Comscore Tracker

Transformasi PTPN, Erick Thohir: Kembangkan Teknologi dan Riset

Perkebunan saat ini tak hanya andalkan alam

Cianjur, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong tranformasi total di tubuh PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Dorongan tersebut disampaikan Erick saat meninjau kegiatan Grebek Pasar Murah Minyak Goreng Nusakita milik PTPN Group yang digelar PTPN VIII di Alun-alun Kabupaten Cianjur, akhir pekan kemarin.

Kegiatan operasi pasar murah minyak goreng tersebut juga dihadiri Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo, Direktur Umum Holding Perkebunan Nusantara Doni Gandamiharja dan Komisaris Independen PTPN VIII Adrian Zakhary. 

"Sejak awal saya mendorong transformasi yang ada di PTPN, transformasi total PTPN tidak hanya di PTPN VIII, kenapa? Yang Namanya perkebunan itu sekarang sudah berubah, tidak hanya mengandalkan alam yaitu tanah, matahari dan lain-lainnya, tetapi harus bisa diitervensi dengan teknologi dan riset," tutur Erick dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(26/1/2022). 

1. Pesan Erick Thohir untuk PTPN dan BUMN

Transformasi PTPN, Erick Thohir: Kembangkan Teknologi dan RisetIDN Times/Istimewa

Erick mencontohkan, dengan adanya riset dan teknologi, tumbuhan yang tadinya tidak bisa tumbuh di sebuah negara menjadi bisa tumbuh. Dia juga menekankan bahwa menjaga alam dan keseimbangan ekonomi menjadi hal yang kini tidak bisa dipisahkan. 

"PTPN yang berbisnis sawit, karet, teh, dan lainnya tolong dirawat. Pariwisata alamnya pun bisa dikembangkan dengan baik," katanya. 

Erick juga mengimbau PTPN, termasuk BUMN lainnya memprioritaskan CSR-nya untuk pengembangan pendidikan, lingkungan, dan pendampingan UMKM. 

2. BUMN siapkan minyak goreng murah untuk masyarakat

Transformasi PTPN, Erick Thohir: Kembangkan Teknologi dan RisetIDN Times/Istimewa

Tidak hanya di Alun-alun Cianjur, Erick juga menyempatkan hadir meninjau kegiatan operasi pasar murah minyak goreng di Perkebunan Teh Gedeh Mas yang berlokasi di Kebun Gedeh Mas, Kabupaten Cianjur. 

Menurut Erick, kegiatan pasar murah minyak goreng menjadi momentum bagi BUMN untuk berkontribusi membantu masyarakat dalam mendapatkan minyak goreng di tengah harga minyak goreng yang meroket. 

"BUMN bantu operasi pasar sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi dan mudah-mudahan bisa membantu masyarakat semua, nuhun ya," kata Erick. 

3. PTPN sedang fokus kembangkan program pemberdayaan masyarakat

Transformasi PTPN, Erick Thohir: Kembangkan Teknologi dan RisetIDN Times/Istimewa

Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo mengatakan, PTPN sedang fokus mengembangkan program Pemberdayaan Masyarakat melalui Kemitraan Usaha.

Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PTPN VIII ingin meningkatkan nilai tambah dengan menciptakan kemitraan dengan masyarakat desa sekitar kebun maupun para pelaku UMKM di Jawa Barat dalam hal pemanfaatan asset PTPN.

“Pemanfaatan Aset PTPN VIII dilaksanakan secara kemitraan dengan skema Business to Business (B2B) dan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa sekitar Kebun (PMDK). Program PMDK di Jawa Barat dan Banten,” kata dia.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya