kedatangan Presiden Jokowi ke Garut yang selama ini sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Garut.

"Relawan sangat antusias menyambut kedatangan Pak Jokowi, sampai sekarang sudah ada 1.500 lebih relawan yang akan menyambut," katanya.

Ketua Harian Relawan Jokowi Deui, Widi Nugraha, menambahkan, mereka yang siap hadir menyambut Presiden Jokowi merupakan warga yang sudah lama dibina oleh tim Relawan Jokowi Deui melalui berbagai program.

"Mereka kita bina lewat berbagai program, jadi mereka relawan yang sejak lama bergerak menggalang dukungan," katanya.

Widi berharap, kunjungan Presiden Jokowi ke Garut dapat menambah semangat baru bagi relawan untuk terus berjuang menggalang dukungan memenangkan pasangan Jokowi-Maaruf Amin dalam Pemilihan Presiden 2019.

"Kedatangan Pak Jokowi bisa menjadi motivasi besar buat para relawan untuk terus bergerak sampaikan kebaikan," katanya.

3. Jokowi-Iriana kompak tampil santai dengan kemeja putih dan sepatu kets

Usai Debat Capres, Jokowi Langsung Berkunjung ke GarutAntara/Hanni Sofia

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Garut ternyata didampingi Ibu Negara Iriana. Berdasarkan pantauan IDN Times di Stasiun Kereta Api Bandung, keduanya terlihat kompak tampil santai dengan menggunakan kemeja putih dan sepatu kets.

Dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jokowi dan Iriana yang menggunakan Pesawat Kepresidenan menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung. Rombongan presiden tiba di Bandara Husein sekitar pukul 08.05 WIB, Jumat (18/1). 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya menyambut kedatangan  Jokowi bersama Iriana. Rombongan melanjutkan perjalanan dari bandara menuju Stasiun Kereta Api Bandung untuk menuju Garut dengan menggunakan kereta api.

"Stasiun Cibatu yang berada di Kecamatan Cibatu menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Presiden dalam rangka peninjauan panel reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya